Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bekasi 22 April 2013 YOSAFAT DAN YORAM Kelas Alkitab Malam GPIB JEMAAT IMMANUEL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bekasi 22 April 2013 YOSAFAT DAN YORAM Kelas Alkitab Malam GPIB JEMAAT IMMANUEL."— Transcript presentasi:

1 Bekasi 22 April 2013 YOSAFAT DAN YORAM Kelas Alkitab Malam GPIB JEMAAT IMMANUEL

2 Yosafat dan Yoram Raja Yosafat adalah raja ke 4 dari kerajaan Yehuda dan anak dari Asa. Ibunya bernama Azuba, anak Silhi. Ia menjadi raja Yehuda pada saat berumur 35 tahun dan memerintah kerajaan Yehuda selama 25 tahun, mulai dari tahun sM. Cerita mengenai raja Yosafat dapat kita baca di 1 Raja-raja 22:41-51, 2 Tawarikh 20:31-2 Tawarikh 21:1. Yosafat adalah raja yang benar di mata Tuhan.

3 Yosafat (juga dieja Yehosafat; bahasa Ibrani: יְהוֹשָׁפָט, Standar Yehoshafat Tiberias Yəhôšāp ̄ ā ṭ ; " Yahweh adalah hakim"; bahasa Yunani: Ιωσαφατ; bahasa Latin: Josaphat; bahasa Inggris: Jehoshaphat, Jehosaphat, Josaphat, Yehoshafat) adalah putra raja Asa[1] dan merupakan raja Yehuda yang ke-4 ( SM) setelah Kerajaan Israel terpecah. Yosafat berumur 35 tahun pada waktu ia menjadi raja dan 25 tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Azuba, anak Silhi. (1 Raja-raja 22:41-51; 2 Tawarikh 17:1-20:37)

4 Raja Yosafat melihat bahwa karakter suatu bangsa ditentukan oleh kualitas kehidupan penyembahan kita kepada TUHAN. Ia memurnikan karakter bangsa Yehuda dengan cara memurnikan penyembahan bangsanya hanya kepada TUHAN. Ia membuat bangsanya menjauhkan kekejian dari mata TUHAN sehingga TUHAN berkenan kepada raja Yosafat dan rakyatnya.

5 Pemerintahan raja Yosafat adalah pemerintahan yang membawa pembaruan spiritual bagi bangsa Yehuda. Ia menetapkan agar rakyatnya tidak menyembah kepada Baal- baal, melainkan hanya kepada TUHAN. ( 2 Tawarikh 17:3-4) Dalam Alkitab Terjemahan Baru 1 Raja-raja 22:47 dikatakan:”Dan sisa pelacuran bakti yang masih tinggal dalam zaman Asa, ayahnya, dihapuskannya dari negeri itu.” Versi King James mengungkapkan: “And the remnant of the sodomites, which remained in the days of his father Asa, he took out of the land. “

6 Yosafat artinya menjadi raja Yehuda pada saat berumur 35 tahun dan memerintah kerajaan Yehuda selama 25 tahun, mulai dari tahun 873 BC BC. Cerita mengenai raja Yosafat dapat kita baca di 1 Raja-raja 22:41-51, 2 Tawarikh 20:31-2 Tawarikh 21:1. Dalam 2 Tawarikh 17:3 dikatakan, "Dan TUHAN menyertai Yosafat, karena ia mengikuti jejak yang dahulu dari Daud, bapa leluhurnya, dan tidak mencari Baal-baal". Apakah Baal ? Di Kamus Alkitab dijelaskan bahwa Baal (Ibrani, בעל - BA'AL) adalah gelar dewa-dewa penduduk asli tanah Kanaan yang ditentang para nabi TUHAN dalam Perjanjian Lama. Ciri-ciri khasnya ialah menjamin kesuburan. Karena itu Baal sering kali disembah oleh orang Israel sendiri. Jadi Baal adalah dewa kesuburan penduduk Kanaan. Penyembahan kepada Baal adalah berhubungan dengan : 1. Pengorbanan anak kepada Baal, lihat Yeremia 19:5. 2. Mencium patung Baal, lihat 1 Raja 19: Ritual pelacuran, lihat 1 Raja 14: Perzinahan, lihat Hakim 2:13. Dalam Hakim 2:13, dijelaskan tentang penyembahan kepada Baal dan Asytoret. Asytoret adalah dewi seksual, kesuburan dan kelahiran bangsa Kanaan. Maka praktek penyembahan kepada Baal adalah juga praktek free seks.

