Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENCARI MAKNA HIDUP DALAM PEKERJAAN  Hidup Singkat  Sementara  Tak menentu  Terbatas  Menghadapi Tantangan  Penuh Misteri Manusia... Mahluk yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENCARI MAKNA HIDUP DALAM PEKERJAAN  Hidup Singkat  Sementara  Tak menentu  Terbatas  Menghadapi Tantangan  Penuh Misteri Manusia... Mahluk yang."— Transcript presentasi:

1

2 MENCARI MAKNA HIDUP DALAM PEKERJAAN

3  Hidup Singkat  Sementara  Tak menentu  Terbatas  Menghadapi Tantangan  Penuh Misteri Manusia... Mahluk yang lemah Homo Volens Homo Sapiens Homo Mechanicus Homo Ludens Homo Homini socius  Berkeinginan tak terbatas  Mampu Berfikir  Mesin, dapat di-setel  Bermain, dengan peran  Kawan bagi manusia lain Manusia mahluk paling sempurna HAKEKAT MANUSIA

4 DUNIA INI BERUBAH (Manusia juga Berubah)  Mengapa berubah ?  Berubah ke mana ?  Untuk apa berubah ?  Apa yang perlu diubah ?  Siapa yang perlu berubah ?  Bagaimana (cara) berubah ?

5  MENTAL  FISIK  SOSIAL PERKEMBANGAN MANUSIA Konstan/Stabil 30 – 55/60 Progresif 0 – 18/25 Perkembangan meliputi aspek-aspek : Regresif 60/

6 POTENSI DASAR MANUSIA REAKTIF Menolak ADAPTIF Menyesuaikan PROAKTIF ( ?! ) + / - + / - + / +

7 Berubahnya Paradigma Dalam Bekerja (Sebuah Situasi Yang Sangat Berbeda) WORKWORKWORKLEISURE WORK LEISURE LEARNING Magazine Advertisements Scientific Selling New Household Product Duty, Work (No Leisure) Interactive Media Strategies Mind altering Marketing New Business Concept The Learning Society TV Commercial Fantasy Image Mature Markets Lifestyle Leisure

8 1.Kepandaian Membaca & Menulis 2.Perikanan Samudera 3.Tempat Tamasya 4.Pencemaran 5.Inflasi 6.Penyakit karena Lingkungan 7.Kelaparan 8.Perumahan 9.Perubahan Iklim 10.Penggembalaan yang melampaui batas wilayah 22 DIMENSI MASALAH DI MASA DEPAN (“THE TWENTY-TWO DIMENSIONS OF POPULATION PROBLEMS”) Lester R. Brown, et. al 11.Pendapatan 12.Urbanisasi 13.Hidup ber-desak-desakan 14.Penggundulan hutan 15.Sengketa Politik 16.Hasil tambang 17.Pelayanan Kesehatan 18.Air 19.Pengangguran 20.Jenis kehidupan yang terancam 21.Energi 22.Kebebasan perorangan

9 Isi Pendidikan  Spiritual / Moral  Intelektual  Patriotisme Agen Pendidikan  Orang Tua  Sekolah  Lingkungan / Masyarakat Masyarakat  Media Massa Proses Pendidikan  Ethos  Pathos  Logos TujuanPendidikan  Manusia Taqwa  Cerdas (Ahli)  Cinta Tanah Air Profesi / Kondisi Kerja  Dehumanistik  Alienasi  Absentiisme  Kebosanan  Hedonistik  Efisiensi  Birokrasi  Spesialisasi  Depersonafikasi  Managerial KualitasKehidupan SCOPE PENDIDIKAN dalam KEHIDUPAN ( - ) ( - ) ( + ) ( + )

10 PENDIDIKAN SEBAGAI PROSES TRANSFORMASI FTKS TE TNESP PROSES TRANSFORMASI 1.SISTEM NILAI (Value system) 2.KECERDASAN (Intelligence) 3.KEPANDAIAN (Achievement) 4.KETERAMPILAN (Skill) Raw Input (Calon Siswa) Output / Outcome Drop Out Sosbud SosekPolkamSosag Umpan Balik / Feedback Instrumental Input (Manajemen Sekolah) Environmental Input (Lingkungan) SDA

