Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MUSDALIFAH DJ. 102904017 Mengetahui isu-isu legal.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MUSDALIFAH DJ. 102904017 Mengetahui isu-isu legal."— Transcript presentasi:

1 MUSDALIFAH DJ Mengetahui isu-isu legal

2 Realitas yang terasa paranoid ini adalah isu utama yang harus Anda mengerti dan hadapi untuk melindungi investasi Anda dalam usaha e- commerce. Betapapun besar, kecil, bahkan amal pun usaha Anda, jika Anda tidak mengetahui masalah legal, mungkin Anda akan menghadapi kesulitan dengan masalah ini. Sebagai pebisnis, Anda mungkin berhadapan dengan hukum yang mengatur tentang menialankan bisnis. Bila perusahaan Anda bervariasi dan menyangkut kehidupan nyata, mungkin Anda sangat sadar tentang isu-isu legal yang mempengaruhi bisnis Anda. umpamanya, Anda tidak boleh merugikan pelanggan, Anda harus menghargai jaminan yang Anda berikan, dan sebagainya. Anda juga mengerti bahwa untuk melindungi perusahaan dan perdagangan Anda.

3 Karya dalam media baru-misalnya situs web-menghadirkan erabarudalam sejarah hak cipta. Dilemanya, seperti dilukiskan sebelumnya dalambab ini, masing- masing halaman dibuat dari sejumlah elemen lain-ieks, gambar, kode yang mungkin saja merupakan Karya pacla dirinya sendiri. Masalah lainnya, halaman web yang muncul di satu browser mungkin terlihat berbeda ketika muncul di browser lain. Bisakah 'perubah an' haraman web ini dianggap sebagai suatu Karya asli yang fix dalam bentuk nyata? Konsensusnya, bisa demikian, karena halaman web secara ftindamentar adalah perpaduan unsur yang fix, yang disusun oleh pembuatnya sebagai Karya asli dan fix dalam bentuk nyata (biladigital). Seperti halnya Karya tercetak, situs web terliput dalamhak cipta.

4  Hukum hak cipta mengenali hak berikut:  Hak untuk mereproduksi Karya dengan arat apa pun dan dalam semua media  Hak untuk menyiapkan Karya turunan berdasarkan karya yang dilindungi hak cipta  Hak untuk mendistribusikan salinan karya  Hak untuk melakukan karya di publik  Hak untuk menampilkan karya di publik  Hak untuk mengklaim kepengarangan dan untuk mencegah penggunaan nama pengarang pada karya yang tak dibuatnya  Hak untuk mencegah disrorsi pada Karya yang dilindungi

5 Bagaimana Tentang Pelanggaran Hak Cipta? Pelanggaran hak cipta seperti pencurian mengambil sesuatu yang bukan milik sendiri. Cara terbaik untuk menghindari pelanggaran hak cipta adalah membuat sesuatu yang baru. Jangan mengambil kode pihak lain, jangan membuka file gambar pihak lain dan menggunakannya, dan jangan menyalin teks pihak lain. Karena Anda menyatukan halaman web Anda, ingatlah:  Jangan mengotori diri Anda dengan pemikiran bahwa pemilik Karya yang Anda salin itu akan dirugikan karena Anda mengambilnya. Ia justru akan diuntungkan.  Jangan mengira bahwa setelah Anda melakukan sedikit perubahan, maka itu bukan pencurian. Bisa saja Anda mengecat merah Buick biru, tapi tetap saja mencuri.  Jangan berpikir bahwa hanya memberikan atribut padaKarya di situs Anda itu sudah cukup. Untuk satu dan lain alasan, pemilik hak cipta mungkin tidak ingin dihubung-hubungkan dengan situs Anda.

6 Di bawah fair use, Anda tidak bisa menyalin suatu kutipan dari Karya orang lain dan begitu saja meletakkan di situs e-commerce hanya karena Anda menyukainya. Singkatnya:  Anda tidak bisa menyalin Karya orang laintanpa izin mereka.  Anda tidak bisa mengambil keuntungan dariKaryaorang laintanpaizin mereka.

7 Dalam kasus-kasus fair use, porsi materi yang Anda gunakan umumnya penting dalam hubungan dengan ukuran keseluruhan Karya, seperti halnya penggunaan aktual yang Anda bubuhi kutipan Karya itu. Segala sesuatu yang bisa mengurangi penghasilan pembuat Karya merupakan hal yang tidak bisa diterima. Berikut ini contohnya: dalam buku yang Anda pegang ini, gambar layar digunakan sebagai ilustrasi.

