Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Departemen Agama Republik Indonesia Paket 2 IPS 2: SEJARAH PERKEMBANGAN HINDU- BUDDHA DI INDONESIA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Departemen Agama Republik Indonesia Paket 2 IPS 2: SEJARAH PERKEMBANGAN HINDU- BUDDHA DI INDONESIA."— Transcript presentasi:

1 Departemen Agama Republik Indonesia Paket 2 IPS 2: SEJARAH PERKEMBANGAN HINDU- BUDDHA DI INDONESIA

2 KOMPETENSI DASAR Mahasiswa-mahasiswi mampu menganalisis pertumbuhan dan perkembangan agama, kebudayaan Hindu-Buddha, dan pengaruhnya terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia

3 INDIKATOR Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa-mahasiswi dapat: mendeskripsikan penyebaran agama Hindu-Buddha di Indonesia, menjelaskan perkembangan kerajaan- kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia, dan menjelaskan warisan Kebudayaan Hindu- Buddha di Indonesia.

4 Sebutkan agama yang paling tua di Indonesia?

5 Agama paling tua di Indonesia adalah: Agama Hindu dan Budha

6 PENTINGNYA MATERI –Untuk menjelaskan berbagai perspektif tentang masuknya agama Hindu-Buddha di Indonesia –Untuk mendeskripsikan kerajaan- kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia –Untuk mengetahui berbagai warisan Kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia

7 TUJUAN MATERI Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat: –Mendeskripsikan penyebaran agama Hindu-Buddha di Indonesia –Menjelaskan perkembangan kerajaan- kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia –Menjelaskan warisan Kebudayaan Hindu- Buddha di Indonesia

8

9 Perspektif Masuknya Agama Hindu di Indonesia Teori Brahmana

10 Teori Sudra Penyebaran agama Hindu ke Nusantara dibawa oleh orang-orang India berkasta Sudra

11 Teori Waisya Menurut teori ini kelompok yang berperan besar dalam penyebaran agama Hindu adalah golongan Waisya. Dikemukakan oleh Prof. N.J. Krom.

12 Teori Ksatria Menurut teori ini kelompok yang berperan besar dalam penyebaran agama Hindu di Nusantara adalah golongan Ksatria. Proses penyebaran agama tersebut dilakukan dengan cara pendudukan (kolonisasi). Teori dikemukakan oleh Prof.Dr. Ir. J.L. Mouens.

13 Teori Brahmana Menurut teori ini, faktor utama penyebaran agama Hindu di Nusantara adalah dari kaum Brahmana. Teori dikemukakan oleh J.C.van Leur.

14 Perspektif Masuknya Agama Buddha di Indonesia Agama Buddha  ke-2 Masehi  penemuan patung Buddha dari perunggu di Jember dan Sulawesi Selatan. Catatan Fa Hien (dari China)  awal abad ke-5 ada komunitas Buddha di antara penduduk pribumi. Catatan Gunawarman (biksu Buddha), datang ke Cho-Po (terletak di Jawa atau Sumatra)

15 Kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha 1.Kutai, di Kalimantan Timur   2.Tarumanegara, di Jawa Barat   3.Kalingga, di Jawa Tengah   4.Melayu   5.Sriwijaya, di Sumatera Selatan   6.Mataram Kuno, sekitar Jawa Tengah   7.Wangsa Warmadewa, di Bali   8.Medang Kamulan, sekitar Jawa Timur   9.Kediri, di Jawa Timur   10.Singasari, di Jawa Timur   11.Majapahit berpusat di Jawa Timur  

16 Pengaruh dan Warisan Kebudayaan Hindu-Buddha 1.bidang politik Adanya sistem kerajaan. Sebelumnya, kedudukan pemimpin dalam masyarakat Nusantara ialah orang yang dituakan oleh sesamanya. 2.bidang sosial Sistem kasta yang mirip dengan sistem di India 3.bidang kebudayaan upacara keagamaan  upacara sesajen, pembuatan relief dan candi serta penggunaan bahasa sanskerta.