11 PERAN GURU DALAM MENYIAPKAN MASA DEPAN ANAK DIDIK 1. Mendidik Pemberdayaan Anak Didik Watak (Traits, Character) Ilmu & Pengetahuan (Science & Knowledge) Penguasaan Teknis (Technical) Akhlak / Budi Pekerti (Moral / Life Values ) Wawasan (Paradigm) Keterampilan (Skill) 2. Mengajar 3. Melatih

12 DIKOTOMI ? (Ini atau Itu, Dikotomi Manajemen.... .....Kesalah-pahaman Monodualitas, Polaritas, Gestalt ?)

13 Teori X dan Teori Y (Douglas Mc Gregor) 1.Tidak suka bekerja, menghindari pekerjaan. Maka agar bekerja baik harus dipaksa 2.Tidak memiliki ambisi dan tidak suka bertangungjawab. Maka harus dikontrol secara ketat. 3.Lebih mementingkan diri sendiri dan mengangap remeh tujuan organisasi / perusahaan. 4.Cenderung menentang adanya perubahan / inovasi. 5.Mengutamakan keamanan diri dalam bekerja dan selalu mengharapkan penghargaan / uang. Teori X : Manusia pada dasarnya, 1.Suka bekerja seperti halnya ketika bermain / istirahat (tanpa paksaan) 2.Dapat mengatur dan mengendalikan diri dalam mencapai tujuan 3.Mengikat diri pada tujuan dan menyukai penghargaan setelah tujuan / sasaran tercapai 4.Menyukai tanggungjawab dan menerima tanggungjawab dalam kondisi wajar / pantas 5.Memiliki imajinasi, akal dan inisiatif ketika menjumpai hambatan dalam memecahkan problem (tidak mudah menyerah, pantang mengeluh) Teori Y : Manusia pada dasarnya, Bagaimana dengan diri Anda ?!

14 PIKIRAN PERBUATAN KEBIASAAN 1.Keruh 2.Negatif 3.Sempit 4.Dangkal 5.Orientasi Masa Lalu/Kini 6.Pesimistik WATAK 1.Jernih 2.Positif 3.Luas 4.Mendalam 5.Orientasi Masa Depan 6.Optimistik Isi, arah dan sifat pikiran: Perbuatan Kebiasaan Watak, Karakter, Traits NASIB (bukan takdir) PIKIRAN SEBAGAI SUMBER Potensi Negatif Potensi Positif

15 EMOSI DASAR MANUSIA SenangEuforia SusahSedih MarahDestruktif Berani Takut Phobia Sayang Cinta Buta “Personal Awareness : A Psychology of Adjusment” (Richard G. Warga) *)

16 Curiousity (rasa ingin tahu) Keterbukaan, memberikan koreksi Menerima tanggung jawab Keyakinan, Kepercayaan diri Kreativitas Menyalahkan orang lain Iri, Cemburu, Curiga Tak Percaya Menyesali Diri Tersiksa, mengeluh Mengembang (potensial bahagia) Menyempit (potensial menderita batin) Merasa larut (enjoy) Gairah, Semangat Kasih sayang (bahagia) Marah Kebencian, Kedengkian Marah yang meledak (menderita) AntusiasmeFrustasi SPEKTRUM EMOSI

17 1.Pemarah Mengeluh; Sulit mencapai posisi puncak; Menyebalkan 2.Pemalu Takut dan malu; Tak suka menghadap atasan; senang tak dikenal; Rendah diri 3.Bebal Kurang mampu menyesuaikan diri; Keputusannya egosentris 4.Lemah Fisik Daya tahan fisik lemah 5.Lamban Bekerja a la kadarnya, lamban dan tak pernah menolong orang lain; Berlama-lama di kantor / tempat kerja,seolah-olah dia sibuk Tujuh Macam Watak / Karakter (1)

18 Tujuh Macam Watak / Karakter (2) 6. Periang Optimis dan tahu kemampuan orang lain yang bekerja sama dengannya; Rasa humor tinggi Dapat membuat bingung / kesal orang yang tidak mampu berpikir positif Memotivasi orang lain untuk berhasil karena sikapnya yang meyakinkan 7. Penolong Dibutuhkan banyak orang Mampu mengerjakan tugas-tugasnya dengan baik tanpa kesulitan yang berarti Selalu punya waktu untuk menolong dengan kerelaan Menghendaki hal yang terbaik dari dirinya maupun orang lain Catatan: watak pemarah, pemalu, bebal, lemah fisik dan lamban dapat diperbaiki : Cari dan temukan orang-orang periang dan penolong dalam organisasi Anda. Tirulah pendekatan yang mereka pakai dalam berinteraksi

