Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengertian dan objek telaah FILSAFAT ILMU Filsafat dab ilmu adalah dua kata yang saling terkait baik secara substansial maupun secara historis,karna ilmu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengertian dan objek telaah FILSAFAT ILMU Filsafat dab ilmu adalah dua kata yang saling terkait baik secara substansial maupun secara historis,karna ilmu."— Transcript presentasi:

1 Pengertian dan objek telaah FILSAFAT ILMU Filsafat dab ilmu adalah dua kata yang saling terkait baik secara substansial maupun secara historis,karna ilmu itu tidat dapat dipisahkan dari peranan filsafat dan sebaliknya perkembangan ilmu memperkuat keberadaan filsafat.

2 ARTI ETIMOLOGI Filsafat dalam bahasa arab falsafah,bahasa inggris philosophy adalah berasal dari bahasa yunani philosopia philos artinya suka atau cinta atau kecendrungan pada sesuatu sedangkan sophia artinya kebijaksanaan jadi filsafat dapat di artikan cinta atau kecendrungan pada kebijaksanaan. Filsafat dalam bahasa arab falsafah,bahasa inggris philosophy adalah berasal dari bahasa yunani philosopia philos artinya suka atau cinta atau kecendrungan pada sesuatu sedangkan sophia artinya kebijaksanaan jadi filsafat dapat di artikan cinta atau kecendrungan pada kebijaksanaan.

3 ARTI TERMINOLOGI MENURUT PARA AHLI: MENURUT PARA AHLI: PLATO FILSAFAT ADALAH PENEGETAHUAAN YANG BERMINAT MENCAPAI PENGETAHUAN YANG ASLI PLATO FILSAFAT ADALAH PENEGETAHUAAN YANG BERMINAT MENCAPAI PENGETAHUAN YANG ASLI AL-FARABI FILSAFAT ADALAH ILMU MENYELIDIDKI HAKEKAT YANG SEBENARNYA DARI SEGALA YANG ADA AL-FARABI FILSAFAT ADALAH ILMU MENYELIDIDKI HAKEKAT YANG SEBENARNYA DARI SEGALA YANG ADA DESKRATES MENGATAKAN BAHWA FILSAFAT MERUPAKAN KUMPULAN SEGALA PENGETAHUAAN,DIMANA TUHAN,ALAM DAN MANUSIA MENJADI POKOK PENYELIDIKAN DESKRATES MENGATAKAN BAHWA FILSAFAT MERUPAKAN KUMPULAN SEGALA PENGETAHUAAN,DIMANA TUHAN,ALAM DAN MANUSIA MENJADI POKOK PENYELIDIKAN DALAM PANDANGAN GAZALBA FILSAFAT BERFIKIR SECARA MENDALAM.SISTIMATIK,RADIKAL DAN UNIVERSAL DALAM RANGKA MENCARI KEBENARAN INTI ATAU HAKEKAT SEGALA SESUATU YANG ADA DARI PENGERTIAN DIATAS DAPAN DIAMBIL SUATU KESIMPULAN BAHWA FILSAFAT ADALAH ILMU PENGETAHUAN YANG MENYELIDIKI SEGALA SESUATU YANG ADA SECARA MENDALAM DENGAN MENGGUNAKAM AKAL ATAU RASIO. DALAM PANDANGAN GAZALBA FILSAFAT BERFIKIR SECARA MENDALAM.SISTIMATIK,RADIKAL DAN UNIVERSAL DALAM RANGKA MENCARI KEBENARAN INTI ATAU HAKEKAT SEGALA SESUATU YANG ADA DARI PENGERTIAN DIATAS DAPAN DIAMBIL SUATU KESIMPULAN BAHWA FILSAFAT ADALAH ILMU PENGETAHUAN YANG MENYELIDIKI SEGALA SESUATU YANG ADA SECARA MENDALAM DENGAN MENGGUNAKAM AKAL ATAU RASIO. Fisafat ilmu adalah merupakan kajian secara mendalam tentang dasar ilmu,sehingga ilmu itu sendiri yang menjawab persoalan persoalan Fisafat ilmu adalah merupakan kajian secara mendalam tentang dasar ilmu,sehingga ilmu itu sendiri yang menjawab persoalan persoalan The ling mendifinisikan fillsafat ilmu segenap pemikiran reflektif mengenai persoalan segala hal yang menyangkut landasan ilmu dan hubungan ilmu dengan segala segi dari kehidupan manusia. The ling mendifinisikan fillsafat ilmu segenap pemikiran reflektif mengenai persoalan segala hal yang menyangkut landasan ilmu dan hubungan ilmu dengan segala segi dari kehidupan manusia.

4 OBYEK FILSAFAT ILMU Filsafat ilmu sebagaimana halnya dengan bidang ilmu yang lain mempunyai obyek matrial dan obyek formal sendiri Filsafat ilmu sebagaimana halnya dengan bidang ilmu yang lain mempunyai obyek matrial dan obyek formal sendiri

5 Obyek matrial filsafat ilmu Obyek matrial adalah obyek yang dijadikan sasaran penyelidikan oleh suatu ilmu.obyek matrial filsafat ilmu adalah ilmu pengetahuan itu sendiri,yaitu ilmu pengetahuan yang disusun secara sistimatis dengen metode ilmia tertemtu,sehingga dapat dipertanggung tawabkan kebenarannya secara umum. Obyek matrial adalah obyek yang dijadikan sasaran penyelidikan oleh suatu ilmu.obyek matrial filsafat ilmu adalah ilmu pengetahuan itu sendiri,yaitu ilmu pengetahuan yang disusun secara sistimatis dengen metode ilmia tertemtu,sehingga dapat dipertanggung tawabkan kebenarannya secara umum.

6 0byek formal filsafat ilmu Obyek formal filsafat ilmu adalah hakekat ilmu pengetahuan.artinya filsafat ilmu itu lebih menaruh perhatian terhadap problem mendasar ilmu pengetahuan,misalanya seperti apa hakekat ilmu itu sesunggunya ? Bagaimana cara memperoleh kebenaran ilmia ? Apa fungsi ilmu pengetahuan bagi manusia ? Problem inilahyang di bicarakan dalam landasan pengembangan ilmu pengetahuan,yaltu landasan ontologis,epistemologis dan aksiologis. Obyek formal filsafat ilmu adalah hakekat ilmu pengetahuan.artinya filsafat ilmu itu lebih menaruh perhatian terhadap problem mendasar ilmu pengetahuan,misalanya seperti apa hakekat ilmu itu sesunggunya ? Bagaimana cara memperoleh kebenaran ilmia ? Apa fungsi ilmu pengetahuan bagi manusia ? Problem inilahyang di bicarakan dalam landasan pengembangan ilmu pengetahuan,yaltu landasan ontologis,epistemologis dan aksiologis.


Download ppt "Pengertian dan objek telaah FILSAFAT ILMU Filsafat dab ilmu adalah dua kata yang saling terkait baik secara substansial maupun secara historis,karna ilmu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google