Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

THE NATURE OF ORGANIZATIONAL COMMUNICATION.kom.org.galuh.01032010.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "THE NATURE OF ORGANIZATIONAL COMMUNICATION.kom.org.galuh.01032010."— Transcript presentasi:

1 THE NATURE OF ORGANIZATIONAL COMMUNICATION.kom.org.galuh

2 Persepsi Komunikasi Organisasi  Redding dan Sanborn (1964) Komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan informasi dalam organisasi yang kompleks. Yang termasuk dalam bidang ini adalah komunikasi internal, hubungan manusia, hubungan persatuan pengelola, komunikasi downward, upward atau horisontal  Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss (1996) Ciri utama komunikasi organisasional adalah faktor- faktor struktural dalam organisasi yang mengharuskan para anggotanya bertindak sesuai dengan peranan yang diharapkan

3 Persepsi Komunikasi Organisasi  R. Wayne Pace dan Don F. Faules Komunikasi organisasi diklasifikasikan menjadi dua : 1. Definisi Fungsional : komunikasi organisasi adalah sebagai pertunjukan dan penafsiran pesan di antara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian dari suatu organisasi tertentu 2. Definisi Interpretatif : komunikasi organisasi cenderung menekankan pada kegiatan penanganan pesan yang terkandung dalam suatu batas organisasional. Bagaimana komunikasi berlangsung dan apa maknanya bergantung pada konsepsi seseorang mengenai organisasi

4 Persepsi Komunikasi Organisasi  Joseph A. Devito Komunikasi organisasi merupakan pengiriman dan penerimaan berbagai pesan di dalam organisasi di dalam kelompok formal maupun informal organisasi  Deddy Mulyana Komunikasi organisasi terjadi dalam suatu jaringan yang lebih besar daripada komunikasi kelompok. Komunikasi organisasi seringkali melibatkan juga komunikasi diadik, komunikasi antar-pribadi dan ada kalanya komunikasi publik.

5 Paradigma Komunikasi dan Organisasi  PARADIGMA POSITIVISTIK / OBJEKTIF / MEKANISTIK / SCIENTIFIC /STRUKTURALISTIK 1. Pandangan ini mengasumsikan bahwa “orang-orang dapat menjauhkan diri mereka dari bias-bias mereka dan bahwa kebenaran dapat ditemukan bila kita dapat menyingkirkan campur tangan manusia ketika melakukan penilaian”. Sehingga manusia tidak memiliki kebebasan dalam mengekspresikan pemahamannya. 2. Perilaku manusia dicipta / ditentukan / dikendalikan / dikonstruksi oleh lingkungan (realitas sosial) dan Manusia adalah produk lingkungannya. 3. Realitas adalah sesuatu yang sudah terstruktur (sudah ada) dan kita harus menemukannya. 4. Menekankan lingkungan sebagai suatu faktor penentu dalam menjelaskan perilaku manusia. Keberhasilan manusia tergantung pada sejauhmana dirinya beradaptasi dengan lingkungannya/ realitas yang ada. 5. Tindakan seseorang itu haruslah bertujuan, goal oriented, rasional serta ditentukan oleh lingkungan

6 Paradigma Komunikasi dan Organisasi  PARADIGMA HUMANISTIK / SUBJEKTIF / TRANSAKSIONAL 1. Mengasumsikan bahwa pengetahuan tidak mempunyai sifat yang objektif dan tidak selamanya absolut (tetap) melainkan dapat berubah sesuai dengan perkembangan pemikiran manusia yang bebas. 2. Manusia yang menentukan dan mencipta / mengkontruksi lingkungan (realitas sosial) sesuai dengan kreatifitasnya. Realitas adalah suatu proses kreatif yang memungkinkan manusia / kita menciptakannya. 3. Manusia punya perasaan yang lebih aktif dan kreatif. Kreasi manusia bukanlah produk lingkungan, namun mereka mencipta lingkungan. 4. Manusia hidup dalam lingkungan simbolik dan dapat ditafsirkan dari berbagai cara. Manusia mencipta lingkungan/ realitas juga melalui penggunaan simbol. 5. Tindakan seseorang itu muncul dari proses sosial dalam interaksi manusia, artinya perilaku yang berkembang yang bergantung pada konstruksi sosial yang terjadi selama proses interaksi.