8 Di dalam buku, semua itu umumnya dianggap berada di bawah fair use, karena buku ini bersifat instruktif dan meliput atau meninjau halaman web. Namun, mencetak gambar layar yang sama pada sampul buku bukan lagi fair use, karena tuiuannya sampulnya bukanlah untuk memberikan pengarahan atau peninjauan, melainkan sebagai salah satu daya tarik penjualan.

9 Beberapa Karya ada dalam domain pubrik. Karya-Karya tersebut bisa digunakan oleh siapa pun untuk tujuan apa pun. Suatu Karya bisa muncul di domain publik melalui sejumlah cara:  Hak ciptanya batal (misalnya, pemiliknya mungkin tidak bisa mendapatkan hak cipta karena terlambat sehingga mungkin tidak benar-benar memiliki hak ciptanya).  Hak ciptanya mungkin telah diberikan sebelum 9o9 dan tidak diperbarui. Hak ciptanya telah kadaluwarsa tanpa diwariskan kepada keturunannya atau dijual.

10 Menggunakan Gambar Orang Lain? Bisakah Anda menggunakan gambat orang lain di situs web Anda? Ini pertanyaan yang jawabannya lebih rumit dari dugaan Anda. Jelas bahwa menggunakan gambar Tom Cruise atau seiumlah selebriti lain untuk menjual mobil akan membuat Anda didatangi pengacafa. Selebriti mendapatkan keuntungan dari gambar mereka dan melindungi itu semua sebagai aset bisnis. Faktanya, keturunan selebriti yang sudah meninggal pun melakukan hal yatrg sama, maka jangan mengira Anda bisa begitu saja mengganti gambar Tom Cruise dengan James Dean. Di sejumlah negara, orang juga memillki bak priuasi, yang mencegah penyiaran fakta pribadi yang memalukan, memotfet orang dengan pencahayaan salah, intrusi, dan (yang paling diperhatikan di sini) ketidak sesuaiaan.

11 Mengapa Pelisensian Bermasalah? Anda mungkin pemilik suatu Karya yang akan digunakan orang rain, atau Anda mungkin ingin menggunakan Karya yang dimiliki. Dalam kasus-kasus itu, suatu persetujuan tertulis yang betapapun sederhanarrya bisa membuat perjanjiannya jelas. Hal ini tidak selalu menyangkut pembayaran, tapi selalu melibatkan hak. Ketika Anda ingin menggunakanKaryaorang rain, Ancla hanyaperlu meminta izin yang gampang dilakukan dan seringkali sukses. Kadang_kadzrng pemberian izin mencakup pembatasan peng gunaanrrya.

12 Next.. Bila pemilik Karya memilih unruk melisensikaz penggun aannya, bukannya semata memberikan izin penggunaannya, maka lrsenii ynng argurrakan bisa menyangkut sejumlah Tarangan atau pembayaranteftentu. Secara umum, lisensi menentukan jumlah waktu, jenis penggunaan,l0kasi geografis penggunaa nnya, dan sebagainya Hal ini tidak mentransfer kepemilikan. p.milik blsa melisensikan sebanyak mungkin penggunaan kepada sebanyak mungkin orang atau pihak yang dikehendakinya, dan sejumlah risensi bisa merise.rrikr, penggunaan serupa atau identik.

13 Lisensi menyediakan jenis hak berikut:  Hak non eksklusif memberikan izin kepada seseorang terhadap banyak lisensi hak pengguna Karya dalam cara tertentu. Larangan mungkin menyangkut jangka waktu, jenis penggunaan (umpamanya, cetak atau elektronik) penggunaan dalam suatu wilayah geografis, atat suatu usaha khusus (misalnya, hanya untuk brosur tertentu).  Hak eksklusif memberikan izin pada lisensi seseorang yang secara eksklusif bisa menggunakan Karya dan barungkari pga p..rgg.r"rrrun khusus yang ada dalam perjanjiannya.

14 Dengan demikian, lisensi menyediakan cara bagi pembuat Karya untuk memungkinkan pihak lain menggunakannya tanpa memberikan hak kepemilikannya. Bagi pemilik Karya lisensi menyediakan metode untuk mendapatkan keuntungan dari situ bagi penerimanya, lisensi menyediakan suatu kesempatan untuk mendapatkan hak penggunaan Karya tanpa harus membayar lebih besar untuk memilikinya. Banyak perusahaan memilih untuk mendapatkan hak penggunaan Karya seperti grafik, teks, video, dan audio melalui lisensi daripada harus membeli hak ciptanya.

