Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

NADZIROTUL UMMAH, 7450406569 ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI CABAI MERAH KERITING DI DESA KETEP KECAMATAN SAWANGAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "NADZIROTUL UMMAH, 7450406569 ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI CABAI MERAH KERITING DI DESA KETEP KECAMATAN SAWANGAN."— Transcript presentasi:

1 NADZIROTUL UMMAH, ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI CABAI MERAH KERITING DI DESA KETEP KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG.

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : NADZIROTUL UMMAH - NIM : PRODI : Ekonomi Pembangunan - JURUSAN : Ekonomi Pembangunan - FAKULTAS : Ekonomi - ummahcute pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Dr. H. Sucihatiningsih DWP., M.Si. - PEMBIMBING 2 : Dr. P. Eko Prasetyo, M.Si. - TGL UJIAN :

3 Judul ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI CABAI MERAH KERITING DI DESA KETEP KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG.

4 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas rata-rata hasil panen usahatani cabai merah keriting di Desa Ketep untuk kemudian dilaksanakan efisiensi faktor-faktor produksi pada usahatani cabai merah keriting di Desa Ketep dan menganalisis efisiensi penggunaan faktor-faktor produksi pada usahatani cabai merah keriting di Desa Ketep Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang pada tahun Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1938 petani cabai merah keriting, teknik pengambilan sampel digunakan teknik Cluster area random sampling diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kuantitatif dan analisis efisiensi usahatani dengan program bantu untuk menghitung stochastic production frontier dengan Frontier Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 92% petani di Desa Ketep fokus pada usahatani cabai merah keriting sebagai pekerjaan pokok. Luas lahan, bibit, dan pupuk merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi produksi cabai merah keriting. Efisiensi teknis, efisiensi harga dan efisiensi ekonomi untuk usahatani cabai merah keriting di Desa Ketep berturut-turut sebesar 0,8998, 3,351 dan 3,015 yang berarti bahwa usahatani cabai merah keriting di Desa Ketep belum efisien secara teknis, harga maupun ekonomi. Rata-rata nilai produktivitas petani adalah 0,5 kg/m2. Rata-rata nilai R/C diperoleh 2,305 (R/C>1), maka dapat disimpulkan bahwa usahatani cabai merah keriting menguntungkan dan layak diusahakan dan menunjukkan bahwa dari Rp1,00 modal yang dikeluarkan akan memperoleh pendapatan sebesar Rp2,305. Saran peneliti kepada para petani yaitu menggunakan seluruh faktor-faktor produksi secara proporsional, memberdayakan kelompok-kelompok tani agar berperan aktif dan mencari informasi tentang perkembangan usahataninya untuk meningkatkan produksi yang maksimal dengan mengikuti bimbingan dan penyuluhan. Saran kepada pemerintah khususnya Kabupaten Magelang adalah memberikan penyuluhan dan program pendampingan, menyediakan pupuk yang dan bibit unggul bersubsidi, dan meningkatkan kuantitas produksi cabai merah keriting guna memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri pengolahan cabai.

5 Kata Kunci Analisis Efisiensi, Faktor Produksi, Cabai Merah Keriting

6 Referensi Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Arsyad, Lincolin Ekonomi Pembangunan. Yogyakarta : STIE YKPN. Boediono Ekonomi Mikro. Yogyakarta : BPFE. Daniel, Moehar Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Downey, David Manajemen Agribisnis. Jakarta: Erlangga. Dinas Pertanian Kabupaten Magelang Luas Panen dan Produksi Tanaman Cabai Tahun Magelang. Hadi, Sutrisno Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset. Jaya, Wihana Kirana. Ekonomi Industri. Yogyakarta : BPFE. Jhingan, ML. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Josohardjono, Soeratno Ekonomi Produksi. Yogyakarta: UGM PRESS. Kantor Kepala Desa Ketep Luas Panen, Produksi dan Produktivitas Tanaman Cabai Merah Keriting Tahun Magelang. Kantor Kepala Desa Ketep Tim Inti Perencana Pemetaan Swadaya Desa Ketep Kecamatan Sawangan Magelang. Mubyarto Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta : LP3ES. Nicholson, Walter Mikroekonomi Intermediate dan Aplikasinya. Jakarta: Erlangga. Rahim, Abdul dan Diah Retno Dwi Hastuti Ekonomika Pertanian (Pengantar, Teori dan Kasus). Jakarta: Salemba Empat. Setiawan, Avi Budi. Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor-Faktor Produksi Pada Usahatani Jagung di Kabupaten Grobogan Tahun Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi UNNES. Soekartawi Agribisnis, Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers Pinsip-prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. Jakarta : PT. Rajawali Pers Analisis Usahatani. Jakarta: Universitas Indonesia Teori Ekonomi Produksi Dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb Douglas. Jakarta: CV. Rajawali. Sukirno, Sadono Pengantar Teori Makro. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada Mikroekonomi Teori Pengantar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Susilowati, Indah dan B. Suprihono “ Analisis Efisiensi Usaha Tani Padi pada Lahan Sempit ( < 0,5 Ha) dengan Irigasi Tadah Hujan ( Studi Kasus di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak ).” Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 5, No. 1a, April 2004, h Susilowati, Indah dan Himawan Arif Sutanto Analisis Efisiensi Alat Tangkap Ikan Gillnet di Kabupaten Pemalang. Berkala Penelitian Pasca Sarjana UNDIP. Sriyadi Bisnis Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern. IKIP Semarang Press. Sudjana Metoda Statistika. Bandung : Tarsito. Suparyono dan Setyono Agus Padi. Jakarta: PT. Penebar Swadaya. Swastha, Basu dan Ibnu Sukotjo Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: Liberty. Sukiyono, Ketut Analisa Fungsi Produksi dan Efisiensi Teknis: Aplikasi Fungsi Produksi Frontier Pada Usahatani Cabai di Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong. Rejang Lebong: Jurnal Agro Ekonomi. Tarigan, Robinson Ekonomi Regional Teori dan Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara. Todaro, Michael P Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Jakarta: Erlangga. UNNES Pedoman Penyusunan Skripsi FE. Semarang: UNNES Press.

7 Terima Kasih


Download ppt "NADZIROTUL UMMAH, 7450406569 ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI CABAI MERAH KERITING DI DESA KETEP KECAMATAN SAWANGAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google