Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

WORKSHOP METROLOGI Pemberdayaan Metrologi Nasional Pada Bidang Pendidikan, Penelitian dan Penerapan Untuk Peningkatan Daya Saing Bangsa 5 Agustus 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "WORKSHOP METROLOGI Pemberdayaan Metrologi Nasional Pada Bidang Pendidikan, Penelitian dan Penerapan Untuk Peningkatan Daya Saing Bangsa 5 Agustus 2009."— Transcript presentasi:

1 WORKSHOP METROLOGI Pemberdayaan Metrologi Nasional Pada Bidang Pendidikan, Penelitian dan Penerapan Untuk Peningkatan Daya Saing Bangsa 5 Agustus 2009 Campus Center ITB Jl. Ganesha 10 Bandung WAKTU & TEMPAT SEKRETARIAT & PENDAFTARAN ALAMAT SEKRETARIAT WORKSHOP METROLOGI Program Studi Magister Instrumentasi dan Kontrol Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Bandung Gedung TP. Rahmat Lantai II, Kampus Institut Teknologi Bandung Jalan Ganesha 10 Bandung Telp. / Fax : / Contact Person / Website : Workshop metrologi ini akan dilaksanakan pada hari Rabu, 5 Agustus 2009, bertempat di Campus Center ITB Jalan Ganesha 10 Bandung. Lina / Hesty Susanti ST / Telp : Fax : Biaya Pendaftaran : Umum / instansi : Rp ,00 Mahasiswa : Rp ,00 Pembayaran biaya pendaftaran dapat ditransfer : No. Rek : BNI ITB a.n. Penampungan PPM FTI Atau Langsung di tempat acara LINGKUP TOPIK Workshop ini akan membahas bebarapa topik, antara lain :  Kebijakan dan regulasi  Pengembangan Sistem Instrumentasi di Industri  Nasional Metrology Institute  Transfer of Authority  Hasil Penelitian bidang Metrologi PENYELENGGARA : PROGRAM STUDI MAGISTER INSTRUMENTASI DAN KONTROL FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG Dan DIREKTORAT METROLOGI DEPARTEMEN PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA

2 LATAR BELAKANGBENTUK KEGIATAN Pengembangan perdagangan global menuntut otorisasi perdagangan untuk menjamin kualitas dan kredibilitas meter yang digunakan sebagai alat ukur jual-beli. Penentuan kualitas meter ditandai dengan batas parameter kalibrasi yang sesuai dengan performansi yang diharapkan dari suatu meter. Kalibrasi merupakan suatu langkah untuk menera meter dengan membandingkan dengan Meter Standar Ukur. Dalam kaitannya dengan perdagangan global, Meter Standar Ukur mempunyai hirarki sampai dengan Standar Ukur Internasional. Hal ini dibuat untuk menjamin keakurasian ukuran secara global di seluruh negara. Direktorat Metrologi Departemen Perdagangan merupakan merupakan suatu badan yang mengelola aspek legal dari meter untuk perdagangan dalam negeri ataupun perdagangan internasional. Keseluruhan prosedur legislatif, administratif dan teknis tentang ukuran ini dibangun oleh otoritas publik dan diimplementasikan untuk kepentingan publik untuk menjamin kualitas dan kredibilitas pengukuran yang terkait pada perdagangan untuk melindungi kesehatan, keselamatan dan lingkungan pada masyarakat Dengan pengembangan teknologi dan sains, maka macam dan prinsip kerja alat ukur juga semakin berkembang, dibandingkan dengan teknologi pada tahun-tahun sebelumnya. Workshop ini akan diisi dengan kegiatan seminar oleh pembicara tamu yang dilanjutkan dengan diskudi panel. Sebagai salah satu usaha untuk mempertemukan lembaga metrologi, industri dan institusi, vendor dan pendidikan tinggi, Program Studi Magister Instrumentasi dan Kontrol-Institut Teknologi Bandung dan Direktorat Metrologi Departemen Perdagangan akan mengadakan workshop metrologi dengan tema : “Pemberdayaan Metrologi Nasional Pada Bidang Pendidikan, Penelitian dan Penerapan untuk Peningkatan Daya Saing Bangsa”. TUJUAN Workshop ini bertujuan untuk :  identifikasi permasalahan di bidang kemetrologian  meningkatkan kepercayaan sistem metrologi nasional ACARA Workshop metrologi ini akan mempertemukan dengan pembicara tamu dari lembaga regulator, lembaga kalibrasi dan pengguna. Diskusi panel akan dilakukan dari paparan pembicara untuk mendapatkan suatu road map dalam pengembangan sumber daya manusia untuk Pemberdayaan Metrologi Nasional Pada Bidang Pendidikan, Penelitian dan Penerapan Untuk Peningkatan Daya Saing Bangsa PESERTA Peserta yang diharapkan mengikuti workshop metrologi ini antara lain Badan Metrologi tingkat Propinsi, vendor instrumentasi, industri proses, BUMN (Pertamina, PGN, Pupuk Kaltim, PLN, TelKom) dan BUMD (PDAM), institusi pemerintah (Ristek, DepHub, DepKes, DepTan, DepDag, DepPerind : B4T), serta insitusi pendidikan tinggi.


Download ppt "WORKSHOP METROLOGI Pemberdayaan Metrologi Nasional Pada Bidang Pendidikan, Penelitian dan Penerapan Untuk Peningkatan Daya Saing Bangsa 5 Agustus 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google