Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMBELAJARAN MATERI BENDA DAN SIFATNYA Waktu: 200 menit Paket 8 Pembelajaran IPA MI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMBELAJARAN MATERI BENDA DAN SIFATNYA Waktu: 200 menit Paket 8 Pembelajaran IPA MI."— Transcript presentasi:

1 PEMBELAJARAN MATERI BENDA DAN SIFATNYA Waktu: 200 menit Paket 8 Pembelajaran IPA MI

2 Kasus Bagaimana perbedaan sifat benda padat, cair, dan gas serta mengapa benda dapat berubah wujud?

3 Kompetensi Dasar merancang dan melaksanakan pembelajaran materi Benda dan Sifatnya.

4 Indikator Mahasiswa dan mahasiswi mampu: Mengidentifikasi fakta, konsep, prinsip dan prosedur Mengembangkan peta konsep tentang benda dan sifatnya. Mengidentifikasi kesalahan konsep benda dan sifatnya. Menganalisis strategi pembelajaran yang sesuai untuk konsep benda dan sifatnya. Merancang RPP benda dan sifatnya Mempraktekkan pembelajaran benda dan sifatnya Mengintegrasikan nilai-nilai islam dalam pembelajaran benda dan sifatnya

5 Langkah Perkuliahan I Kasus (5’) Pengantar (5’) Kerja Kelompok(20’) Pameran (5’) Penguatan (5’) GGE(15’) Presentasi (20’) Penguatan (10’) Refleksi dan penugasan (10’)

6 Langkah Perkuliahan Pengantar (10’) Praktik (40’) Komentar (15’) Penguatan (20’) Refleksi (5’) Tindak Lanjut (5’) 6

7 Kerja Kelompok Membentuk 6 kelompok (perhatikan perimbangan laki-laki dan perempuan) Diskusilah dengan panduan LK 8.1A.

8 Pameran Tempelkan hasil kerja di dekat tempat peralatan di susun Siapkan satu orang sebagai juru bicara Mahasiswa yang lain mencermati hasil kerja kelompok lain

9 Sifat Benda Cair Tujuan Siswa-siswi dapat mengamati sifat yang dimiliki benda cair. Alat dan bahan air botol bening gelas bening mangkok bening Langkah kerja 1. Masukkan air ke dalam mangkuk. Perhatikan, apa yang terjadi. 2. Tuangkan air dari mangkuk ke dalam gelas. Perhatikan, apa yang terjadi. 3. Tuangkan air dari dalam gelas ke dalam botol. Hati-hati agar tidak tumpah. Perhatikan, apa yang terjadi. 4. Botol yang berisi air simpan di atas meja. Perhatikan permukaan airnya. 5. Coba miringkan botol tersebut. Perhatikan apakah permukaan air mengikuti permukaan botol? Miringkan lagi ke sisi lain, apakah terjadi hal yang sama? 6. Terakhir, air dalam botol tumpahkan di lantai halaman sekolah. Perhatikan apa yang terjadi? Jawablah pertanyaan berikut. 1. Apakah air dalam mangkuk bentuknya sama dengan bentuk mangkuk? 2. Apakah air dalam gelas bentuknya sama dengan bentuk gelas? 3. Apakah air dalam botol bentuknya sama dengan bentuk botol? 4. Apakah permukaan air berubah ketika posisi botol dimiringkan? 5. Ke manakah arah air bergerak ketika ditumpahkan di lantai halaman sekolah? 6. Apa yang dapat kamu simpulkan mengenai sifat benda cair?

10 Udara Ada, tetapi Tidak Terlihat Tujuan Kamu dapat membuktikan keberadaan udara. Alat dan bahan air gelas bening bejana atau wadah yang bening Langkah kerja 1. Masukkan air ke dalam bejana. 2. Masukkan gelas ke dalam air dalam bejana. Gelas dimasukkan dalam posisi tertelungkup dan tegak. Perhatikan isi gelas. Jawablah pertanyaan berikut 1. Apakah bagian dalam gelas terisi air? Apa yang ada dalam gelas? 2. Apa yang dapat kamu simpulkan mengenai sifat gas tersebut?

