Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GRAFIKA KOMPUTER (TIN 3221) Hilman Fauzi TSP, ST.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GRAFIKA KOMPUTER (TIN 3221) Hilman Fauzi TSP, ST."— Transcript presentasi:

1 GRAFIKA KOMPUTER (TIN 3221) Hilman Fauzi TSP, ST

2 SILABUS 1.Pengantar grafika komputer; 2.Primitif keluaran: algoritma dan metoda pembuatan primitif; 3.Transformasi; 4.Windowing dan Clipping; 5.Kurva: Bezier, B-spline; UTS Realism: Hidden line elimination, hidden surface removal, model Illuminasi, Gouroud Shading, Phong Shading, dithering, fractal objects, model-model warna; 7.Geometric Modeling; 8.Ray Tracing; 9.Pengantar Antarmuka Grafika.

3 ATURAN NILAI UTS: 30% UAS: 30% PRESENTASI/TUGAS : 40%

4 IMAGE PROCESSING VS COMPUTER GRAPHICS Image ProcessingComputer Graphics Berorientasi pixelBerorientasi Vektor Mengolah data citra untuk mendapatkan interpretasi 2D/3D Menggunakan model 2D/3D  hasil realistik Titik berat pada memanipulasi citra sesuai dengan keperluan user Cenderung mempelajari konsep dan implementasi metode untuk pembangkitan citra/animasi (2D/3D) Berawal dari citra digital  deskripsi objek pada citra Mendeskripsikan objek dengan primitif dasar grafis untuk mem- bentuk citra 2D/3D

5 Image Processing  (3,Timur),(4,Selatan),(3,Barat),(4,Utara)  [(0,1),(0,3)], [(0,3),(4,3)], [(4,3),(4,1)], (4,1),(0,1)]  [(0,1),(4,3)] atau (0,1,4,3)  atribut informasi segi empat Computer Graphics IMAGE PROCESSING VS COMPUTER GRAPHICS (cont’d)

6 GRAFIKA KOMPUTER Proses grafika komputer Deskripsi objek Citra / animasi 2D / 3D

7 PENGOLAHAN CITRA Pengolahan citra Citra awal Citra yang sesuai dgn kebutuhan

8 IMAGE PROCESSING VS COMPUTER GRAPHICS Image ProcessingComputer Graphics Berorientasi pixelBerorientasi Vektor Mengolah data citra untuk mendapatkan interpretasi 2D/3D Menggunakan model 2D/3D  hasil realistik Titik berat pada memanipulasi citra sesuai dengan keperluan user Cenderung mempelajari konsep dan implementasi metode untuk pembangkitan citra/animasi (2D/3D) Berawal dari citra digital  deskripsi objek pada citra Mendeskripsikan objek dengan primitif dasar grafis untuk mem- bentuk citra 2D/3D

9 Image Processing  (3,Timur),(4,Selatan),(3,Barat),(4,Utara)  [(0,1),(0,3)], [(0,3),(4,3)], [(4,3),(4,1)], (4,1),(0,1)]  [(0,1),(4,3)] atau (0,1,4,3)  atribut informasi segi empat Computer Graphics IMAGE PROCESSING VS COMPUTER GRAPHICS (cont’d)

10 PENERAPAN GRAFIKA KOMPUTER  Computer Aided Design (CAD)  Presentasi  Art  HIburan  Pendidikan dan Pelatihan  Visualisasi  GUI (Graphical User Interface)

11 PERANGKAT LUNAK GRAFIS  Corel Draw  Auto CAD  3D Studio MAX  Visio

12 GRAFIKA KOMPUTER  Fungsi Komputer  mempercepat perhitungan  Jumlah data yang besar  Penyajian data yang efisien dan efektif  Penyajian secara grafis  munculnya computer graphics  Computer Graphics  meningkatkan komunikasi manusia dengan mesin

13 SISTEM GRAFIKA KOMPUTER  Data  Grafik, operator tidak dapat berinteraksi dengan komputer (statis)  Diinginkan Interactive Computer Graphic  operator bisa mengendalikan : isi, format, bentuk, ukuran, warna.  Sistem interaktif  mensimulasikan real world pada layar komputer

14 SISTEM GRAFIKA KOMPUTER Berdasarkan cara pandang pada layar :  Motion dynamic  objek bergerak, kita sbg pengamat (diam) atau sebaliknya. ex : flight simulator  Update dynamic  perubahan sifat pada objek (bentuk,warna). ex : simulasi tabrakan mobil

15 KLASIFIKASI PENERAPAN GRAFIKA KOMPUTER  Berdasarkan tipe dari objek dan gambar yang dihasilkan  Berdasarkan interaksi dan derajat pengendalian objek/gambar dalam layar  Berdasarkan role of the picture  Berdasarkan hubungan antara objek dan gambar yang tertampil.

16 MONITOR Komponen Utama Monitor :  Display  Frame Buffer  berbentuk matrix  Display Controller/Display processor

17 MONITOR (cont.) Dari cara menampilkan gambar :  Vector Display/Calligraphic Display/Stroke Display (60-An)  Raster Display. (70-an)

18 VEKTOR DISPLAY

19 RASTER DISPLAY

20 MONITOR (cont.) Jenis Monitor :  Layar Tabung (CRT = Cathode-Ray Tube)  Layar Tanpa Tabung (LED, LCD, Plasma Display)

21 REFERENSI  Hearn, Donald, M. Pauline Baker, Computer Graphics, Prentice Hall.  Watt, Alan, 3D Computer Graphics, Pearson Education.  Gonzalez, Rafael C dan Paul Wintz Digital Image Processing. Addison-Wesley Publishing Company.  Pitas, Ioannis Digital Image Processing Algorithms. Prentice Hall International (UK) Ltd  Kay, David dan John Levine Graphics File Formats. Windcrest/McGraw-Hill


Download ppt "GRAFIKA KOMPUTER (TIN 3221) Hilman Fauzi TSP, ST."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google