15 Lisensi lebih murah dari pada membeli hak cipta, dan merupakan jenis kesepakatan yang memungkinkan suatu lagu rock yang Anda sukai bisa muncul dalam iklan mobil, sepatu, atau jeans. Kebanyakan lisensi mencakup banyak legalisasi Anda hampir selalu perlu berkonsultasi dengan pengacara sebelum melakukan persetujuan lisensi.

16 Apakah Trademark Berarti bagi Anda? Suatu trademark adalah bol yang mewakili suatu hak kepemilikan yang melindungi produk atau perusahaan di pasar. kata, frase, atau sim Contohnya mungkin mencakup logo Lucent Technologies bercincin merah atau ungka pan i't s the real tebing dari coca cola. McDonald's telah men-trademarkkan segala sesuatunya, dari panah emasnya hingga ke juru bicara badutnya untuk mendapat awaran Mc. Judul suatu buku khusus tidak bisa mendapatkan hak cipta atau trademark, namun judul seri buku bisa mendapatkannya. Yang paling menarik nama suatu domain bisa mendapatkan trademark. U.S. patent and Trademark office mencoba menerupkan standar yang sama pada nama domain seperti yang diterapkan pada trademark lain.

17 Hak trademark menjadi penting dan berharga ketika trademark mempunyai nilai komersial. It's tbe rear tbing tidak punya nila apapun sebelum menjadi aset perusahaan. Coca-cola corporation menginvestasikan sejumlah besar uang untuk membuat aset itu menjadi identitas brand yang sukses secara komersial, lalu ia mempunyai nilai. Isu aset menjadi ketat dalam pembuatan trademark untuk nama domain, sebab bila seseorang mendaftarkan nama domain yang mencakup istilah trademark, maka pengadiran memutuskan bahwa istilah trademark secara mendasar berhak menggunakan nama domain itu.

18 Jika Anda menggunakan suatu gambar, logo, cap, atau unsur identitas rain di situs web Anda, maka lebih baik kalau Anda men-trademark-kannya. Mendownload segala sesuatu dari situs merupakan hal mudah bagi pihak lain, dan sekali Anda telah membuat investasi pada pengidentifikasi, barang berharga untuk melindungi investasi Anda sebaik mungkin

19 Pertimbangkan contoh pen-trademark-kan ini. Beberapa tahun yang lalu, dua industri terkemuka melakukan merger. perusahaan A dan B dikenal oleh penampilan berbeda, brand bant yang punya penampiran berbeda pun dibuat untuk memberi tanda mergernya mereka kepada pelanggan. Tampilan brand baru terdiri dari warna khusus, dengan nama perusahaan yang ber-merger dan sebuah logo berupa garis-garis lengkung atau arc.

20 Karena logo arc telah dikenal oleh tim pemasaran, maka menjadi unsur menentukan pada penampilan seruruh keping tertulis yang dihasilkan perusahaan, dan akhirnya tampilan situs webnya. Bahkan situs intranet perusahaan dirancang ulang untuk menyertakan arc, sehingga semua karyawan akan mendapatkan pengguna yang konsisten. Arc itu menjadi simbol identifikasi perusahaan; menjadi bagian identitas perusahaan.

21 Bila Anda harus menggunakan suatu arc pada situs atau logo, barangkali Anda tidak akan membuat perusahaan itu menuntut Anda. Tapi jika menggunakan arc itu atau arc apapun yang berkaitan dengan warflal font, tata letak, atau unsur manapun dari perusahaan itu dengan cara sedemikian rupa sehingga menduplikasi tampilan, atau pengalaman pengguna perusahaan itu, maka mungkin sekali Anda akan dikatakan memalsukafi atau harus memberikan penjelasan di depan meja hijau.

22 Apa yang Bisa Anda Trademark-kan? Anda bisa membuat trademark untuk kata, frase, simbol, atau rancangan atau suatu kombinasi unsur-unsur yang membedakan produk Anda dengan produk perusahaan lain. Suatu trademark harus membedakan dan memberi identitas, bukannya sekadar melukiskan. Anda tidak bisa melindungi suatu trademark dari Banana Chips, tapi bisa membuat trademark untuk DynoChips. (Dengan mengandalkan bahwa orang lain tidak lebih dulu melakukannya.) Anda juga bisa melindungi dynochips.com.