11 GGE Berkelompoklah menjadi 6 kelompok (perhatikan perimbangan laki-laki dan perempuan) Diskusilah dengan panduan LK 8.1B, 8.1C, dan 8.1D

12 Presentasi Secara bergantian setiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya dan ditanggapi kelompok lain

13 Konsep Benda Dan Sifatnya Benda adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Berdasarkan sifatnya, maka benda dapat dibagi atas 3 macam, yaitu benda padat, cair, dan gas. Masing-masing benda ada yang dapat berubah wujud dan ada yang sulit berubah wujud. Dapat tidaknya benda dapat berubah wujud dipengaruhi oleh adanya perlakuan tertentu atau karena faktor luar.

14 Susunan Benda Padat, benda cair, dan benda gas Benda Padat, tersusun dari zat-zat yang rapat sehingga bentuknya sangat keras. Benda Cair, tersusun dari zat-zat yang agak renggang sehingga mudah dipisahkan. Benda Gas, tersusun dari zat-zat yang sangat renggang sehingga mudah bergerak.

15 Sifat-sifat Wujud benda Benda Padat, mempunyai sifat besar dan bentuknya selalu tetap. Bentuknya tidak mengikuti bentuk wadahnya dan dapat dikenali berdasarkan ciri khasnya. Benda Cair, mempunyai sifat bentuk yang selalu berubah-ubah sesuai dengan bentuk wadahnya, sedangkan besarnya tetap. Sifat permukaan air yang selalu rata, memiliki sifat kapilaritas, dan dapat menekan ke segala arah. Benda Gas, mempunyai sifat isi dan bentuk yang selalu berubah-ubah.

16 Perubahan Wujud Benda Perubahan wujud benda dapat diamati dari perubahan bentuk, warna, bau, dan wujud benda Perubahan wujud benda dapat terjadi karena dibakar, dipanaskan, atau dibiarkan terbuka Benda yang dibakar dapat mengalami perubahan bentuk, warna, dan bau. Misalnya plastik yang dibakar. Benda dapat berubah wujud jika diletakkan di udara terbuka. Misalnya es meleleh menjadi air, bensin akan menguap. Perubahan wujud benda dapat juga disebabkan oleh pelapukan, perkaratan, dan pembusukan. Perubahan wujud benda ini berlangsung lebih lambat dibandingkan perubahan wujud benda pada poin 2, 3, dan 4 di atas.

17 Media

18 B. Peta Konsep benda dan sifatnya memiliki Padat Cair Gas Wujud berupa Bahan dasar barang Logam, plastik, kayu, karet, kertas, dan kaca diantaranya Padat cairMencair Cair padatMembeku Cair gasMenguap Gas cairMengembun Padat gasMenyublim Perubahan Wujud antara lain Benda mengalami dijadikan

19 Strategi Pembelajaran Libatkan gagasan siswa yang telah ada tentang konsep atau materi yang akan dipelajari. Kegiatan ini dapat dilakukan pada kegiatan awal pembelajaran. Tentukan kegiatan-kegiatan yang memungkinkan siswa-siswi dapat mengeksplorasi gagasan-gagasan yang dimiliki dan kegiatan lanjutan untuk mengelaborasi dan menyusun kembali gagasannya. Lakukan reviu untuk mengkaitkan gagasan yang benar dengan gagasan awal.

20 Refleksi Mahasiswa dan mahasiswi diminta merefleksikan kegiatan pembelajaran yang dialami

21 Tindak Lanjut Mahasiswa mengembangkan RPP dengan panduan LK 8.1E

22 Pentingnya Praktik Praktik pembelajaran (peer teaching) merupakan salah satu cara untuk mengasah ketrampilan mengajar 22

23 Prosedur Praktik Salah, mahasiswa/mahasiswi yang ditunjuk berperan menjadi guru Mahasiswa yang lain menjadi pengamat sekaligus berperan menjadi siswa-siswi 23

24 Praktik Waktu praktik 40 menit 24

25 Komentar Berikan komentar atas penampilan rekan kalian. 25

26 Refleksi Perwakilan mahasiswa- mahasiswi merefleksikan jalannya perkuliahan 26

27 Tindak lanjut Pelajari paket berikutnya untuk persiapan perkuliahan minggu depan 27

28 TERIMA KASIH 28


Download ppt "PEMBELAJARAN MATERI BENDA DAN SIFATNYA Waktu: 200 menit Paket 8 Pembelajaran IPA MI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google