Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SELAMAT DATANG DI SEMINAR TUGAS AKHIR INI, TERIMA KASIH

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SELAMAT DATANG DI SEMINAR TUGAS AKHIR INI, TERIMA KASIH"— Transcript presentasi:

1 SELAMAT DATANG DI SEMINAR TUGAS AKHIR INI, TERIMA KASIH
RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR DALAM PENENTUAN JENIS PENYAKIT PADA HEWAN SAPI Detyaputra Kusuma Mulya SELAMAT DATANG DI SEMINAR TUGAS AKHIR INI, TERIMA KASIH

2 LATAR BELAKANG 1.Perkebunan 2.Pertanian 3.Perikanan 4.Perdagangan /
Perindustrian 5.Peternakan Negara

3 tidak semua dokter hewan ahli dalam bidang penyakit sapi
Sapi Sakit Produksi susu Keguguran Kematian tidak semua dokter hewan ahli dalam bidang penyakit sapi Sistem Pakar

4 PERUMUSAN MASALAH Bagaimana cara mengidentifikasi penyakit sapi dengan cepat dan mengambil solusi yang tepat. Bagaimana merancang dan membangun Sistem Pakar dalam penentuan jenis penyakit yang diderita oleh hewan sapi melalui gejala-gejala yang ada.

5 PEMBATASAN MASALAH Sistem ini hanya membahas untuk jenis penyakit sapi saja. Sistem ini menggunakan metode inferensi forward chaining pada pencarian jenis penyakit pada sapi. Data penyakit sapi didapat dari Dinas Peternakan Surabaya maupun buku yang bersangkutan. Aplikasi ini saat ini hanya di tujukan pada tiga jenis sapi saja yaitu, sapi angus, sapi limousin, dan sapi peranakan ongole sesuai dengan data yang ada.

6 PEMBATASAN MASALAH Aplikasi ini berbasis desktop.
Aplikasi ini tidak membahas dosis obat. Aplikasi ini tidak membahas rekam medik. Aplikasi ini tidak membahas bahasa biologi. Aplikasi ini tidak membahas keamanan data dan jaringan.

7 TUJUAN Mengidentifikasi penyakit sapi dengan cepat dan mengambil solusi yang tepat. Merancang dan membangun Sistem Pakar dalam penentuan jenis penyakit yang diderita oleh hewan sapi melalui gejala-gejala yang ada.

8 Landasan Teori Menurut (Feigenbaum:1982) sistem pakar adalah suatu program komputer cerdas yang menggunakan knowledge (pengetahuan) dan prosedur inferensi untuk menyelesaikan masalah yang cukup sulit sehingga membutuhkan seorang yang ahli untuk menyelesaikannya.

9 Metode Forward Chaining
Menurut (Arhami, 2005). Forward chaining adalah suatu metode dari mesin inferensi untuk memulai penalaran atau pelacakan suatu data dari fakta-fakta yang ada menuju suatu kesimpulan.

10 Proses Forward Chaining

11 HEWAN SAPI Sapi adalah hewan ternak terpenting sebagai sumber daging, susu, tenaga kerja dan kebutuhan lainnya. Sapi menghasilkan sekitar 50% kebutuhan daging didunia, 95% kebutuhan susu dan 85% kebutuhan kulit. (http://www.iptek.net.id/ind/warintek/?mnu=6&ttg=4&doc=4a13).

12 FLOWCHART

13 Demo Program


Download ppt "SELAMAT DATANG DI SEMINAR TUGAS AKHIR INI, TERIMA KASIH"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google