Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bacaan: Amsal 3:1-12 Kebaktian Sabtu, 6 Oktober Kedokteran, Universitas Jambi 16:00 - Selesai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bacaan: Amsal 3:1-12 Kebaktian Sabtu, 6 Oktober Kedokteran, Universitas Jambi 16:00 - Selesai."— Transcript presentasi:

1 Bacaan: Amsal 3:1-12 Kebaktian Sabtu, 6 Oktober Kedokteran, Universitas Jambi 16:00 - Selesai

2 MANFAAT

3 Karakteristik dan Gaya Penulisan  DO  DONT  BENEFIT

4 Kelanggengan  DO: 3:1 Hai anakku, janganlah engkau melupakan ajaranku, dan biarlah hatimu memelihara perintahku,  BENEFIT: 3:2 karena panjang umur dan lanjut usia serta sejahtera akan ditambahkannya kepadamu.

5 Diskusikanlah ayat berikut ini:  “Dari manakah datangnya sengketa dan pertengkaran di antara kamu? Bukankah datangnya dari hawa nafsumu yang saling berjuang di dalam tubuhmu?...kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa.” - (Yakobus 4:1-3)  Pertanyaan: Apa hubungan antara kerohanian dengan kelanggengan suatu hubungan?

6 Kasih dan Kehormatan (Penghargaan)  DONT: 3:3 Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau!  DO: Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu,  BENEFIT: 3:4 maka engkau akan mendapat kasih dan penghargaan dalam pandangan Allah serta manusia.

7 Diskusikanlah ayat berikut ini:  Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu. (Mazmur 119:9)  Pertanyaan: Apa hubungan Firman Tuhan dengan moralitas orang muda? Dan apa hubungannya dengan sukses dalam hidup?

8 Kesehatan  DO: 3:5 Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan  DONT: janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.  DO: 3:6 Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.  DONT: 3:7 Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak,  DO: takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan;  BENEFIT: 3:8 itulah yang akan menyembuhkan tubuhmu dan menyegarkan tulang-tulangmu.

9 Diskusikanlah ayat berikut ini:  “Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.” – Amsal 17:22  Pertanyaan: Apa hubungan kerohanian dengan kesehatan Anda?  Baca artikel kesehatan mengenai akibat stress: kesehatan/14337-ini-dia-efek-stres- berkepanjangan-bagi-tubuh.html

10 Kekayaan  DO: 3:9 Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu,  BENEFIT: 3:10 maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya.

11 Diskusikanlah ayat berikut ini:  “Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum?...Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.” – Matius 6:31-33  Pertanyaan: Apa hubungan sikap hati dengan penyediaan Tuhan? (band. Hagai 1:1-11)

12 Karakter (Kualitas Pribadi)  DONT: 3:11 Hai anakku, janganlah engkau menolak didikan TUHAN, dan janganlah engkau bosan akan peringatan-Nya.  BENEFIT: 3:12 Karena TUHAN memberi ajaran kepada yang dikasihi-Nya, seperti seorang ayah kepada anak yang disayangi.

13 Diskusikanlah ayat berikut ini:  “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.” - 2 Timotius 3:16-17  Pertanyaan: Apa hubungan Firman Tuhan dengan karakter Anda?

14 Kesimpulan:  Kesetiaan kepada Tuhan dan Firman- Nya sangat penting dan bermanfaat bagi kelanggengan hubungan, kasih dan kehormatan (penghargaan), kesehatan, kekayaan, dan karakter (kualitas pribadi) Anda.

15 Terima kasih. Tuhan memberkati. Pdt. Naek R. Sijabat MBS


Download ppt "Bacaan: Amsal 3:1-12 Kebaktian Sabtu, 6 Oktober Kedokteran, Universitas Jambi 16:00 - Selesai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google