Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGENDALIAN HAMA TANAMAN HAMA – HAMA DI SEKITAR FAKULTAS PERTANIAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGENDALIAN HAMA TANAMAN HAMA – HAMA DI SEKITAR FAKULTAS PERTANIAN."— Transcript presentasi:

1 PENGENDALIAN HAMA TANAMAN HAMA – HAMA DI SEKITAR FAKULTAS PERTANIAN

2 Phyiiocnistis citrella Si. Serangga hama ini dikenal dengan pengorok daun jeruk atau citrus leafminer, termasuk ordo Lepidoptera, famili Gracillariidae. Serangan hama ini menyebabkan kerusakan pada daun yang masih muda dengan meninggalkan bekas seperti alur berkelok-kelok transparan. Daun menjadi keriput dan sering bergulung memanjang, dan serangan berat, daun menjadi kering dan kemudian gugur. Pengendalian :  Konservasi parasitoid larva seperti Aegeniaspis sp., Cirospelus sp., dan Trichogramma sp., dengan memberikan naungan dan menjaga kesejukkan lingkungan  Pemetikan daun yang terserang apabila serangannya belum tinggi dan terus di bakar  Penyemprotan dimetoat ((Perfektion 400 EC), diazinon (Basudin 60 EC), karbaril (Sevin 85 EC)

3 Aleurocanthus spiniferus Quaint Serangga hama ini dengan kebul putih jeruk atau spined whitefly termasuk ordo Homoptera famili Aleyrodidae. Serangan hama ini menyebabkan daun sering bergulung memanjang, dan serangan berat, daun menjadi kering dan kemudian gugur. Pengendalian :  Konservasi parasitoid arva seperti Aegeniaspis sp.,Cirospeus sp., dan Trichogramrna sp., dengan mernberikan naungan dan menjaga kesejukkan lingkungan  Pemetikan daun yang terserang apabila serangannya belum tinggi dan terus dibakar  Penyemprotan dimetoat (Perfektion 400 EC), diazinon (Basudin 60 EC), karbaril (Sevin 85 EC) terutama pada scat tanaman mulai bertunas.

4 Planococcus citri Risso Kutu dompolan atau Citrus anealy bug, termasuk ordo homoptera, famili Pseudococeidae. Kutu dompolan menyerang tangkai buah dan meninggalkan bekas berwarna kuning, kemudian kering sehingga banyak buah-buah yang gugur. Pada bagian tanaman yang terserang banyak dipenuhi oleh kutu putih seputih kapas. Pengendalian :  Konservasi musuh alami yang berura predator Scymnus sp., Brumus suturallis banyak menekan populasi kutu ini.  Penyemprotan insektisida malation (Gisanthion 50 WP), karbaril (Sevin 85 S) pada bagian tanarllan yang terkena kutu itu.

5 Toxoptera aurantii Kutu daun hitam (Toxoptera aurantii) termasuk Ordo : Homoptera, Famili : Aphididae. Gejala serangan dijumpai adanya embun madu yang dihasilkan kutu melapisi permukaan daun dan dapat meransang peretumbuhan jamur (embun jelaga), disamping itu kutu juga mengeluarkan toksin melalui salivanya sehingga menimbulkan gejala kerdil, deformasi dan terbentuk puru pada helaian daun. Pengendalian :  Oleh predator-predator dari famili Syrphidae, Coccinellidae, Chrysopidae.  Secara kimiawi, dengan menggunakan insektisida berbahan aktif Dimathoate, Alfametrin, Abamectin dan Sipermetrin secara penyemprotan pada tunas-tunas yang terserang.

6 Unaspis citri Comst Serangga hama ini dikenal dengan kuta perisai putih atau white citrus scale termasuk ordo Homoptera famili Diaspididae. Gejala serangannya daun yang terserang kola ini akan tampak bening dan daun daun mudah gugur demikian pula pada ranting much terlihat kuning pucat. Pengendalian :  Penyemprotan insektisida ((Perfektion 400 EC), diazinon (Basudin 60 E), karbaril (Sevin 85 EC) terutama pada tanaman yang masih muda.

7 Rhynchoris poseido Kirk Kepik buah jeruk dikenal dengan spined fruit bug termasuk ordo Hemiptera, famili Pentatomidae. Nimfa menghisap cairan jeruk sehingga kulit buah jeruk terlihat bercak merah pucat ditempat kepik itu mengisap cairan makanannya. Daging buah menjadi pahit rasanya. Pada buah yang masih muda sering gugur sebelum dipetik. Pada buah yang terserang kepik ini terlihat adanya bercak-bercak berwarna pucat. Pengendalian :  Penangkapan kepik-kepik dewasa dan memusnahkannya.  Penyernprotan insektisida ((Perfektic'n 400 EC), diazinon (Basudin 60 EC), karbaril (Sevin 85 EC) waktu tanaman jeruk mulai berbuah

8 Agrius convoluredi L. Serangga hama ini dikenal dengan ulat tanduk, termasuk ordo Lepidoptera, famili Sphingidae. Ulat tanduk ini memakan daun ubi jalan sehingga daun tampang rawing. Fotosintesa akan terganggu yang berakibat ubinya kecil- kecil dan waktu panen agak terhambat. Pengendalian :  Memangkas ngengat dengan lampu perangkap.  Konservasi musuh alaminya berupa parasitoid telur Trichogrumma minuturn Ril dan parasitoid larva Zygobothria ciliata.  Penyemprotan insecticide diazinon dengan membalikkan daun ubi jalar lebih dahulu.

9 Dacus dorsalis Hend Lalat buah jeruk ini dikenal dengan oriental fruit fly, termasuk ordo Diptera, famili Tephrididae. Lalat buah menyerang buah cabai yang hampir masak, menyebabkan buah menjadi busuk dan biasanya terdapat lubang kecil dibagian tengahnya kemudian buah gugur. Apabila dibelah, pada daging buah terdapat belatung. Pengendalian :  Pembungkusan buah dengan kantung pembungkus dari plastik.  Penggunaan methyl eugenol.

10 Leptocorisa Acuta Thunberg Serangga hama ini dikenal dengan walang sangit dari ordo Hemiptera, Famili Alydidae. Gejala Serangan dan Kerusakan yang ditimbulkan nimfa dan imago mengisap bulir padi pada fase masak susu, selain itu dapat juga mengisap cairan batang padi. Malai yang diisap menjadi hampa dan berwarna coklat kehitaman. Pengendalian :  Penanaman serempak pada suatu daerah yang luas.  Menggunakan perangkap lalu dibakar.  Secara kimiawi dilakukan dengan menggunakan insektisida.

11 SEKIAN TERIMA KASIH


Download ppt "PENGENDALIAN HAMA TANAMAN HAMA – HAMA DI SEKITAR FAKULTAS PERTANIAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google