Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Faktor penyebab perubahan makna kata : 1.Ilmu dan teknologi 2.Sosial dan budaya 3.Perbedaan bidang pemakaian 4.Adanya asosiasi 5.Pertukaran tanggapan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Faktor penyebab perubahan makna kata : 1.Ilmu dan teknologi 2.Sosial dan budaya 3.Perbedaan bidang pemakaian 4.Adanya asosiasi 5.Pertukaran tanggapan."— Transcript presentasi:

1

2 Faktor penyebab perubahan makna kata : 1.Ilmu dan teknologi 2.Sosial dan budaya 3.Perbedaan bidang pemakaian 4.Adanya asosiasi 5.Pertukaran tanggapan indera 6.Perbedaan tanggapan 7.Adanya penyingkatan 8.Proses gramatikal 9.Pengembangan istilah

3 Macam-macam perubahan makna : 1.Generalisasi (perluasan makna) Perubahan makna kata yang terjadi apabila cakupan makna suatu kata lebih luas dari makna asalnya. Contoh:

4 NoContoh kata Makna asalMakna baru 1.Saudaraseperut; sekandungan Sapaan kepada orang lain. 2.BapakSebutan/pan ggilan orang tua laki-laki Sebutan/pang gilan laki-laki dewasa

5 3.IbuSebutan/pan ggilan orang tua perempuan Sebutan/pan ggilan setiap perempuan dewasa 4.BerlayarMengarungi lautan dengan perahu layar Mengarungi lautan dengan berbagai jenis kapal

6 NoContoh kata Makna asalMakna baru 5.LaukikanTeman nasi 6.KakakSebutan/pa nggilan kakak kandung. Sebutan/pa nggilan setiap orang yang lebih tua.

7 2. Penyempitan makna Perubahan makna yang terjadi apabila cakupan makna suatu kata lebih sempit dari makna asalnya. Contoh:

8 NoContoh kataMakna asalMakna baru 1.UlamaOrang yang berilmu dan pandai. Pemuka dalam agama Islam. 2.PendetaOrang yang yang pandai dalam agama. Pemuka dalam agama Kristen.

9 3.GadisSebutan perempuan yang belum menikah. Sebutan perempuan yang masih perawan.

10 NoContoh kataMakna asalMakna baru 4.SarjanaSebutan orang yang pandai/cend ekiawan di suatu daerah Sebutan/ gelar dari suatu universitas (PT) 5.PutriSebutan untuk anak perempuan. Sebutan untuk putri raja/bangsa wan.

11 3. Ameliorasi Perubahan makna kata yang nilai rasanya lebih tinggi daripada asalnya. NoContoh kataMakna asalMakna sekarang 1.WanitaNilainya netralLebih terhormat. 2.MantanNetral, berarti bekas. Lebih terhormat. 3.IstriNilainya netral.Lebih terhormat.

12 NoContoh kataMakna asalMakna sekarang 4.TunanetraNetralLebih halus; terhormat; artinya tidak dapat melihat. 5.NarapidanaNetral; artinya orang hukuman. Lebih halus; sopan. 6.Lembaga pemasyarak atan Netral; artinya penjara. Lebih halus; sopan.

13 4. Peyorasi Perubahan makna kata yang nilai rasanya lebih rendah daripada sebelumnya. NoContoh kataMakna asalMakna sekarang 1.GerombolanNetral; orang- orang yang bergerombol. Orang-orang pengacau. 2.Fundamenta lis Netral; orang yang melaksanakan keyakinan agamanya. Pemberontak; ekstremis.

14 NoContoh kataMakna asalMakna sekarang 3.BiniNetralLebih rendah; konotasi negatif. 4.BuntingNetral; artinya hamil. Lebih rendah; konotasi negatif. 5.OknumNetral; artinya perseorangan. Lebih rendah; artinya orang dalam arti yang kurang baik.

