Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Survei dan Polling. Penelitian Survei Penelitian yang mengumpulkan jawaban dari responden atas pertanyaan yang merupakan pengukuran yang diteliti, serta.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Survei dan Polling. Penelitian Survei Penelitian yang mengumpulkan jawaban dari responden atas pertanyaan yang merupakan pengukuran yang diteliti, serta."— Transcript presentasi:

1 Survei dan Polling

2 Penelitian Survei Penelitian yang mengumpulkan jawaban dari responden atas pertanyaan yang merupakan pengukuran yang diteliti, serta menguji hipotesis Pengujian survei berbeda dengan eksperimen. Dalam survei tidak ada intervensi dari peneliti. Sedangkan dalam pengujian eksperimen ada intervensi dari peneliti dalam memanipulasi variabel sebab dengan memberikan treatment tertentu.

3 Tahapan Desain dan Perencanaan Pra Pengumpulan Data Tahap Pengumpulan DataTahap Pengolahan Data Tahap Analisis Data

4 Tahap Pra Pengumpulan Data Peneliti mengembangkan instrumen penelitian/kuisioner yaitu membuat pertanyaan untuk mengukur variabel, menetapkan kategori-kategori jawaban, mengorganisasikan bagian-bagian pertanyaan Setelah kuisioner dibuat, peneliti perlu melakukan pretest atau uji terhadap kuisioner tersebut

5 Membuat Instrumen Penelitian Jenis Pertanyaan Pertanyaan sensitif dan non sensitif Pertanyaan tentang pengetahuan Pertanyaan tentang fakta Pertanyaan tentang opini Pertanyaan lanjutan tidak (lanjut ke pertanyaan …..) ya (lanjut ke pertanyaan berikutnya)

6 Bentuk Pertanyaan Bentuk pertanyaan tertutup Bentuk pertanyaan terbuka Bentuk pertanyaan setengah terbuka

7 Hal yang harus dihindari Hindari penggunaan jargon Hindari ambiguitas apakah bapak/ibu merasakan kepuasan dalam bekerja ? Hindari bahasa yang emosional dan bias prectise banyak dokter mengatakan bahwa rokok menyebabkan kanker, bagaimana pendapat bapak sendiri? Hindari pertanyaan double barraled apakah bapak/ibu memperoleh cuti tahunan dan cuti haid?

8 Hindari leading question Setujukah bapak bahwa polisi harus lebih profesional? Hindari pertanyaan yang diluar kemampuan responden untuk menjawabnya Hindari pertanyaan yang dimulai dengan premis yang salah jam tayang TV sudah panjang, perlukah ada kebijakan untuk menyesuaikannya? Hindari pertanyaan mengenai masa depan seandanya pemerintah menaikkan BBM tahun 2010, apakah anda setuju?

9 Hindari pertanyaan yang double negatif apakah bapak/ibu tidak setuju jika bapak/ibu tidak memiliki tempat ibadah Hindari pertanyaan dengan kategori tumpang tindih serta kategori yang tidak seimbang

10 Tipe Penelitian Survei Mail dan Self Administered Questionnaires Telephone Interviews Face to face interviews

11 Penelitian Polling Polling adalah suatu kerja pengumpulan pendapat umum dengan menggunakan teknik dan prosedur ilmiah. Tujuan polling adalah untuk mengukur preferensi atau intensitas sikap masyarakat dan tidak berpretensi untuk mengetahui lebih dalam penjelasan atas pilihan-pilihan yang dibuat.

12 Karakteristik Polling 1. Memakai sampel untuk menggambarkan sikap/pendapat populasi. 2. Digunakan untuk menggunakan sikap/perilaku. 3. Menggambarkan secara sistematis fakta atau karakteristik secara akurat.

13 Tahap-tahap Polling 1. Mengidentifikasi tujuan polling. 2. Populasi polling. 3. Menentukan teknik penarikan sampel. 4. Menentukan tipe informasi. 5. Waktu wawancara. 6. Menentukan metode wawancara.

14 Topik Polling Populasi Target Populasi Kerangka Sampel Sampel

15 Perbedaan Polling dengan Survei Akademis KarakteristikPollingSurvei Akadeimis Kompleksitas jawaban yang diinginkan. SederhanaKompleks Jumlah pertanyaan dalam kuesioner. SedikitBanyak Wawancara yang dibutuhkan. SedikitBanyak Waktu pelaksanaan.PendekPanjang

16 Desain Sampel 1. Sampel acak. Acak sederhana. Acak sistematis. Acak terstratifikasi. Acak terstartifikasi proporsional. Acak terstartifikasi tidak proporsional. Cluster. Cluster proporsional.

