Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OLEH: Diyah Wahyu Utami (001) Atika Izzatul Jannah (002) Trisylia Ida Pramesti (003) Arif Nur Fitriyanti (004)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OLEH: Diyah Wahyu Utami (001) Atika Izzatul Jannah (002) Trisylia Ida Pramesti (003) Arif Nur Fitriyanti (004)"— Transcript presentasi:

1 OLEH: Diyah Wahyu Utami (001) Atika Izzatul Jannah (002) Trisylia Ida Pramesti (003) Arif Nur Fitriyanti (004)

2 Definisi Ilmu Komputer

3

4 Dari persamaan pemakaian terminologi dan hakekat makna dalam definisi yang digunakan diatas, dapat disimpulkan bahwa Ilmu Komputer adalah ilmu pengetahuan yang berisi tentang teori, metodologi, desain dan implementasi, berhubungan dengan komputasi, komputer, dan algoritmanya dalam perspektif perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware). Dari persamaan pemakaian terminologi dan hakekat makna dalam definisi yang digunakan diatas, dapat disimpulkan bahwa Ilmu Komputer adalah ilmu pengetahuan yang berisi tentang teori, metodologi, desain dan implementasi, berhubungan dengan komputasi, komputer, dan algoritmanya dalam perspektif perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware).

5 Matematika Komputasi Keamanan Internet Data Warehouse Mobile Computing Algoritma Practical Considerations Pemrograman Komputer Human- Computer Interaction Operating Systems System Progamming CRM Sistem Informasi Geografis Sistem Informasi Manajemen Object-Oriented Programming Enterprise Resource Planning Jaringan Komputer Ad-hoc Networks Database Management System Artificial Intelligent

6 Matematika Komputasi Matematika Komputasi adalah matematika yang menggunakan komputasi(cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma), khususnya dengan komputer untuk menyelesaikan permasalahan matematika. Ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains).

7 Keamanan Internet Keamanan Internet adalah kegiatan untuk melindungi dan memelihara sumber- sumber dan informasi pribadi di internet. Keamanan internet meliputi:perlindungan terhadap akun dan file internet dalam sebuah komputer terhadap intrusi (gangguan) pengguna asing. Contoh:memilih password yang baik, mengubah file permission dan mem-back up data komputer. Keamanan Internet adalah kegiatan untuk melindungi dan memelihara sumber- sumber dan informasi pribadi di internet. Keamanan internet meliputi:perlindungan terhadap akun dan file internet dalam sebuah komputer terhadap intrusi (gangguan) pengguna asing. Contoh:memilih password yang baik, mengubah file permission dan mem-back up data komputer.

8 Data Warehouse Data warehouse merupakan suatu sistem yang mengkonsolidasikan data secara periodik dari sistem- sistem yang ada, ke dalam suatu penyimpanan dimensional. Pada umumnya, data warehouse menyimpan data histori beberapa tahun dan di-quey untuk keperluan business intelligence atau aktifitas analisis lainnya.

9 Mobile Computing Mobile computing adalah menggunakan peralatan komputer yang bergerak. Mobile Computing selalu berarti transmisi tanpa kabel (wireless) tetapi transmisi wireless tidak selalu berarti mobile computing.

10 Algoritma Algoritma adalah urutan langkah-langkah untuk memecahkan masalah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, algortima adalah urutan logis pengambilan putusan untuk pemecahan masalah. Algoritma dibutuhkan untuk memerintah komputer mengambil langkah-langkah tertentu dalam menyelesaikan masalah.

11 Practical Considerations Contoh : Sebuah algoritma tidak cukup hanya benar dan reliable, tetapi juga harus akurat dan efisien. Sebuah algoritma numerik yang mengakumulasi kesalahan yang terlalu besar terhadap pembulatan hasilnya kurang akurat. Selain itu, sebuah algoritma yang memerlukan terlalu banyak literasi akan menyebabkan penggunaan memori penyimpanan terlalu besar. Pembuatan kode program (menganalisa statemen program yang paling sering dijalankan) dan teknik untuk membuat kode yang lebih efisien dalam kasus tertentu. Dalam hal ini juga perlu diingat bahwa suatu algoritma yang efisien dalam satu masalah menjadi kurang efisien untuk masalah yang lain, sehingga memerlukan algoritma lain pula yang lebih efisien.

12 Pemograman Komputer Pemograman Komputer adalah kumpulan instruksi- instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer dalam sebuah bahasa pemrograman. Compiler atau interpreter bisa diibaratkan sebagai suatu kamus yang berfungsi untuk menterjemahkan bahasa pemrograman yang ditulis oleh 5 programmer ke dalam bahasa mesin agar komputer bisa bekerja sesuai dengan ketentuan program yang ditulis. Bahasa mesin merupakan suatu bahasa yang dikenal oleh komputer. Pemograman Komputer adalah kumpulan instruksi- instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer dalam sebuah bahasa pemrograman. Compiler atau interpreter bisa diibaratkan sebagai suatu kamus yang berfungsi untuk menterjemahkan bahasa pemrograman yang ditulis oleh 5 programmer ke dalam bahasa mesin agar komputer bisa bekerja sesuai dengan ketentuan program yang ditulis. Bahasa mesin merupakan suatu bahasa yang dikenal oleh komputer.

