Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KURIKULUM TUGAS OBSERVASI SD SENGGOTAN KELOMPOK 2 Tri Mei Lestari Fikriyani Thoyyibah Aflah Rika Ratih ArumDwi Noviyana Rafiq.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KURIKULUM TUGAS OBSERVASI SD SENGGOTAN KELOMPOK 2 Tri Mei Lestari Fikriyani Thoyyibah Aflah Rika Ratih ArumDwi Noviyana Rafiq."— Transcript presentasi:

1 PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KURIKULUM TUGAS OBSERVASI SD SENGGOTAN KELOMPOK 2 Tri Mei Lestari Fikriyani Thoyyibah Aflah Rika Ratih ArumDwi Noviyana Rafiq Ridho Hadi Setiawan Damhuri Batubara KELOMPOK 2 Tri Mei Lestari Fikriyani Thoyyibah Aflah Rika Ratih ArumDwi Noviyana Rafiq Ridho Hadi Setiawan Damhuri Batubara

2 A. Daftar Mata Pelajaran dan Muatan Lokal Daftar mata pelajaran dan muatan lokal yang ada sudah sesuai dengan standar isi, sbb : I.Mata pelajaran pokok 1) Al-Islam 2) Pendidikan Kewarganegaraan/PKN 3) Bahasa Indonesia 4) Matematika 5) Sains 6) Ilmu Pegetahuan Sosial 7) Seni Budaya Kesenian 8) Pendidikan Jasmani dan Olahraga Daftar mata pelajaran dan muatan lokal yang ada sudah sesuai dengan standar isi, sbb : I.Mata pelajaran pokok 1) Al-Islam 2) Pendidikan Kewarganegaraan/PKN 3) Bahasa Indonesia 4) Matematika 5) Sains 6) Ilmu Pegetahuan Sosial 7) Seni Budaya Kesenian 8) Pendidikan Jasmani dan Olahraga

3 II.Muatan Lokal 1) Batik ( kelas I-VI) 2) Bahasa Jawa ( kelas I-VI) 3) Bahsa Inggris ( kelas IV-VI) IIIPengembangan Diri 1) Bahasa Inggris ( I-III) 2) TPA 3) Komputer 4) Hizbul Wathan 5) Tapak Suci 6) Karawitan II.Muatan Lokal 1) Batik ( kelas I-VI) 2) Bahasa Jawa ( kelas I-VI) 3) Bahsa Inggris ( kelas IV-VI) IIIPengembangan Diri 1) Bahasa Inggris ( I-III) 2) TPA 3) Komputer 4) Hizbul Wathan 5) Tapak Suci 6) Karawitan

4 Pengaturan Beban Belajar 1.Penyelenggaraan program pendidikan dengan menggunakan sstem paket yang dinyatakan dalam satuan jam pelajaran. 2.Satuan jam pembelajaran berlangsung selama 35 menit ( kelas I-VI) 3.Jumlah jam mata pelajaran tatap muka per minggu I = 33 JP IV = 37 JP II = 33 JP V = 37 JP III = 37 JP VI = 37 JP Tambahan waktu 4 jam/minggu dianggap kurang cukup oleh para guru sehingga ditambah menjadi 6 jam/minggu. 1.Penyelenggaraan program pendidikan dengan menggunakan sstem paket yang dinyatakan dalam satuan jam pelajaran. 2.Satuan jam pembelajaran berlangsung selama 35 menit ( kelas I-VI) 3.Jumlah jam mata pelajaran tatap muka per minggu I = 33 JP IV = 37 JP II = 33 JP V = 37 JP III = 37 JP VI = 37 JP Tambahan waktu 4 jam/minggu dianggap kurang cukup oleh para guru sehingga ditambah menjadi 6 jam/minggu.

5  Ketuntasan Belajar SD Muhammadiyah Senggotan menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM) yang dibuat permata pelajaran dengan pedoman rumus umum menggunakan rentang nilai.  Kriteria Kelulusan Peraturan kriteria kelulusan: PP No. 19 tahun 2005, pasa 72 ayat (1)  Ketuntasan Belajar SD Muhammadiyah Senggotan menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM) yang dibuat permata pelajaran dengan pedoman rumus umum menggunakan rentang nilai.  Kriteria Kelulusan Peraturan kriteria kelulusan: PP No. 19 tahun 2005, pasa 72 ayat (1)