19 UNSUR-UNSUR SDM DALAM ORGANISASI Penjaga “Nilai-nilai dan Ideologi”  ideolog 2.Kreator Perubahan  inovator 3.Penjaga Kemapanan  pelaksana administrasi 4.Penyedia Sumber Daya  teknolog Pengikat kesatuan & synergy Tarikan Lingkungan Tarikan Lingkungan Problematik : 1. “Pengikat” kesatuan dan synergy? 2. Seberapa kekuatan “pengikat” tersebut dibandingkan dengan kekuatan tarikan pengaruh lingkungan 3. Sifat-sifat lingkungan : - selalu berubah, kadang-kadang terlalu cepat dan variatif - mempengaruhi individu pada semua strata 4. ikap individu terhadap lingkungan : Akomodatif -Isolatif Reaktif -Inovatif

20 POTENSI & PRESTASI SDM PRESTASI POTENSI Rekomendasi: Deadwood Trouble Maker Cow Star Tinggi Tinggi Rendah COW STAR DEADWOOD TROUBLE MAKER Termination Rotation Development Promotion

21 Pentingnya Karakter / Watak Tanpa Karakter 1.Melakukan yang Termudah 2.Dikuasai Emosi 3.Mencari Alasan 4.Mendapat Tantangan lantas Berhenti 5.Tergantung Motivasi Eksternal 6.Tidak ada Kesesuaian antara Kata dan Tindakan Punya Karakter 1.Melakukan yang Benar 2.Dikuasai Nilai 3.Mencari Solusi 4.Mendapat Tantangan tetap Bertahan 5.Tergantung Motivasi Internal 6.Ada Kesesuaian antara Kata dan Tindakan Robert A. Cook

22 TERBUKA (OPEN AREA) BUTA (BLIND AREA) TERSEMBUNYI (HIDDEN AREA) TIDAK DIKENAL (UNKNOWN AREA) SAYA TAHUTIDAK TAHU TAHU ORANG LAIN PUBLIK PRIVAT Makin luas “DIRI PUBLIK”, pribadi makin “TERBUKA” KOMUNIKASI INTERPERSONAL LEBIH EFEKTIF JOHARIWINDOW

23 ARENA (OPEN AREA) BUTA (BLIND AREA) TERTUTUP/ RAHASIA (HIDDEN AREA) MISTERI (UNKNOWN AREA) III IIIIV III IIIIV III IIIIV SAYA TAHUTIDAK TAHU ORANG LAIN TAHU TIDAK TAHU JENDELAJOHARI PENGUNGKAPAN DIRI MENDAPATKAN UMPAN BALIK PENGUNGKAPAN DIRI DAN MENDAPATKAN UMPAN BALIK

24 S – eimbang Gizi 1.Mental : a.Spiritual b.Psikologis : i.Pikiran (Cognitive)  Cipta ii.Emosi (Affective)  Rasa iii.Kemauan(Psychomotr)  Karsa 2.Fisik - Pola makan, Olahraga dan Istirahat 3.Sosial- Komunikasi dan Interaksi Sosial E – nyahkan kebiasaan buruk: Mental; Fisik & Sosial H – indarkan / Kendalikan: Frustasi; Konflik; Stress A – wasi aspek yg rawan: Mental; Fisik & Sosial T – eratur latihan: 1.Olah Pikir 2.Olah Raga 3.Olah Rasa S E H A T = ? Darohim Effendi, Konsultan SDM

25 10 KUNCI SUKSES 1. Motivasi - hidup - dari diri sendiri (internal) 2. Energi - pikiran - jasmani - emosional 3. Pengetahuan 4. Imajinasi(keiinginan, mimpi2, hasrat, dsb) 5. Tindakan (tidak suka menunda, segera, tepat) 6. Optimisme (keyakinan akan keberhasilan) 7. Keteguhan (mantap dalam pendirian) 8. Fleksibilitas (luwes dalam bersikap, tidak kaku) 9. Sabar (ikuti proses yang wajar, cepat tapi tidak tergesa) 10. Disiplin (tertib, cermat, teliti) Darohim Effendi, Konsultan SDM