13 Human-computer Interaction Secara umum berarti mempelajari suatu interaksi yang terjadi antara manusia dan komputer. Antara manusia dengan manusia terjadi beragam interaksi seperti berdialog, menggunakan suatu bahasa yang dikenal atau melalui simbol-simbol yang diciptakan oleh manusia itu sendiri.

14 Sistem Operasi (Operating Systems) Sistem operasi Komputer adalah software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi sehingga semua aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan Sistem Operasi komputer merupakan software yang diletakkan pada memori komputer (hardisk) yang muncul pada saat komputer dinyalakan sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan.

15 System Programming System programming adalah aktifitas dari perangkat lunak pemrograman sistem. Karakteristik dari pemrograman system ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat lunak yang menyediakan layanan kepada user(misal:word processor) dan perangkat keras (misal:disk defragmenter).

16 CRM CRM adalah istilah industri TI untuk metodologi, strategi, software dan aplikasi berbasis web lainnya yang mampu membantu sebuah perusahaan untuk mengelola hubungannya dengan pelanggan. CRM adalah usaha sebuah perusahaan untuk menjaga pelanggan supaya tidak lari ke pesaing lain dengan mengumpulkan segala bentuk interaksi baik via telepon, email, masukan di situs atau hasil konsultasi dengan staf sales dan marketing.

17 Sistem Informasi Geografis Sistem Informasi Geografi (SIG) adalah sistem berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan, memanipulasi, dan menganalisis informasi geografi. SIG mampu menyajikan keaslian dan kelengkapan sebuah informasi seperti peta digital. Selain itu sistem informasi geografi juga mampu menyajikan informasi mengenai sumber daya yang dimiliki oleh suatu ruang atau wilayah tertentu yang dapat digunakan oleh perencana untuk kepentingan pengolahan sumber daya. Sistem Informasi Geografi (SIG) adalah sistem berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan, memanipulasi, dan menganalisis informasi geografi. SIG mampu menyajikan keaslian dan kelengkapan sebuah informasi seperti peta digital. Selain itu sistem informasi geografi juga mampu menyajikan informasi mengenai sumber daya yang dimiliki oleh suatu ruang atau wilayah tertentu yang dapat digunakan oleh perencana untuk kepentingan pengolahan sumber daya.

18 Sistem Informasi Manajemen Sistem informasi manajemen adalah sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Sistem ini menggunakan hardware dan software komputer, prosedur pedoman, model manajemen dan keputusan, serta sebuah data base.

19 Object-oriented programming (OOP) Pemrograman ini mempertinggi kualitas dan produktifitas pengembangan software. Program pengembangannya dilakukan dengan pendekatan building block. Setiap block disebut object, bersifat independen dan mampu berjalan sendiri(saling kunci dengan objek lain dengan mudah dan otomatis) dan beberapa objek berinteraksi dengan saling memberikan informasi satu terhadap yang lainnya sehingga masing-masing objek harus berisikan informasi mengenai dirinya sendiri dan objek yang dapat dikaitkan.

20 Enterprise Resources Planning (ERP) Enterprise Resources Planning merupakan kemampuan dukungan teknologi untuk berkomunikasi dan berbagi informasi antara pelanggan, staf-staf layanan dan perusahaan secara keseluruhan.

21 Jaringan Komputer Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama- sama untuk mencapai tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah: Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting Akses informasi: contohnya web browsing Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama- sama untuk mencapai tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah: Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting Akses informasi: contohnya web browsing

22 Ad-hoc Networks

23 Database Management System (DBMS) DBMS adalah suatu sistem atau software yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang banyak di minta user.

24 Artificial Intelligent Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah suatu ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan pada disiplin ilmu seperti ilmu komputer, biologi, psikologi, ilmu bahasa, matematika dan teknik. Tujuannya untuk menciptakan komputer yang memiliki kecerdasan seperti manusia (dapat berfikir,melihat, mendengar, berjalan, berbicara, dan merasakan) sehingga dapat memecahkan suatu masalah. Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah suatu ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan pada disiplin ilmu seperti ilmu komputer, biologi, psikologi, ilmu bahasa, matematika dan teknik. Tujuannya untuk menciptakan komputer yang memiliki kecerdasan seperti manusia (dapat berfikir,melihat, mendengar, berjalan, berbicara, dan merasakan) sehingga dapat memecahkan suatu masalah.

25 Referensi Komputer dan Teknologi Informasi(Kuseari- 2012), Ilmu Komputer http://harigustaman.wordpress.com/2011/05 /27/beberapa-definisi-ilmu-komputer/ http://harigustaman.wordpress.com/2011/05 /27/beberapa-definisi-ilmu-komputer/

26 Terima Kasih


Download ppt "OLEH: Diyah Wahyu Utami (001) Atika Izzatul Jannah (002) Trisylia Ida Pramesti (003) Arif Nur Fitriyanti (004)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google