Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ear Thermometer Satriady Siraj D41106116. Apa itu termometer????? Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu(temperatur), ataupun perubahan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ear Thermometer Satriady Siraj D41106116. Apa itu termometer????? Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu(temperatur), ataupun perubahan."— Transcript presentasi:

1 Ear Thermometer Satriady Siraj D

2 Apa itu termometer????? Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu(temperatur), ataupun perubahan suhu. Istilah termometer berasal dari bahasa Latin thermo yang berarti panas dan meter yang berarti untuk mengukur

3 Jenis-jenis Termometer Termometer raksa  Termometer merkuri (air raksa) terbungkus kaca untuk mengukur suhu tubuh. Termometer raksa dapat merekam temperatur dari mulut, ketiak atau dubur. Tapi tak lagi dianjurkan karena dapat merusak dan merkuri bisa terhirup. Jika Anda memiliki sebuah termometer merkuri, pertimbangkan untuk menggantinya. Termometer alkohol  adalah termometer alkohol terbungkus kaca untuk mengukur suhu tubuh Termometer arteri  temporal menggunakan pemindai inframerah untuk mengukur suhu dari arteri temporal di dahi. Termometer strip  berisi kristal cair yang bereaksi terhadap panas. Penggunaannya cukup dengan menempelkan termometer ke dahi dan termometer akan berubah warna Termometer digital  biasa menggunakan sensor elektronik untuk merekam panas suhu tubuh Termomet digital dot  termometer digital berbentuk dot

4 Ear termometer Termomter telinga biasa juga disebut dengan termometer timpani. Termometer ini menggunakan sinar inframerah untuk mengukur suhu di dalam saluran telinga. Bila diposisikan dengan benar, termometer digital telinga dapat merekam suhu dengan cepat dan akurat. Penggunaan termometer ini cocok bagi bayi usia 3 bulan ke atas, anak- anak yang lebih tua, dan orang dewasa. Namun tidak dianjurkan untuk bayi yang baru lahir.

5 Gambar ear termometer Ear termometer Ear termometer cover

6 Spesifikasi alat Ambient sensor yang digunakan untuk mengukur suhu dari sensor adalah termistor. Sensor IR yang digunakan adalah sensor piroelectrik yang diikuti oleh konverter arus ke tegangan. Akurasi sensor ini sekitar 1˚C, dan keunggulannya adalah hanya kontak dengan lubang telinga (bukan gendang telinga), mudah digunakan, dan respon yang relatif cepat.

7 Kenapa mesti di telinga??? Untuk mengetahui suhu dengan tingkat normal 38 derajat, termometer dipasang pada mulut. Untuk tingkat normal 38,5 derajat dengan memasang pada anus. Sedang suhu normal 37,8 derajat celsius diketahui dengan memasang termometer pada ketiak. karena telinga memiliki kadar suhu yang lebih sensitif ketimbang organ lain. Tepatnya pada membrane tympanic. Dimana letak membran tympanic berdekatan dengan hypothalamus yang merupakan pengatur suhu tubuh.

8 Membran tympanic???

9 Membran tympanic Gendang telinga atau membrana tympani adalah selaput atau membran tipis yang memisahkan telinga luar dan telinga dalam. Ia berfungsi untuk menghantar getaran suara dari udara menuju tulang pendengaran di dalam telinga tengah.. Membran ini sendiri sukup tipis dan hampir transparan, sehingga dapat diasumsikan membran tersebut merupakan jalur yang untuk memancarkan energi IR dari dalam tubuh, sehingga energi yang dipancarkan oeh membran timpani dapat dianggap sebagai indikasi dari suhu tubuh bagian dalam.

10 Blog diagram ear termometer

11 Prinsip kerja Energi yang dipancarkan oleh membran tympanic ini dialirkan melalui suatu tabung yang dimasukkan ke dalam telinga, dan sebuah shutter dibuka menggunakan switch sehingga IR yang dipancarkan diterima oleh sensor IR. Periode pembukaan shutter biasanya berkisar 0.1 sampai 0.3 detik. Energi IR jatuh pada sebuah cristal pyroelectric tipis yang yang menghasilkan muatan proporsional dengan energi yang diterimanya. Pelepasan muatan dari kristal mengirimkan pulsa arus ke penguat, filter, MUX, ADC, selanjutnya ke mikroprocessor untuk diproses dan ditampilkan hasil pengukuran temperaturnya.

12 Persamaan yang digunakan Ket: T b = suhu pasien, χ = konstanta (=, T 0 = suhu referensi (=310˚ K) Ket: A adalah area tubuh (target) efektif, σ = kontanta Stefan Boltzman (=5.67 x W/m 2.K 4 ), ε a = emisivitas dari sekitar (sensor), T b adalah suhu tubuh, T a = suhu sensor, keduanya dalam Kelvin.

13 Kesimpulan Dalam menggunakan alat ini proses mendapatkan suhu tubuh cukup cepat, namun perlu keterampilan atau membiasakan diri sehingga hasilnya bisa akurat dan tepat Alat ini menggunakan sistem pemancaran infrared

14 SEKIAN TERIMA KASIH


Download ppt "Ear Thermometer Satriady Siraj D41106116. Apa itu termometer????? Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu(temperatur), ataupun perubahan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google