23 Trademark Anda (dan kemasan dagang, atau look and feel) harus secara jelas bisa dibedakan dengan yang lain, terutama pihak lain di lini bisnis Anda. Meskipun Domino Sugar dan Domino's Pizza sama-sama memiliki trademark, tapi Domino's Sugar dan Domino Pizza tidak bisa mendapatkannya. Anda tidak bisa mendaftar atat melindungi suatu trademark yang menimbulkan kerancuan pada pelanggan.

24 Sebagai tambahan untuk mencegah kerancuan pelanggan, tujuan suatu trademark adalah melindungi identitas komersial, termasuk niat baik, reputasi, dan investasi pemasaran Hal ini untuk memastikan hak eksklusif Anda menggunakan item trademark agar bisa mengidentifikasi barang danlayanan Anda. Suatu pelanggaran terhadap trademark terjadi ketika suatu trademark digunakan atau disalin dengan cara yang menyebabkan kerancuan pelanggan. Pelanggar bisa dituntut untuk menghentikan pelanggarannya dan jika pemilik trademark-nya berkeras, pelanggar mungkin harus membayarnya dengan biaya dan bencana.

25 Menguraikan Trademark: rM Apa perbedaan antara 'M Simbol '* bisa digunakan sebelum suatu trademark didaftarkan pada U.S. Patent and Trademark Office. Anda bisa mengganti rM ketika proses pendaftarannya selesai. Perusahaan yang pendaftarannya tertunda menggunakan rM sampai secara legal bisa

26 Mendaftarkan Trademark Untuk mendaftarkan suatu trademark, Anda hanya perlu mengisi suatu aplikasi pendaftaran di patent and Trademark office di Washington D.c. dan membayar uang pendaftarannya. Anda bisa mendaftarkan tradeirk sebelum Anda mulai menggunakannya. Karena naskahnya jarang yang bisa dipindahkan dengan cepat, Anda mungkin ingin mendaftarkannya seyak dini. Dengan lebih dulu meneliti database tentang trademark yang sudah ada untuk menentukan apakah milik Anda itu unik, akan menghemat waktu dan uang daram jangka panjang. Mungkin Anda membutuhkan bantuan profesional hukum untuk ini memberi kemungkinan terkuat untuk melindungi aset Anda.

27 Bagaimana Hukum Mempengaruhi Link? Karena kodratnya, merupakan serangkaian dokumen yang di-link. Pada waktu yang lalu, dipercaya secara meluas bahwa siapa pun bisa melakukan link ke manapun. Link adalah cara Web. Banyak yang mengira bahwa tindakan mempublikasikan situs web mengimplikasikan izin untuk link ke sana. Dalam kenyataannya, pada beberapa situasi, link tidak diterima. Umpamanya, kalau situs Anda memberikan informasi tentang nilai-nilai keluarga menyajikan materi yang diminati anak-anak, tentu Anda tidak akan me-link situ Anda situs pornografi.

28 Bila Anda mencoba memapankan bisnis yang sadar lingkungan, mungkin Anda tidak menginginkan link dengan situs web dari perusahaan pencemar lingkungan. Dengan cara serupa, kalau Anda punya bahan, kimia, mungkin Anda tidak menghendaki para pecinta lingkungan yang tidak henti-hentinya mengecam perusahaan Anda untuk mempunyai link ke situs Anda dan melukiskan pandangan mereka. Ironi dalam Internet, makin luas web, menjadi makin kecil dunia kata-kata bisa disampaikan dengan lebih cepat mengenai cacat produk, praktek perusahaan, atau kekurangan para eksekutif.

29 Berikut ini isu-isu lainnya. Meskipun sejumlah situs mendukung pihak lain untuk melink ke halaman pemberian khusus pada katalog online mereka dengan anggapan bahwa link ini akan mendorong pengeluaran, tapi perusahaan punya anggapan berbeda. Mengapa suatu perusahaan tidak menghina pihak lain membuat link ke halaman internal situsnya barangkali karena sebagian keuntungan perusahaan datang dari iklan yang dijualnya pada home page.