26 Pemasukan Asset Liabilitas Pengeluaran Manajemen Finansial Pola “Orang Miskin” Rp Darohim Effendi, Konsultan SDM

27 Manajemen Finansial Pola “Orang Kaya” Pemasukan Pengeluaran Asset Liabilitas Rp Darohim Effendi, Konsultan SDM

28 Pemasukan Pengeluaran Liabilitas Aset Pekerjaan Pemasukan * Gaji Pengeluaran Pajak Pengeluaran tetap Makan-minum Pakaian Hiburan Liabilitas Pinjaman tetap Konsumen Kartu Kredit Aset Aliran Dana Aliran Dana Pola“Orang Miskin” Darohim Effendi, Konsultan SDM

29 Aliran Dana Pola “Orang Kaya” Pemasukan Pengeluaran Aset Pemasukan Dividen Bunga Pemasukan dari sewa Royalti Pengeluaran Aset Saham Surat Obligasi / Deposito Real Estate / Properti Hak Cipta Liabilitas Darohim Effendi, Konsultan SDM

30 Bahagia Hidup & Bahagia Bekerja Survey membuktikan…. Orang bahagia lebih sehat dan lebih panjang umur, lebih dapat menahan stress atau frustrasi, lebih tahan kritik dan lebih dekat kepada Tuhan (Dennis Praeger, Happiness is a Serious Problem) “ Orang bahagia lebih antusias, lebih energik, lebih excited dengan pekerjaannya… cenderung menunjukkan kepuasan kerja lebih tinggi” “Karyawan yang bahagia lebih ‘gaul (sociable), lebih membantu, lebih dermawan, lebih empatik, tidak kasar dan lebih mampu mengingat informasi positif “ (Warr, 1999)

31 KEBAHAGIAAN ADALAH PILIHAN (Bersyukur atau Kufur) Ketika ditimpa musibah, Anda memilih : Bahagia Menderita Ketika mendapat keberuntungan, Anda memilih : Bahagia Menderita

32 Stressor Fisikal Stressor Emosional Stressor Sosial Stress Stabil Sehat kembali Distres s INDIVIDU Tahan Stress AKIBAT DARI MENTALITAS KACAU Depres i 9 jalur Penyakit Psikosomatik

33 Akibat Depresi Terhadap Kehidupan Pribadi (Subjective Effects) Anxiety (cemas) Aggression (menyerang) Apathy (mati rasa atau malas) Boredom (cepat bosan) Low self-esteem (rendah diri) Fatigue (lelah) Frustration (merasa kandas) Guilty (merasa bersalah) Shame (merasa malu) Iritability(lekas marah) Bad temper (cepat panas) Moodiness (murung) Threat (menggertak, mengancam) Depression (muram) Tention (tegang) Nervousness (gugup) Loneliness (merasa sunyi/melamun)

34 PENYAKIT PSIKOSOMATIK Gatal-gatal Eksim, Dermatitis Nervosa, Rheumatoid arthritis, Backache, Muscle tention headache Bronchial ashma, TBC, Common cold Hypertention, Migraine Peptic ulcer, Ulcerative colitis, lain-lain Gastro-intestinal disorder General fatigue, Epileptic seizure, Change in eyes, Change in ears, Menstrual disturbance, False pregnancy, Sexual impotence, Difficulties in urination Obesity, Diabetes, Hyper- thyreoidism 1.Sistem 1.Sistem Perkulitan 2.Sistem 2.Sistem Otot & Pertulangan 3.Sistem 3.Sistem Pernafasan 4.Sistem 4.Sistem Peredaran Darah 5.Sistem 5.Sistem Pencernaan 6.Sistem 6.Sistem Syaraf 7.Sistem 7.Sistem Indera 8.Sistem 8.Sistem Alat Kelamin 9.Sistem 9.Sistem Kelenjar

35 MENJADIKAN KERJA SEBAGAI WAHANA UNTUK :  Berkarya  Belajar  Bersilaturrahim  Beramal  Beribadah 5B

36 Alhamdulillah, terima kasih dan semoga sukses...


Download ppt "MENCARI MAKNA HIDUP DALAM PEKERJAAN  Hidup Singkat  Sementara  Tak menentu  Terbatas  Menghadapi Tantangan  Penuh Misteri Manusia... Mahluk yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google