15 5. Asosiasi Perubahan makna yang muncul karena persamaan sifat. NoContoh kata Makna asal/sifat Persamaan sifat 1.AmplopTempat suratUang sogokan 2.CatutAlat untuk men 3.KacamataAlat untukArtinya menurut pandangan

16 6. Sinestesia Perubahan makna kata yang terjadi karena pertukaran tanggapan antara dua indera yang berbeda. Contoh: Namanya harum sekali dan suaranya pun enak didengar. ( harum : indera penciuman~ indera pendengaran). (enak : indera penciuman~ indera pendengaran)

17 Kata-katamu semakin pedas, kamu kira aku ini siapa? -pedas : indera pengecapan~ indera pendengaran.

18 1.Kata yang mangalami perluasan makna terdapat pada kalimat…. a. Kakaknya telah diwisuda sebagai sarjana ekonomi. b. Guru besar UI memberikan sambutan kepada mahasiswa. c. Banyak pendeta ikut mendamaikan orang yang bersengketa. d. Bapak lurah mengajak warganya untuk bekerja bakti.

19 2. Kalimat berikut yang menggunakan kata yang mengalami perubahan makna menyempit adalah…. a. Saya bercita-cita menjadi sarjana teknik. b. Apakah adik mengetahui alamat Pak Subardi? c. Sebaiknya Saudara segera memenuhi undangan Bu Salamah. d. Kapal pesiar itu berlayar menuju Surabaya.

20 3. (1) Sebagai seorang perawat di RSU, Mangestuti selalu rajin bekerja. (2) Gaji pembantu rumah tangga di luar negeri sangat besar. (3) Kesalahpahaman saya dengan Saudara Andi terselesaikan. (4) Karya sastra yang ditulis adik dimuat dalam majalah sekolah. Kata yang mengalami perluasan makna terdapat pada kalimat….

21 a.(1)b. (2) c. (3)d. (4) (3) Kesalahpahaman saya dengan Saudara Andi terselesaikan.

22 4. Kalimat yang menggunakan kata bersinestesia adalah…. a. Makanan yang dihidangkannya sangatlah enak dan lezat. b. Karena sakitnya, dia harus mengurangi minuman yang manis. c. Orang tua itu menyukai makanan yang pedas. d. Belajar dari pengalaman pahitnya, sekarang ia menjadi orang sukses.

23 5. Kata yang mengalami perluasan makna terdapat pada kalimat…. a. Pemerintah mengharapkan industri besar menjadi bapak asuh bagi industri kecil dan industri rumah. b. Pesawat-pesawat yang dipamerkan pada Paris Air Show ’97 telah kembali ke negaranya masing-masing.

24 c. N-250 dirancang oleh sarjana-sarjana dari Indonesia yang cukup berpengalaman. d. Banyak para ahli yang telah mengakui keunggulan pesawat buatan Industri Pesawat Terbang Nusantara.

25 Jawaban : a a. Pemerintah mengharapkan industri besar menjadi bapak asuh bagi industri kecil dan industri rumah.

26 6. Kalimat berikut yang menggunakan kata berameliorasi adalah…. a. Wanita cantik itu bisa menarik perhatian penonton. b. Lelaki itu meninggalkan bininya yng sedang hamil. c. Kapan Ibu mengajarkan Bahasa Indonesia lagi. d. Bapak berharap kamu harus belajar dengan tekun.

27 7. Kalimat yang mengalami perubahan makna menyempit adalah…. a.Mereka pergi dengan saudara- saudaranya. b. Kami belum akan berlayar lagi. c. Ia menjadi ahli matematika. d. Masalah itu telah berkembang menjadi pembicaraan nasional.

28 8. Kalimat berikut yang mengalami perubahan makna peyorasi adalah…. a. Gerombolan itu ditakuti oleh masyarakat. b. Penjahat itu mati dihajar massa. c. Rombongan wisatawan itu disambut warga desa dengan upacara adat. d. Para tunawisma itu diberi pengarahan oleh pejabat setempat.

29 9. Beberapa sarjana telah diberangkatkan menuju Pulau Kalimantan untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang baru saja mereka selesaikan. Mereka menuju pulau bakti itu dengan berlayar. Mereka bersama dengan saudara-saudaranya, penduduk asli, memeberdayakan hutan untuk menunjang pembangunan.

