Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Menentukan Epicenter Gempa Teknik Gempa D-III Teknik Sipil Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Menentukan Epicenter Gempa Teknik Gempa D-III Teknik Sipil Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta."— Transcript presentasi:

1 Menentukan Epicenter Gempa Teknik Gempa D-III Teknik Sipil Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

2 pendahuluan Mengukur intensitas dan besaran gempa bisa jadi bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah untuk dikerjakan, namun hal tersebut perlu untuk diketahui dan dipelajari mengingat kedua hal tersebut di atas merupakan parameter yang digunakan dalam meng-kategorikan gempa. Selain intensitas dan besarannya, parameter lain yang perlu diketahui adalah bagaimana cara menentukan pusat gempa berdasarkan catatan rekaman gempa yang telah terjadi.

3 pendahuluan Pun demikian, untuk menentukan pusat gempa (epicenter) juga tidaklah sederhana, namun di sini akan dibahas bagaimana menentukan pusat gempa dengan parameter-parameter yang telah disederhanakan: menggunakan seismogram.

4 Prinsip Dasar Dasar-dasar yang digunakan dalam menentukan pusat gempa sebagai berikut : –Pembacaan waktu datang gelombang P dan gelombang S –Pembacaan intensitas gelombang P dan gelombang S –Pembacaan amplitudo gelombang terbesar

5

6 Love Waves vertical radial transverse Rayleigh Waves PS

7

8

9


Download ppt "Menentukan Epicenter Gempa Teknik Gempa D-III Teknik Sipil Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google