Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ASPEK-ASPEK GEOGRAFI TRANSPORTASI ASPEK-ASPEK DALAM GEOGRAFI TRANSPORTASI Transportasi merupakan sarana yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ASPEK-ASPEK GEOGRAFI TRANSPORTASI ASPEK-ASPEK DALAM GEOGRAFI TRANSPORTASI Transportasi merupakan sarana yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan."— Transcript presentasi:

1

2 ASPEK-ASPEK GEOGRAFI TRANSPORTASI

3 ASPEK-ASPEK DALAM GEOGRAFI TRANSPORTASI Transportasi merupakan sarana yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan pembangunan.

4 ASPEK-ASPEK DALAM GEOGRAFI TRANSPORTASI Dalam proses pembangunan, transportasi memegang peranan penting karena komunikasi tidak dapat dilakukan tanpa adanya hubungan yang baik dalam wilayah.

5 ASPEK-ASPEK DALAM GEOGRAFI TRANSPORTASI Lalu lintas ekonomi dan lalu lintas sosial sangat berpengaruh pada kerapatan lalu lintas (kota dengan jaringan lalu lintas yang rapat akan berkembang pesat).

6 ASPEK-ASPEK DALAM GEOGRAFI TRANSPORTASI Transportasi menghilangkan isolasi dan dapat memberikan stimulan ke arah perkembangan perdagangan, industri, dan sebagainya. Transportasi menghilangkan isolasi dan dapat memberikan stimulan ke arah perkembangan perdagangan, industri, dan sebagainya.

7 Pasar tradisional yang memanfaatkan transportasi air di Thailand

8 Sepeda masih merupakan sarana transportasi untuk mengangkut barang yang diandalkan di Sri Langka

9 Salah satu jenis transportasi air di negara maju

10 ASPEK-ASPEK DALAM GEOGRAFI TRANSPORTASI  Permasalahan utama transportasi kota adalah tidak seimbangnya demand dan supply.

11 TINGGINYA DEMAND KARENA : Pertambahan penduduk Pemekaran area perkotaan Peningkatan taraf hidup Pertumbuhan kegiatan perdagangan dan industri.

12 ASPEK-ASPEK DALAM GEOGRAFI TRANSPORTASI  Akibat kesenjangan demand dan supply : kemacetan lalu lintas, keterbatasan angkutan umum, kurangnya tempat parkir, dan sebagainya. Image courtesy by: multiply.com

13 ASPEK-ASPEK DALAM GEOGRAFI TRANSPORTASI Meningkatnya aktivitas penduduk mengakibatkan aliran barang dan manusia antar tempat. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya saling ketergantungan sumberdaya antar tempat sehingga akan terjadi proses interaksi. Meningkatnya aktivitas penduduk mengakibatkan aliran barang dan manusia antar tempat. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya saling ketergantungan sumberdaya antar tempat sehingga akan terjadi proses interaksi.

14 ASPEK-ASPEK DALAM GEOGRAFI TRANSPORTASI Interaksi antar wilayah tercermin pada fasilitas transportasi. Transportasi merupakan tolok ukur interaksi antar wilayah. Image courtesy by: 4.bp.blogspot.com

15 ASPEK-ASPEK DALAM GEOGRAFI TRANSPORTASI Transportasi sebagai salah satu sarana kota untuk berkomunikasi dan berhubungan, timbul karena adanya perbedaan ruang dan waktu. Transportasi sebagai salah satu sarana kota untuk berkomunikasi dan berhubungan, timbul karena adanya perbedaan ruang dan waktu.

16 ASPEK-ASPEK DALAM GEOGRAFI TRANSPORTASI Transportasi kota bukan sekedar mewadahi dan menyalurkan gerak penduduk dan barang semata-mata, tetapi juga menyangkut organisasi spasial dari segenap kegiatan masyarakat kota.

17 ASPEK-ASPEK DALAM GEOGRAFI TRANSPORTASI Tata guna lahan perkotaan yang semrawut dengan pola pembangunan yang tidak teratur merupakan penyebab kekacauan sistem transportasi. Image courtesy by: files.wordpress.com

18 ASPEK-ASPEK DALAM GEOGRAFI TRANSPORTASI Kota dengan perkembangan fisisk yang tidak seimbang dengan perkembangan sosial ekonomi akan menimbulkan masalah transportasi kota.

19 ASPEK-ASPEK DALAM GEOGRAFI TRANSPORTASI Dalam memenuhi kebutuhan hidup, perlu adanya arus barang dan mobilitas penduduk sehingga diperlukan pelayanan transportasi. Dalam memenuhi kebutuhan hidup, perlu adanya arus barang dan mobilitas penduduk sehingga diperlukan pelayanan transportasi.

20 ASPEK-ASPEK DALAM GEOGRAFI TRANSPORTASI Di pusat kota terbentuk simpul-simpul jasa distribusi. Ini merupakan pusat kegiatan distribusi dan merupakan titik tumpu bagi tumbuh dan berkembangnya kota menurut konsiderasi ekonomi Image courtesy by: 1.bp.blogspot.com

21 ASPEK-ASPEK DALAM GEOGRAFI TRANSPORTASI Hirarki susunan simpul-simpul kota adalah simpul orde ke satu, simpul orde ke dua, dan seterusnya.

22 ASPEK-ASPEK DALAM GEOGRAFI TRANSPORTASI Apabila suatu kota dapat menjalankan fungsinya sebagai simpul jasa distribusi dengan baik, maka akan mengalami perklembangan pada dirinya dan membawa perkembangan pada kota yang berada dalam sub ordinasinya.

23 ASPEK-ASPEK DALAM GEOGRAFI TRANSPORTASI Apabila fungsi kota terhambat maka masyarakat yang seharusnya memperoleh pelayanan akan lari ke kota sehingga menimbulkan proses in migration yang berlebihan (Abukasan dan Yan Delima, 1974). Image courtesy by: 4.bp.blogspot.com

24


Download ppt "ASPEK-ASPEK GEOGRAFI TRANSPORTASI ASPEK-ASPEK DALAM GEOGRAFI TRANSPORTASI Transportasi merupakan sarana yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google