17 Warisan Kebudayaan Hindu-Buddha –Arsitektur »Candi »Stupa –Seni Sastra –Seni Rupa/Ukir

18 KERAJAAN KUTAI Adanya tujuh buah prasasti berbentuk Yupa. di daerah Kutai, Kalimantan Timur Prasasti-prasasti untuk memuliakan raja Kutai yang ketiga, Mulawarman, yang dianggap sebagai orang yang sangat mulia dan baik budinya.

19 TARUMANEGARA Kerajaan Hindu Tarumanegara (Jawa Barat). Bukti-bukti dari catatan Fa-shien  kerajaan To-lo-mo (Tarumanegara) Tujuh buah prasasti yang menceritakan keberadaan kerajaan tersebut. Lima diantara prasasti-prasasti itu ditemukan di daerah Bogor dan dikenal sebagai prasasti ciarateun, kebun kopi, jambu, pasir awi dan muara Cianten. Sedangkan dua lainnya ditemukan di Jakarta dan Lebak, masing- masing disebut prasasti Tugu dan Muncul.

20 KALINGGA Abad ke-7, catatan seorang biksu Buddha bernama I-Tsing  kerajaan bernama Holing (kalingga di daerah Jawa Tengah). Kerajaan Kalingga diperintah oleh seorang ratu bernama Sima. Pemerintahannya sangat keras namun adil dan bijaksana.

21 MELAYU di daerah sungai Batanghari, jambi. banyaknya peninggalan kuno seperti candi dan arca. Pada masa pemerintahan dinasti Tang dilaporkan bahwa pada tahun 644 dan 645 utusan dari negeri Moloyeu (Melayu) dengan membawa hasil bumi. Pengelana Cina I-Tsing  abad ke-7 Melayu ditaklukkan oleh Sriwijaya.

22 SRIWIJAYA Dalam Prasasti Kota Kapur dari pulau Bangka. I-tsing  Sriwijaya tahun 671 kota berbenteng yang dikelilingi tembok. Pusat agama Buddha, di bawah bimbingan Sakyakitiri. Prasasti, yang ditulis dengan Pallawa dalam bahasa Melayu Kuno. Pada abad ke-13, wilayahnya di bagian utara diambil alih oleh Raja Siam. Bagian tenggara Sumatera direbut oleh raja Kertanegara dari Shingasari.

23 MATARAM KUNO Diketahui dari prasasti Canggal (732M). Adanya Candi, untuk agama Buddha antara lain candi Borobudur yang dibangun oleh Samaratungga dari dinasti Syailendra. Candi Hindu yang dibangun antara lain candi Rara Jongrang di Prambanan yang dibangun oleh raja Pikatan.

24 Wangsa Warmadewa Ada dalam prasasti dari Sanur yang dikeluarkan oleh Sri Kesariwarmadewa, penguasa kraton Singhawdala. Keturunannya, bernama Candrabhayasingha Warmadewa, tahun 962 membangun sebuah pemandian telaga dari sumber yang ada di desa Manukraya. Pemandian itu adalah thirta empul, letaknya di dekat Tampak siring.

25 MEDANG KAMULAN terletak di muara sungai Brantas di Jawa Timur. Pada masa pemerintahan Dharmawangsa ( ), Medang menguasai jalur perdagangan laut di wilayah selat Malaka, yangmenyebabkan benturan dengan kerajaan Sriwijaya. Tahun 1016 pasukan Wura-Wuri menyerang istana Dharmawangsa ketika ia sedang menikahkan puterinya dengan Airlangga. Dalam peristiwa itu Raja Dharmawangsa terbunuh, Pada tahun 1019, para pendeta Siwa, Brahma, dan Buddha menobatkannya sebagai raja dengan gelar Sri Lakeswara Dharmawangsa Airlangga. Airlangga membagi dua kerajaannya menjadi Jenggala dan Panjalu (Kediri).