17 2. Sampel tidak acak. Konvinien/accidental. Quota. Purposive/judgmental.

18 Hal yang penting dalam sampel : 1. Mengeliminasi bias (teknik pengambilan sampel). 2. Meningkatkan ketelitian/presisi (besaran sampel).

19 Tiga faktor dalam menghitung besaran sampel : 1. Variasi dalam populasi. 2. Tingkat kesalahan yang ditoleransi. 3. Tingkat kepercayaan.

20 Ciri pertanyaan yang baik : 1. Menghindari bias dalam pertanyaan. 2. Menghindari pertanyaan bermakna ganda. 3. Menghindari pertanyaan yang tidak dapat dipahami.

21 Membaca Data Polling 1. Sponsor dan penyelenggara polling. 2. Tujuan khusus dari penyelenggaraan polling. 3. Populasi polling dan susunan kerangka sampel. 4. Pengambilan sampel dari populasi. 5. Karakteristik sampel. 6. Presisi hasil polling. 7. Arti penting isu terhadap responden. 8. Polling lain pada topik yang sama.

22 9. Sudut (frame) pertanyaan yang dipakai. 10. Rumusan pertanyaan yang dipakai. 11. Penggunaan pertanyaan penyaring. 12. Cara pengumpulan data. 13. Response rate terhadap polling. 14. Waktu pelaksanaan wawancara. 15. Masalah non-attitude. 16. Cara menganalisis data.

23 Beberapa Prosedur dalam Menulis Data 1. Perhatikan pertanyaan yang dianjurkan. 2. Hindari membuat generalisasi yang berlebihan. 3. Hindari membuat estimasi yang berlebihan. 4. Hindari menonjolkan perbedaan persentase yang tidak signifikan.

24 Penyajian Temuan 1. Menulis pecahan. 2. Statistik.

25 Persentase, Pecahan, dan Makna Data Hasil Polling Jarak persentase Pecahan sederhanaUkuran dalam kelompok 1 – 10Sepersepuluh.Tidak berarti, sangat sedikit, segenggam, beberapa. 11 – 20Seperlima.Sedikit, beberapa. 21 – 30Seperempat, tiga persepuluh. Minoritas, sebagian kecil. 31 – 40Sepertiga, dua perlima. Minoritas besar, perbedaan jumlah yang besar. 41 – 49Mendekati setengah.Minoritas sangat besar, perbedaan jumlah yang sangat besar.

26 Persentase, Pecahan, dan Makna Data Hasil Polling Jarak persentase Pecahan sederhanaUkuran dalam kelompok 50Setengah, satu dari dua Terbagi sama. 51 – 60Lebih dari setengah, tiga perlima. Mayoritas, orang banyak. 61 – 70Dua pertiga, tujuh persepuluh. Mayoritas besar, cukup besar, banyak sekali, sebagian besar Tiga perempat, empat perlima. Mayoritas sangat besar, cukup besar, banyak sekali, sebagian besar.

27 Persentase, Pecahan, dan Makna Data Hasil Polling Jarak persentase Pecahan sederhanaUkuran dalam kelompok 81 – 90Sembilan persepuluh. Sangat besar, besar sekali. 91 – 99Lebih dari sembilan persepuluh. Mendekati setiap orang, hampir semua.

28 Penjelasan Perbedaan dan Hubungan dalam Membaca Hasil Polling Tingkat Signifikansi (hubungan) Penafsiran P > 0,05Tidak Signifikan.Tidak ada perbedaan hubungan, perbedaan yang rendah. P < 0.05Signifikan.Ada perbedaan, perbedaan yang nyata. P < 0.01Sangat SignifikanPerbedaan sangat besar. P < 0.001Sangat Signifikan Sekali. Sangat berbeda sakali.

29 Penjelasan Perbedaan dan Hubungan dalam Membaca Hasil Polling Perbedaan diantara NilaiPenafsiran Dibawah/tidak lebih dari jarak sampling error. Tidak ada perbedaan. Dekat dengan batas sampling eror tetapi tidak signifikan. Perbedaan yang rendah. Melebihi sampling error + 10 %Berbeda, sedikit lebih besar %Perbedaan besar. + lebih dari 30 %Perbedaan sangat besar.


Download ppt "Survei dan Polling. Penelitian Survei Penelitian yang mengumpulkan jawaban dari responden atas pertanyaan yang merupakan pengukuran yang diteliti, serta."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google