30 Kalau link yang tidak dikehendaki mengarahkan pengunjung ke Situs Anda, maka suatu pesan sederhana berisi permintaan dan tidak melakukan link akan bisa mengatasinya. Ingat seringkali yang paling batk adalah membuat permintaan Anda yang dengan sopan, bahkan bersahabat. Tidak ada alasan untuk memusuhi kelompok link, dan mengasingkan mereka mungkin akan mengakibatkan data yang lebih tidak menyenangkan sebelum Anda sempat memperbaiki isunya, lika Anda menghendaki link ke situs pihak izin. Barangkali Anda mendapatkan kenyataan akan link balik ke arah Anda lain

31 Di Mana Tanggung Jawab Bisnis Dimulai dan Berakhir? Seperti halnya toko di dunia nyata, bisnis online Anda harus peduli pada tanggung jawab. Tanggung iawab secara hakiki adalah akuntabilitas Anda bertanggung jawab terhadap rekan, pemilik rekanan isnis, pemerintah, dan publik. Kalau Anda melakukangun kesepakatan melanggar hukum menyebabkan bencana, merusak, atau terlibat dalam bisnis kotor lainnya, Anda harus mempertanggung jawabkannya. Paling tidak, Anda mungkin kehilangan pelanggan atau harus membayar ganti rugi yang paling buruk bergantung pada pelanggalandan keterlibatan Anda, Melakukan bisnis di Internet telah membuka banyak petanyaan legal baru yang harus Anda perhatikan. Beberapa di antaranya telah dijelaskan dalam bab ini. Untuk melindungi diri dan investasi Anda, seofang konsultan dan seorang pengacara mungkin merupakan investasi yang bijak

32 Haruskah Anda Khawatir Terhadap Fitnah? Fitnab adalah kata-kata lisan atau tertulis yang menilai seseorang secara keliru atau negatif. (T'V dan radio secara teknis lisan, dan penistaan yanng setia di via TV dan radio dianggap sebagai fitnah). Untuk membuktikan penistaan, pihak yang diserang harus membuktikan bahwa yang dikatakan itu membahayakan. Kalau seseorang memaki Anda di hutan, apakah fitnah telah terjadi? Barangkali tidak. Hukum fitnah menetapkan bahwa penghinaan itu harus diungkapkan kepada pihak ketiga.

33 Penghinaan merupakan masalah serius dalam industri publisitas, dan jurnalisme dilatih hati-hati untuk menghindari hal itu. Melihat kenyataan bahwa situseb Anda merupakan usaha publisitas (Anda 'mempublikasikan, materi elektronik ketika Anda membuat situs web Anda menjadi ublik), maka gerakan Anda juga hatus menghindari penghinaan kepada pihak lain. Kalau Anda terlibat masalah, kebanyakafl negara mempunyai attran tentang penarikan kembali perfiyataar, Bila Anda mendapatkan tuduhan, Anda bisa dipaksa untuk menarik kembali ap yang Anda katakan,bahkan harus menyiarkan permintaan maaf di situs web Anda sendiri atau di tempat lain.

34 Dalam sejumlah kasus, suatu penarikan kembali ucapan bisa membebaskan Anda dari hukuman penjara, tapi tetap harus memberikan ganti rugi berupa uang. pertimbangkan: veb adalah suatu komunitas dari 40 hingga 90 iuta pengguna, bergantung pada perkiraan mana yang Anda percayai. Jlka seofang pengacafa enuntut Anda mengganti rugi sebesar 50 sen saja per pengguna, maka bisa dihitung berapa kerugian yang harus Anda tanggung.

35 Menghindari Masalah Dalam kebanyakan masalah hukum, biasanya jelas hukum macam apa dan di pengadilan seegara mana suatu masalah hukum tertentu itu terjadi. Tapi kodrat web adalah tanpa batas wilayah. Suatu perusahaan e-commerce bisa saja ada di suatu negara, tapi server situs web-nya bisa berada di sejumlah negara lain, dan pelanggannya bisa saja di mana saia di seluruh penjuru dunia. Akibatnya, menjadi tidak jelas di mana suatu transaksi berlangsung, dan pada gilirannya menjadi tidak jelas juga hukum marra yang mengatur transaksi itu. Hal itu tidak berarti bahwa tidak ada hukum yang mengatur transaksi itu. Ini berarti Anda,

36 Sebagai pebisnis, mungkin terlibat pada hukum yang tidak Anda sadari. Hal terbaik dalam konteks ini adalah selalu berada pada yang sesuai dengan peringatan. Ikuti standar dan praktek bisnis yang paling baik, dan perhatikan kesejumhan perkembangan dalam peraturan yang menyangkut e-commerce. Semua pembicaraan hukum ini tampak mengerikan. Ingat bahwa sebagai pebisnis, sebagian apa yangAnda lakukan adaLahmemasuki risiko. Hukum ada untuk dipergunakan dan ditafsirkan; kenyataafi itulah yang mendorong keseluruhan profesi hukum dan sistem pengadilan. Anda harus membuat pertimbagkan


Download ppt "MUSDALIFAH DJ. 102904017 Mengetahui isu-isu legal."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google