Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Gelombang elektromagnetik (GEM) adalah gelombang yang dipancarkan karena pengaruh perubahan medan magnet menjadi medan listrik dan sebaliknya secara terus.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Gelombang elektromagnetik (GEM) adalah gelombang yang dipancarkan karena pengaruh perubahan medan magnet menjadi medan listrik dan sebaliknya secara terus."— Transcript presentasi:

1

2 Gelombang elektromagnetik (GEM) adalah gelombang yang dipancarkan karena pengaruh perubahan medan magnet menjadi medan listrik dan sebaliknya secara terus menerus. Penemu gelombang elektromagnetik adalah James Clerk Maxwell

3 Maxwell menjelaskan 4 hal penting timbulnya GEM Disekitar muatan timbul medan listrik Disekitar kawat berarus listrik akan timbul medan magnet yang disebut Induksi Magnet Perubahan medan magnet dapat menimbulkan arus listrik Perubahan medan listrik harus menimbulkan medan magnet

4 Gelombang Elektromagnet memiliki spektrum sebagai berikut :

5 GEM diurutkan dari frekuensi terbesar : Sinar – γ, Sinar – X, Ultraiolet, cahaya tampak, infra merah, gelombang mikro, gelombang TV dan radio. GaXUT IMiTeR “Cahaya adalah gelombang yaitu gelombang elektromagnetik”

6 Sifat-sifat GEM Gelombang elektromagnetik tidak membutuhkan medium dalam merambat Gelombang elektromagnetik tidak dibelokkan oleh medan listrik maupun medan magnet Gelombang elektromagnetik termasuk gelombang transversal, sehingga dapat mengalami : pemantulan, pembiasan, interferensi, difraksi dan polarisasi Semua spektrum gelombang elektromagnetik memiliki kecepatan yang sama dan hanya tergantung pada mediumnya

7 Kecepatan rambat gelombang elektromagnetik memenuhi persamaan : Contoh:

8 Aplik asi Gelombang Elektromagnetik: 1.Sinar Gamma (Sinar – γ), frekuensi Hz – Hz sebagai perunut kebocoran pada pipa PDAM sebagai pensterialisasi bahan makanan kaleng 2. Sinar X (Sinar Rontgen), frekuensi Hz – Hz Ditemukan oleh Wilhem Conrad Rontgen sebagai pendeteksi organ-organ tubuh seperti tulang, jantung paru-paru dll.

9 Aplik asi Gelombang Elektromagnetik: 3. Sinar Ultraviolet (Sinar Ultra Ungu), frekuensi Hz – Hz Dampak positif : untuk mengetahui kandungan unsur- unsur suatu bahan Dampak negatif Memperlambat pertumbuhan sel Menyebabkan kanker kulit 4. Cahaya Tampak, frekuensi 3 x Hz – Hz Urutan dari frekuensi terkecil ; merah, jingga, kuning, hijau, biru, nilla dan ungu.

10 Aplik asi Gelombang Elektromagnetik: 5. Sinar Inframerah (Infrared), frekuensi Hz – Hz Dimanfaatkan untuk pemotretan (pencitraan) permukaan bumi dari satelit 6. Gelombang mikro, gelombang radio dan gelombang TV. Gelombang mikro sebagai alat pendeteksi radar, dan sebagai microwave Gelombang radio dan gelombang televisi sebagai alat komunikasi


Download ppt "Gelombang elektromagnetik (GEM) adalah gelombang yang dipancarkan karena pengaruh perubahan medan magnet menjadi medan listrik dan sebaliknya secara terus."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google