26 KEDIRI Kemunculannya berawal dari konflik kerajaan Jenggala dan Panjalu. Pada tahun 1116, Kediri diperintah oleh Sri Bameswara ( ). Kemudian ia digantikan oleh Jayabaya. Jayabaya memerintah antara tahun 1135 hingga ia memakai lambang Garudamukha untuk menunjukkan bahwa dirinya adalah keturunan sah Airlangga. Pada tahun 1222 dengan dukungan kaum Brahmana, Ken Arok melakukan pemberontakan terhadap kekuasaan Kediri.

27 SINGASARI Didirikan oleh Ken Arok setelah dia berhasil mengalahkan Kediri. Dia kemudian mengambil gelar Sri Rangga Ranggah Rajasa Sang Amurwabhumi dan membangun sebuah dinasti baru yang disebut dinasti Rajasa. Ia menikah dengan Ken Dedes Ken Arok dibunuh oleh Anusapati, Anak Ken Dedes dengan Tunggul Ametung, dengan Keris Mpu Gandring

28 MAJAPAHIT Pendiri Majapahit ialah Raden Wijaya. Ia berhasil mengalahkan Jayakatwang, raja Singasari terakhir, dengan bantuan tentara CINA-MONGOL Tahun 1293 tentara CINA-MONGOL datang untuk menghukum Kertanegara, Ayah Jayakatwang. Keruntuhan majapahit ditandai oleh serangan pasukan Ranawijaya terhadap Kertabhumi (Bhre Kahuripan), di mana Majapahit dapat direbut oleh musuh. Ia memaklumkan menjadi Raja Majapahit kemudian ditaklukkan oleh Demak.

29 DISKUSI KELOMPOK Diskusikan selama 20 menit penyebaran agama Hindu-Buddha di Nusantara! Berikan penjelasan, teori mana yang paling sesuai menurut kelompok Saudara/Saudari! Berikan penjelasan pula, mengapa teori yang lain dianggap kurang sesuai!

30 PRESENTASI Siapkan 2 orang untuk mempresentasikan hasil diskusi pada kelompok 2 dan siapkan 2 orang lagi untuk mempresentasikannya pada kelompok 3! Masing-masing anggota kelompok membuat poin-poin simpulan!

31 DISKUSI Diskusikan selama 20 menit tema kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Nusantara! Identifikasikan bukti ditemukannya kerajaan-kerajaan tersebut! Beri penjelasan tentang perkembangan masing-masing kerajaan! Beri penjelasan penyebab keruntuhan masing-masing kerajaan!

32 PRESENTASI Siapkan 2 orang untuk mempresentasikan hasil diskusi pada kelompok 1 dan siapkan 2 orang lagi untuk mempresentasikannya pada kelompok 3! Masing-masing anggota kelompok membuat poin-poin simpulan.

33 DISKUSI Diskusikan selama 20 menit tema pengaruh dan warisan kebudayaan Hindu-Buddha! Identifikasikan bentuk warisan kebudayaan Hindu-Buddha! Beri penjelasan tentang pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha terhadap masyarakat! Beri penjelasan tentang warisan kebudayaan Hindu-Buddha, apakah masih memiliki pengaruh pada saat ini!

34 PRESENTASI Siapkan 2 orang untuk mempresentasikan hasil diskusi pada kelompok 1 dan siapkan 2 orang lagi untuk mempresentasikannya pada kelompok 2! Masing-masing anggota kelompok membuat poin-poin simpulan.

35 REFLEKSI Dua orang Mahasiswa dan mahasiswi secara bergantian menyampaikan pesan dan kesan apa yang telah diperoleh selama mengikuti perkuliahan ini.

36


Download ppt "Departemen Agama Republik Indonesia Paket 2 IPS 2: SEJARAH PERKEMBANGAN HINDU- BUDDHA DI INDONESIA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google