Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pendahuluan By : Danang Santoso / D411 07 130. The role of UNIX in the development of the Internet Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pendahuluan By : Danang Santoso / D411 07 130. The role of UNIX in the development of the Internet Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer."— Transcript presentasi:

1 Pendahuluan By : Danang Santoso / D

2 The role of UNIX in the development of the Internet Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph AT&T, General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA), UNIX didesain sebagai Sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user.

3 Local Area Networks (LANs)

4 Local Area Network atau biasa disebut LAN, merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN sering kali digunakan untuk menghubungkan komputer- komputer pribadi dengan workstation dalam kantor perusahaan atau pabrik-pabrik untuk saling bertukar data dan menggunakan bersama resource (misalnya: printer)

5 LAN servers, bridges, gateways and routers LAN servers : adalah sebuah perangkat komputer yang menjadi administrator dalam rangkaian LAN. LAN server berfungsi sebagai induk utama dalam LAN ini. Untuk bridges, gateways, dan routers ini hanyalah hardware pendukung dalam LAN. Untuk bridge ini berfungsi menghubungkan LAN yang satu dengan LAN yang lainnya. Gateways adalah sebuah PC dengan software untuk menghubungkan LAN dengan mainframe computer network. Router adalah elemen switching pada LAN.

6 LAN servers, bridges, gateways and routers

7 Mengapa IP unggul sebagai standar untuk komunikasi 'terbuka'? IP atau Internet Protocol dijadikan standar untuk open communication alasannya adalah karena IP ini dapat dipercaya sebagai sarana pentransmisian data menuju ke destination atau tujuan data tersebut.

8 Electronic mail and the domain name system (DNS) Bentuk paling awal surat elektronik ( ) muncul sekitar tahun Pada 1972, tersedia pada ARPANET. Tetapi bentuk-bentuk awal dibatasi untuk pesan teks sederhana antara pengguna terminal yang berbeda dari mainframe yang sama dan jaringan yang terkait data. Tidak sampai akhir 1980-an dan 1990-an awal bahwa mulai lepas landas sebagai sarana utama antar-perusahaan dan akhirnya, komunikasi pribadi. Perkembangan penting terjadi di pertengahan 1980-an dengan pengembangan sistem nama domain (DNS) dan SMTP (mail transfer protocol sederhana).

9 Electronic mail and the domain name system (DNS) DNS (Domain Name System, bahasa Indonesia: Sistem Penamaan Domain) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik ( ) untuk setiap domain. DNS menyediakan servis yang cukup penting untuk Internet, bilamana perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat . DNS menghubungkan kebutuhan ini.

10 html, WindowsNT and the Worldwide Web HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web.

11 html, WindowsNT and the Worldwide Web Worldwide Web atau biasa disingkat www. Adalah sebuah dunia dimana orang dapat saling berinteraksi satu dengan yang lainnya walau berada di tempat yang saling berjauhan. Dunia ini memungkinkan pula untuk setiap orang saling bertukar informasi antar sesama manusia. Windows NT merupakan sebuah sistem operasi 32- bit dari Microsoft yang menjadi leluhur sistem operasi Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista.

12 Internet addresses and domain names Untu Internet addresses dan domain names ini sangat erat hubungannya dengan pengalamatan dan identitas di dunia internet. Internet addresses adalah alamat internet sebuah PC, dimana alamat internet ini terdiri dari 4 bagian dimana tiap bagiannya memiliki nilai yang variatif antara Sebagai contoh : Domain names adalah nama dari sebuah site. Sebagai contoh saja

13 What are ISPs (Internet service providers) and IAPs (Internet access providers)? ISPs dan IAPs adalah penyedia jasa internet dimana ISPs dan IAPs ini dimiliki oleh perusahaan telekomunikasi yang ada. Untuk layanan dengan menggunakan ISPs dan IAPs ini dikenakan biaya penggunaan perbulannya.

14 Munculnya eBusiness Dengan the WorldwideWeb (www) dalam keberadaan dan kebanyakan ISP (penyedia layanan Internet) untuk mempromosikannya, penggunaan Internet menggelegar dari tahun Perusahaan mengalihkan perhatian mereka ke bagaimana mereka bisa merampingkan bisnis mereka, atau peluncuran menjadi bentuk baru eBusiness (elektronik bisnis dilakukan melalui Web Worldwide). Cisco, salah satu produsen terkemuka peralatan jaringan internet, mengambil sebagian dari perintah itu melalui web! Sementara itu pemasaran mesin mulai bekerja. Perusahaan mengubah nama mereka untuk dan untuk menggunakan hanya huruf kecil karakter sesuai dengan egeneration tersebut. Pendidikan tubuh diperkenalkan program lewat internet sebagai dasar untuk elearning dan pemerintah diluncurkan ke eGovernment. Dimana akan itu memimpin? Siapa yang tahu?

15 Referensi John Wiley-Data networks IP and the internet Computer Networks 3e, Andrew S.Tanenbaum

16 TERIMA KASIH


Download ppt "Pendahuluan By : Danang Santoso / D411 07 130. The role of UNIX in the development of the Internet Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google