7 What is Organizational Communication ? 1. Komunikasi organisasi terjadi dalam sebuah sistem terbuka yang kompleks, dipengaruhi dan mempengaruhi lingkungannya, baik internal (budaya) dan eksternal 2. Komunikasi organisasi melibatkan manusia dan sikapnya, perasaan, hubungan dan kemampuannya 3. Komunikasi organisasi meliputi pesan dan alirannya, tujuan, arah dan medianya.

8 Paradigm of Organizational Communication Environment Organization Culture PeopleMessage Organization Culture Environment

9 Sifat Komunikasi Organisasi  Komunikasi organisasi tampak pada struktur  Komunikasi dalam organisasi berfungsi mencapai tujuan sistem organisasi  Komunikasi adalah organisasi itu sendiri  Komunikasi organisasi menjelaskan hubungan antar individu dalam organisasi  Komunikasi organisasi menggambarkan dinamika kelompok  Komunikasi organisasi membangun eksistensi organisasi.

10 7 Konsep Kunci "Komunikasi organisasi adalah proses menciptakan dan bertukar pesan dalam jaringan hubungan saling tergantung untuk mengatasi ketidakpastian lingkungan“  7 key concepts : process, message, network, interdependent, relationship, environment, and uncertainty.

11 Process  Organisasi adalah sistem terbuka yang dinamis yang menciptakan dan pertukaran pesan antara anggota dan antara anggota dan lingkungannya  Fenomena menciptakan dan pertukaran pesan sedang berlangsung, yang terus berubah, dan berkesinambungan

12 Message Dalam komunikasi organisasi kita mempelajari penciptaan dan pertukaran pesan dalam seluruh organisasi. Pesan dalam organisasi ini dapat dilihat menurut beberapa klasifikasi, yang berhubungan dengan bahasa, penerima pesan, metode diffusi dan arus tujuan dari pesan.

13 Network  Organisasi terdiri dari serangkaian orang, yang masing-masing menempati posisi tertentu atau peran.  Penciptaan dan pertukaran pesan antara orang- orang terjadi lebih dari satu set jalur yang disebut jaringan komunikasi.  Beberapa faktor yang mempengaruhi jaringan komunikasi: orang dalam jaringan, Arah dari pesan, Proses serial yang mempengaruhi efektivitas jaringan (WOM).

14 Interdependence  Keadaan yang saling tergantung satu bagian dengan bagian lainnya. Hal ini telah menjadi sifat dari suatu organisasi yang merupakan suatu sistem terbuka. Bila suatu bagian dan organisasi mengalami gangguan maka akan berpengaruh kepada bagian lainnya dan mungkin juga kepada seluruh sistem organisasi. Begitu juga halnya dengan jaringan komunikasi dalam suatu organisasi saling melengkapi.

15 Relationship  3 tingkat komunikasi dalam organisasi: individu, kelompok, dan organisasi (Thayer, 1968)  4 macam hubungan tatap muka sesuai dengan jumlah orang yang terlibat: komunikasi diadik, komunikasi triadik, komunikasi kelompok kecil, dan komunikasi khalayak (Pace & Boren, 1973)

16 Environment  Duncan (1972), Lingkungan adalah semua totalitas secara fisik dan faktor sosial yang diperhitungkan dalam pembuatan keputusan mengenai individu dalam suatu sistem.  Lingkungan ini dapat dibedakan atas lingkungan internal dan eksternal.  Yang dimaksud dengan kultur organisasi adalah pola kepercayaan dan harapan dari anggota organisasi yang menghasilkan norma-norma yang membentuk tingkah-laku individu dan kelompok dalam organisasi.

17 Uncertainty  Ketidak pastian adalah perbedaan informasi yang tersedia dengan informasi yang diharapkan..  Ketidak pastian disebabkan oleh terlalu banyaknya infomasi yang diterima dari pada sesungguhnya diperlukan untuk menghadapi lingkungan mereka.

18 See You Next Time!! THANK YOU...


Download ppt "THE NATURE OF ORGANIZATIONAL COMMUNICATION.kom.org.galuh.01032010."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google