Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TEKNIK PENEMUAN FAKTA.  Fact-finding (Penemuan Fakta) adalah sebuah teknik yang digunakan pada semua siklus pengembangan, tapi sangat penting dalam fase.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TEKNIK PENEMUAN FAKTA.  Fact-finding (Penemuan Fakta) adalah sebuah teknik yang digunakan pada semua siklus pengembangan, tapi sangat penting dalam fase."— Transcript presentasi:

1 TEKNIK PENEMUAN FAKTA

2  Fact-finding (Penemuan Fakta) adalah sebuah teknik yang digunakan pada semua siklus pengembangan, tapi sangat penting dalam fase analisis persyaratan.  Fact-finding ( penemuan Fakta) Proses resmi yang menggunakan penelitian, pertemuan, wawancara, kuisioner, sampling, dan teknik lain untuk mengumpulkan informasi mengenai masalah, persyaratan, dan referensi sistem. Disebut juga pengumpulan informasi atau pengumpulan data.

3 TEKNIK PENEMUAN FAKTA  Teknik Penemuan Fakta yaitu terdiri dari : 1. Sampling terhadap dokumentasi, form, dan database yang ada 2. Meneliti dan mengunjungi situs 3. Observasi lingkungan kerja

4 TEKNIK PENEMUAN FAKTA  Teknik Penemuan Fakta yaitu terdiri dari : 4.Questionnaire (Kuisioner) 5.Interview (Wawancara) 6.Prototyping 7.Joint requirements planning (JRP)

5 Manajemen Persyaratan  Requirements management (Manajemen persyaratan)  Manajemen Persyaratan

6 TEKNIK PENEMUAN FAKTA  Mengumpulkan fakta dari dokumentasi yang ada.  Mengumpulkan sampel dokumen, form, dan record yang representatif (Sampling).

7 TEKNIK PENEMUAN FAKTA Meneliti dan Mengunjungi Situs Penelitian adalah teknik yang sering digunakan berdasarkan studi terhadap aplikasi lain yang serupa. Sekarang penelitian menjadi lebih mudah dengan adanya Internet dan World Wide Web (WWW). Kunjungi situs (Site Visits) merupakan bentuk penelitian khusus.

8 TEKNIK OBSERVASI  Yang harus dilakukan :  Buat rencana  Minta ijin kepada yang berwenang  Selalu rendah hati  Melakukan pencatatan hasil pengamatan

9 TEKNIK KUISIONER  Ciri :  Cocok untuk sumber data banyak dan tersebar  Responden tidak terganggu  Hasilnya biasanya lebih objektif

10 TEKNIK KUISIONER  Petunjuk :  Rencanakan dahulu fakta dan opini yang akan dikumpulkan  Tentukan pertanyaan yang cocok  Pertanyaan tidak mengandung kesalahan dan harus jelas/sederhana  Coba dahulu kepada 1 atau 2 responden, bila ada kesulitan segera perbaiki

11 Strategi Penemuan Fakta  Pelajari dokumen-dokumen yang ada, form, laporan, dan file. Analis dapat mempelajari banyak hal tanpa kontak dengan orang.  Jika penting, observasi sistem saat sistem bekerja  Dengan semua fakta yang telah terkumpul, buat dan sebarkan kuisioner untuk memperjelas hal-hal yang belum dipahami dengan baik.

12 Terima Kasih


Download ppt "TEKNIK PENEMUAN FAKTA.  Fact-finding (Penemuan Fakta) adalah sebuah teknik yang digunakan pada semua siklus pengembangan, tapi sangat penting dalam fase."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google