6 Program Muatan Lokal Muatan lokal Batik dan B. Jawa didasarkan pada kekhasan dan kebijakan daerah, yaitu pada muatan lokal Penididikan Batik dengan alokasi waktu 2JP dan diampu oleh guru yang ahli dibidangnya. Muatan lokal tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan peserta didik misalnya keterampilan ( membatik) dan karakteristik sekolah. Untuk daftar SK dan KD yang dikembangkan oleh sekolah maupun uraian tentang jenis dan strategi pelaksanaan program muatan lokal tidak dijelaskan secara rinci dalam KTSP Program Muatan Lokal Muatan lokal Batik dan B. Jawa didasarkan pada kekhasan dan kebijakan daerah, yaitu pada muatan lokal Penididikan Batik dengan alokasi waktu 2JP dan diampu oleh guru yang ahli dibidangnya. Muatan lokal tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan peserta didik misalnya keterampilan ( membatik) dan karakteristik sekolah. Untuk daftar SK dan KD yang dikembangkan oleh sekolah maupun uraian tentang jenis dan strategi pelaksanaan program muatan lokal tidak dijelaskan secara rinci dalam KTSP

7 Kegiatan Pengembangan Diri Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui 3 kegiatan, yaitu : 1)Kegiatan Ekstrakurikuler 2)Pelayanan Bimbingan Konseling : Bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan belajar, dan bimbingan karier 3) Pembiasaan kegiatan pengembangan diri ini difasilitasi atau bimbingan oleh guru, konselor dan tenaga kependidikan lainnya. Di SD Senggotan kegiatan ekstrakurilkuler adalah suatu kegiatan kurikulum yang bertujuan untuk mengembangkan bakat, minat dah hobi dari peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler : Hizbul Wathan, TPA, Seni Tari, Karawitan, Seni Music, Drumb Band, Tapac Suci. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui 3 kegiatan, yaitu : 1)Kegiatan Ekstrakurikuler 2)Pelayanan Bimbingan Konseling : Bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan belajar, dan bimbingan karier 3) Pembiasaan kegiatan pengembangan diri ini difasilitasi atau bimbingan oleh guru, konselor dan tenaga kependidikan lainnya. Di SD Senggotan kegiatan ekstrakurilkuler adalah suatu kegiatan kurikulum yang bertujuan untuk mengembangkan bakat, minat dah hobi dari peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler : Hizbul Wathan, TPA, Seni Tari, Karawitan, Seni Music, Drumb Band, Tapac Suci.

8 Pendidikan berwawasan lokal dan global  Alokasi waktu 1 JP untuk mata pelajaran B. Indonesia dengan penekanan pada mengarang/jurnalistik.  Kegiatan ekstrakurikuler yang variatif sesuai dengan bakat, minat, dan hobi siswa.  Memberikan penekanan pada pembentukan karakter siswa.  Muatan lokal yang sesuai dengan kekhasan daerah dan mempunyai prospek ekonomi yang kompetitif.  Di era globalisasi sekarang ini, baik secara media cetak maupun online yang semakin canggih, sehingga perlu diterapkan budaya budi pekerti dalam pembelajaran. Pendidikan berwawasan lokal dan global  Alokasi waktu 1 JP untuk mata pelajaran B. Indonesia dengan penekanan pada mengarang/jurnalistik.  Kegiatan ekstrakurikuler yang variatif sesuai dengan bakat, minat, dan hobi siswa.  Memberikan penekanan pada pembentukan karakter siswa.  Muatan lokal yang sesuai dengan kekhasan daerah dan mempunyai prospek ekonomi yang kompetitif.  Di era globalisasi sekarang ini, baik secara media cetak maupun online yang semakin canggih, sehingga perlu diterapkan budaya budi pekerti dalam pembelajaran.

9 problem  Materi yang diajarkan, beberapa diantaranya tidak sesuai dengan kemampuan siswa ( terlalu sulit untuk dipahami)  Tidak ada dukungan yang kuat dari orang tua siswa.  Keterbatasan pengetahuan guru terhadap materi yang diajarkan karena adanya pengembangan bahan ajar.  Materi yang diajarkan, beberapa diantaranya tidak sesuai dengan kemampuan siswa ( terlalu sulit untuk dipahami)  Tidak ada dukungan yang kuat dari orang tua siswa.  Keterbatasan pengetahuan guru terhadap materi yang diajarkan karena adanya pengembangan bahan ajar.

10


Download ppt "PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KURIKULUM TUGAS OBSERVASI SD SENGGOTAN KELOMPOK 2 Tri Mei Lestari Fikriyani Thoyyibah Aflah Rika Ratih ArumDwi Noviyana Rafiq."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google