Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

2008 - 2009 1 PENYIAPAN PRESENTASI 2008 - 2009 2 PENDAHULUAN Sejarah, studi bagaimana presentasi yang baik, telah ada sejak zaman Yunani kuno (Rhetoric.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "2008 - 2009 1 PENYIAPAN PRESENTASI 2008 - 2009 2 PENDAHULUAN Sejarah, studi bagaimana presentasi yang baik, telah ada sejak zaman Yunani kuno (Rhetoric."— Transcript presentasi:

1

2 PENYIAPAN PRESENTASI

3 PENDAHULUAN Sejarah, studi bagaimana presentasi yang baik, telah ada sejak zaman Yunani kuno (Rhetoric  Aristoteles 350 SM) Sejarah, studi bagaimana presentasi yang baik, telah ada sejak zaman Yunani kuno (Rhetoric  Aristoteles 350 SM) Bagaimana sekarang ? Bagaimana sekarang ?

4 3 Apakah Presentasi ? Presentasi adalah pidato yang biasanya diberikan di dalam lingkungan bisnis, teknis, profesional atau ilmiah. Bagaimana Presentasi yang Efektif ? Berusaha menjawab pertanyaan dasar dari bagaimana menyiapkan dan menyampaikan pidato yang efektif. (Lihat evaluasi diri  keterampilan) Kunci : Percaya Diri, Antusias dan Persuasif

5 Presentasi Bisnis – Teknis ? Presentasi Informatif Presentasi Informatif Tidak berusaha mengubah prilaku, sikap atau kepercayaan siapapun. Tidak berusaha mengubah prilaku, sikap atau kepercayaan siapapun. Presentasi Persuasif Presentasi Persuasif Berusaha mengubah beberapa aspek dari perilaku, sikap atau kepercayaan publik kita. Berusaha mengubah beberapa aspek dari perilaku, sikap atau kepercayaan publik kita. Keduanya pada umumnya bersifat : Informatif dan Persuasif

6 Apa yang perlu diperhatikan ? Olah Bahasa Tubuh secara efektif Olah Bahasa Tubuh secara efektif Olah/atur Pikiran dan Data semaksimal mungkin Olah/atur Pikiran dan Data semaksimal mungkin Gunakan Alat Bantu Visual agar lebih menarik Gunakan Alat Bantu Visual agar lebih menarik Teknis penyampaian Teknis penyampaian

7 Siapakah Anda ? Penghindar ? Berusaha sedapat mungkin untuk melepaskan diri dari keharusan berdiri dihadapan suatu publik/audien. Penolak ? Takut jika diminta berbicara, namun pekerjaanya mengharuskan ia bicara di depan publik/kelompok, sehingga saat berbicara sangat enggan dan penuh penderitaan

8 Siapakah Anda ? Penerima ? Memberikan kesempatan ini sebagai bagian dari pekerjaannya, sangat persuasif dan senang berbicara dihadapan suatu kelompok. Pencari ? Mencari peluang untuk berbicara, dimana kecemasan menjadi stimulan yang memberi bahan bakar bagi antusiasme selama presentasi dan selalu mengembangkan keterampilan berkomunikasi.

9 Bagaimana menilai kemampuan keterampilan presentasi Anda ? Lakukan evaluasi diri, sehingga dapat meningkatkan kompetensi Anda ! Lakukan evaluasi diri, sehingga dapat meningkatkan kompetensi Anda !

10 TUJUAN APA YANG INGIN DICAPAI ? Saya berharap untuk : ⃞ mengerti kecemasan yang dirasakan sebelum presentasi dan belajar bagaimana menggunakan secara konstruktif selama presentasi. ⃞ belajar bagaimana menggorganisasi gagasan dan data saya dengan cara yang logis dan ringkas. Gunakan informasi hasil evaluasi diri ulang ! Mana yang menunjukkan tujuan yang kita ingin capai ?

11 TUJUAN APA YANG INGIN DICAPAI ? ⃞ Mengembangkan keterampilan dalam penyajian gagasan dan gaya presentasi yang lebih dinamis ⃞ mengubah sesi tanya-jawab menjadi bagian yang menyenangkan dan produktif dari proses presentasi. ⃞ Mengembangkan alat bantu visual yang memiliki dampak, dan menggunakannya secara efektif selama presentasi. Saya berharap untuk :

12 MERENCANAKAN PRESENTASI Kita memberikan presentasi Untuk Apa ? MENGAPA ?

13 Merencanakan Presentasi Mengembangkan Sasaran Mengembangkan Sasaran Misal : menginformasikan pada publik mengenai kemajuan penelitian yang dilakukan Misal : menginformasikan pada publik mengenai kemajuan penelitian yang dilakukan Menganalisis Publik/Audien Menganalisis Publik/Audien - Apa saja nilai, kebutuhan dan kendala pada publik? - Apa saja nilai, kebutuhan dan kendala pada publik? - Bagaimana tingkat pendidikan/pengetahuan publik? - Bagaimana tingkat pendidikan/pengetahuan publik? - Apa yang akan berhasil dan apa yang tidak? - Apa yang akan berhasil dan apa yang tidak?

14 Nerveskah Anda ? Musuh utama bagi penyaji adalah ketegangan, yang dapat merusak suara, perawakan, dan spontanitas. Suara menjadi lebih tinggi sebagai akibat kerongkongan yang tegang. Bahu mengerut keatas dan membatasi fleksibilitas saat kaki mulai bergetar dan menyebabkan keadaan tidak tenang. Presentasi menjadi " kalengan" bagaikan pembicara mengunci pada catatan dan memulai membaca secara langsung dari catatan. Nervous

15 Ada Pertanyaan ?


Download ppt "2008 - 2009 1 PENYIAPAN PRESENTASI 2008 - 2009 2 PENDAHULUAN Sejarah, studi bagaimana presentasi yang baik, telah ada sejak zaman Yunani kuno (Rhetoric."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google