Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EFEKTIVITAS MEDIA RELATIONS Turnomo Rahardjo Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Diponegoro.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EFEKTIVITAS MEDIA RELATIONS Turnomo Rahardjo Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Diponegoro."— Transcript presentasi:

1 EFEKTIVITAS MEDIA RELATIONS Turnomo Rahardjo Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Diponegoro

2 Pengantar Tujuan media relations adalah mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan lembaga-lembaga media massa. Media massa memiliki posisi strategis, tidak hanya kemampuan menjangkau khalayak, menyampaikan informasi, tetapi juga membentuk pendapat umum.

3 Pengantar Media relations yang efektif adalah memaksimalkan peliputan dan penempatan peristiwa di media massa tanpa membayar (free media coverage). Sebagian besar aktivitas media relations dirancang untuk mendapatkan peliputan gratis bagi program-program yang ingin disampaikan oleh PRO.

4 Pengertian Publisitas Peliputan gratis dikenal sebagai publisitas (publicity) untuk membedakannya dengan paid advertising. Publisitas adalah penyebaran pesan yang direncanakan dan dilakukan untuk mencapai tujuan lewat media tertentu untuk kepentingan tertentu dari organisasi dan perorangan tanpa pembayaran tertentu pada media.

5 Pengertian Publisitas Publisitas merupakan kegiatan yang sekarang dikenal dengan Marketing PR. Upaya untuk mendapatkan ruang/waktu pemberitaan sebagai lawan dari ruang/waktu iklan yang harus dibeli guna mempromosikan produk, layanan, gagasan, tempat, tokoh atau organisasi. Publisitas tidak sekadar pekerjaan teknis, tetapi juga sebuah karya kreatif.

6 Pengertian Publisitas Kata kunci dalam kegiatan publisitas adalah nilai berita (news value). Nilai berita merupakan patokan bagi wartawan untuk menilai apakah suatu peristiwa layak untuk dipublikasikan atau tidak. Secara konseptual, nilai berita mencakup timeliness, proximity, prominence, unusualness, human interest & progress.

7 Prinsip Publisitas Kreativitas: mendorong antusiasme dan perhatian publik melalui kegiatan publisitas yang cerdas dan unik. Keragaman: pemanfaatan beragam media untuk kegiatan publisitas. Kuantitas: penyampaian pesan secara berulang-ulang kepada publik.

8 Prinsip Publisitas Visibilitas: materi publisitas dapat dengan mudah dilihat oleh publik. Legibilitas: pesan verbal dan visual cukup jelas untuk dilihat, didengar dan dilihat oleh khalayak. Mudah dipahami: rangkaian pesan dapat diikuti secara runtut.

9 Keuntungan Free Media Coverage Kecenderungan sikap skeptis publik yang tinggi (tidak mudah percaya) terhadap paid advertising. Pesan yang disampaikan pihak “netral” (misal: media massa) dan bukan atas nama organisasi, cenderung lebih dipercaya oleh publik.

10 Keuntungan Free Media Coverage Penempatan di news block (media elektronika) atau di halaman yang menonjol (media cetak) dapat berfungsi untuk memberi penekanan pada pentingnya sebuah peristiwa. Ada penghematan biaya.

11 Tantangan Free Media Coverage Getting free media coverage is not easy. PRO perlu mengembangkan strategi yang dapat membuka kemungkinan kegiatan publisitasnya akan diplih oleh media. Redaksi bertindak sebagai gatekeeper. Mereka memutuskan berita akan akan “keluar dari pintu gerbang”

12 Tantangan Free Media Coverage There is a lot of competition for limited space and air time. Inilah alasan yang mendorong PRO membuat program semudah dan semenarik mungkin untuk diliput oleh media. Kendali utama apakah kegiatan publisitas akan diliput ada pada media, bukan dari PRO.


Download ppt "EFEKTIVITAS MEDIA RELATIONS Turnomo Rahardjo Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Diponegoro."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google