30 Kata yang mengalami penyempitan makna dalam paragraf tersebut adalah…. a. sarjana b. berlayar c. saudara d. penduduk

31 10. (1) Suami istri itu tampak tergesa-gesa meninggalkan ruang itu dan masuk dalam kendaraan yang diparkir di depan gedung. (2) Mereka baru saja mnyerahkan sejumlah uang bantuan ke panti asuhan. (3) Mereka tidak ingin kedatangannya diketahui oleh para kuli tinta yang ingin mewawancarinya. (4) Oleh karena itu, segeralah mereka meninggalkan gedung panti asuhan itu.

32 Kalimat berameliorasi terdapat pada nomor…. a. (1) b. (2) c. (3) d. (4)

33 11. Kalimat berikut ini yang menggunakan kata berasosiasi adalah…. a. Suaranya sangat merdu didengar oleh semua orang. b. Pejabat itu telah menerima amplop dari seseorang. c. Ibu guru sedang mengajarkan biologi di kelas. d. Putra-putri Indonesia Kongres Pemuda tahun 1928.

34 12. Berkat usahanya yang gigih, orang tua asuh itu mampu mengantarkan kedua putranya menjadi cendekiawan dalam bidang bahasa. Kata yang mengalami perluasan makna pada kalimat tersebut adalah…. a. berkat b. usahanya c. putranya d. cendekiawan

35 13.Kalimat yang menggunakan kata bersinestesia adalah …. a. Saya tidak suka minuman yang manis-manis. b. Bunga mawar itu harum sekali baunya. c. lagu-lagu nostalgia sangat merdu didengar. d. Pamandangan di pantai sedap sekali dipandang.

36 14. Kalimat berikut yang menggunakan kata bersinestesia adalah…. a. Suaranya yang lemah lembut membuat penonton sangat terpukau. b. Sang penyanyi yang kondang itu menyanyikan lagu seriosa. c. Apa yang akan diperbuat, kami tidak dapat mengetahui isi hatinya. d. Setelah memaki-maki anak itu, orang itu menyesali perbuatannya.

37 15. Kata yang perubahan makna peyorasi terdapat dalam kalimat…. a. Sekarang bininya sedang bunting lima bulan. b. Rombongan pemain sudah tiba. c. Saya bisa menyelesaikan pekerjaan itu dengan cepat. d. Ia datang dengan istrinya.

38 16. Pemerintah berusaha keras untuk mengirim pramuwisma terampil ke negara lain. Kata pramuwisma termasuk kata yang mengalami perubahan makna…. a. menyempit b. meluas c. peyorasi d. ameliorasi

39 17. Bonar salah seorang buronan yang sering keluar masuk penjara. Semenjak Bonar diamankan oleh petugas yang berwajib, desa ini terasa tenteram. Gerombolan pengacau tidak berani bereaksi. Penduduk desa baik tua, muda, laki-laki maupun perempuan sekarang bisa bernapas lega. Kata yang mengalami gejala ameliorasi terdapat pada kalimat…. a. pertamab. kedua c. ketigad. keempat

40 18.Kata yang mengalami penyempitan makna terdapat pada kalimat…. a. Bapak Kasdi menjadi anggota Koperasi Unit desa Sukamaju. b. Adik sedang belajar mengaji di madrasah. c. Apabila menemukan kesulitan, Saudara dapat menemui saya. d. Berlayar ke Eropa memerlukan waktu yang lama.

41 19. Kata yang mengalami perubahan makna peyorasi terdapat pada kalimat…. a. Laki bini itu setelah merantau kehidupannya membaik. b. Adi terpilih menjadi ketua OSIS di sekolah yang terkenal. c. Kita tidak boleh melupakan jasa para pejuang kita terdahulu. d. Sebagai pendidik ia berusaha meningkatkan SDM yang kreatif.


Download ppt "Faktor penyebab perubahan makna kata : 1.Ilmu dan teknologi 2.Sosial dan budaya 3.Perbedaan bidang pemakaian 4.Adanya asosiasi 5.Pertukaran tanggapan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google