Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Qasim Mathar. - A- A- A- AGAMA LANGIT (SAMAWI) - AGAMA BUMI (ARDHI) Pembagian yang keliru ! KOREKSI terhadap ILMU PERBANDINGAN AGAMA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Qasim Mathar. - A- A- A- AGAMA LANGIT (SAMAWI) - AGAMA BUMI (ARDHI) Pembagian yang keliru ! KOREKSI terhadap ILMU PERBANDINGAN AGAMA."— Transcript presentasi:

1 Qasim Mathar

2

3 - A- A- A- AGAMA LANGIT (SAMAWI) - AGAMA BUMI (ARDHI) Pembagian yang keliru ! KOREKSI terhadap ILMU PERBANDINGAN AGAMA

4 Model Rukun Iman Rukun Iman Mu’tazilah (at-Tauhid, al—Adl, al-Wa’d wa al-Waid, al- M Manzilah bayn al-Manzilatain, al-Amr bi al-Ma’ruf wa al-Nahy an al-Munkar) Rukun Iman Sunni (al-iman bi Allah, wa Malaikatih, wa Kutubuh, wa Rusulih, w wa al-Yaum al-Akhirah, wa al-Qadr) Rukun Iman Syiah (al-Tauhid, al-Adl, an-Nubuwwah, al-Bi’tsah, al-Amr bi al- M Ma’ruf wa al-Nahy an al-Munkar) Rukun Iman Ahmadiyah ( Sunni + Mirxa Ghulam Ahmad al-Masih al- aw’ud) RUKUN IMAN VERSI 2 plus (Iman kepada Allah dan Akhirat plus a amal kebajikan)

5 DALAM HAL PALING PRINSIPILPUN UMAT ISLAM BERBEDA-BEDA/BERMACAM- MACAM DALAM HAL PALING PRINSIPILPUN UMAT ISLAM BERBEDA-BEDA/BERMACAM- MACAM KEANEKARAGAMAN AQIDAH TERSEBUT ADALAH KENYATAAN UMAT ISLAM KEANEKARAGAMAN AQIDAH TERSEBUT ADALAH KENYATAAN UMAT ISLAM TENTU, DALAM HAL-HAL YANG TIDAK PRINSIPIL, KEANEKARAGAMAN KEISLAMAN UMAT SEMAKIN BERCORAK-CORAK WARNANYA TENTU, DALAM HAL-HAL YANG TIDAK PRINSIPIL, KEANEKARAGAMAN KEISLAMAN UMAT SEMAKIN BERCORAK-CORAK WARNANYA

6 Persepsi Umum - BARAT itu Kristen - TIMUR itu Islam Seharusnya : Barat ada yang KRISTEN, MUSLIM, YAHUDI & berbagai ISME serta TRADISI lainnya Timur ada yang ISLAM, KRISTEN, YAHUDI & berbagai AGAMA BESAR serta TRADISI lainnya

7 Peta Dunia Islam Sunni Syiah Ahmadiyah bersama ANEKA DUNIA YANG LAIN

8 Pendekatan fikhi sentris digeser ke pendekatan bidang-bidang studi lain serta menggunakan pendekatan yang lebih komprehensif MUI ? “Mendahulukan AKHLAK dari FIKHI” “Mendahulukan AKHLAK dari perbedaan aqidah”

9

10

11

12

13

14

15

16 TABIAT ZAMAN KINI TERCERMIN PADA TABIAT IPTEK: TABIAT ZAMAN KINI TERCERMIN PADA TABIAT IPTEK: Kecepatan Kecepatan Ktepatan Ktepatan Membangun Jaringan Membangun Jaringan

17

18

19 Output Peradaban masa depan = berpijak pada nilai-nilai tidak hanya pada satu agama, melainkan pada konfigurasi nilai dari berbagai agama dan tradisi.

20 Keseimbangan prestasi spiritual dengan fungsi kekhalifahan manusia dibangun dengan tahapan: - Pengembaraan dari diri manusia dan dunianya menuju Allah - Pengembaraan dari diri manusia dan dunianya menuju Allah - Pengembaraan dari sifat Allah menuju hakikat-Nya - Pengembaraan dari sifat Allah menuju hakikat-Nya - Pengembaraan dari Allah menuju diri manusia dan dunianya - Pengembaraan dari Allah menuju diri manusia dan dunianya - Pengembaraan dari manusia kepada manusia dalam wujud persembahan tatanan moral dan spiritual yang “lain” - Pengembaraan dari manusia kepada manusia dalam wujud persembahan tatanan moral dan spiritual yang “lain” (Mulla Sadra) (Mulla Sadra)


Download ppt "Qasim Mathar. - A- A- A- AGAMA LANGIT (SAMAWI) - AGAMA BUMI (ARDHI) Pembagian yang keliru ! KOREKSI terhadap ILMU PERBANDINGAN AGAMA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google