7 Di Matius 12:22-37, Tuhan Yesus menjelaskan tentang Beelzebul (Yunani Βεελζεβουλ - beelzeboul), yang berasal dari bahasa Aram yang dihubungkan dengan bahasa Ibrani בעל זבוב - BA'AL ZEVUV yaitu kata בעל - BA'AL yang berarti בעל - BAAL atau tuan dan kata זבוב - ZEVUV, lalat. BEELZEBUL, harfiah "majikan dari lalat" adalah ilah orang Filistin yang disembah di kota Ekron dalam Perjanjian Lama. Dalam Satanisme ( penyembahan kepada Satan ), maka kita akan tetap menemukan bentuk praktek seperti free seks, orgie, sodomites, pengorbanan kepada Satan. Ritual-ritual ini tidak berubah sejak zaman Perjanjian Lama. Raja Yosafat membersihkan ritual-ritual ini dari bangsanya. Sehingga kemuliaan TUHAN memenuhi kerajaan Yehuda.

8 Yoram bin Yosafat Yoram, Putra Yosafat, ipar dari Yoram raja Israel karena dia kawin dengan Atalya putri Ahab ( sM). Pemerintahannya atas Yehuda (2 Raja 8:16-24; 2 Tawarikh 21) kontras sekali dengan pemerintahan bapaknya yang saleh. Masih pada awal pemerintahannya, dia sudah mengeluarkan perintah untuk membunuh keenam saudara kandungnya laki-laki. Nampaknya ia bertindak begitu untuk secepatnya menyingkirkan semua kendala atas rencana agamanya, yang membuka tabir pengaruh Atalya dan pada akhirnya pengaruh Izebel (2 Raja 8: 18). Kemurtadannya tidak lewat begitu saja tanpa hukuman. Melalui sepucuk surat Elia menyampaikan kepada Yoram hukuman karena dosa-dosanya, dan menubuatkan kematiannya yang prematur karena penyakit usus yang dahsyat (2 Tawarikh 21: 12-15). Pemberontakan Edom yang berhasil dan serbuan atas Yehuda oleh Filistin dan orang Arab adalah penerapan murka Allah terhadap seorang raja yang hina dan fasik.

9 Yoram adalah salah satu raja dari kerajaan yehuda. (5) Yoram berumur tiga puluh dua tahun pada waktu ia menjadi raja dan delapan tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem.(2 Tawarikh 21:5) Perhatikan, usia Yoram saat meninggal, 32 tahun+8 tahun memerintah ialah=40 tahun.jadi yoram meninggal di usia 40 tahun.berikut ayat penguat nya: Pengganti Yoram adalah anaknya, Ahazia (1) Lalu penduduk Yerusalem mengangkat Ahazia, anaknya yang bungsu, menjadi raja menggantikan dia, karena semua anaknya yang lebih tua umurnya telah dibunuh oleh gerombolan yang datang ke tempat perkemahan bersama-sama orang-orang Arab. Dengan demikian Ahazia, anak Yoram raja Yehuda, menjadi raja. (2) Ahazia berumur empat puluh dua tahun pada waktu ia menjadi raja dan setahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Atalya, cucu Omri.(2 Tawarikh 22:1-2) Perhatikan usia wafat Yoram adalah 40 tahun, lalu naiklah anaknya yang bungsu, Ahazia menjadi raja di usia 42 tahun. Jadi, usia anak lebih tua 2 tahun dari ayahnya. Apakah ini masuk akal?

10 Alkitab telah dicetak lebih dari eksemplar dan merupakan "buku" yang paling banyak diterjemahkan di seluruh dunia sepanjang masa (wiki). Alkitab diterjemahkan ke berbagai bangsa supaya semua bangsa dapat mengerti isinya. Bayangkan bagaimana jika ditulis dalam bahasa aslinya (Ibrani), tentu hanya sedikit orang yang dapat memahaminya. Hal ini sesuai dengan rencana kedatangan Yesus kedua kali, yang mensyaratkan Injil diberitakan di seluruh dunia, agar tidak ada dalih bagi manusia bahwa 'saya belum mendengar tentang Injil'. Mat 24:14 "Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia. menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya. "

11 Dalam kitab 2 Tawarikh 22:2 "Ahazia berumur empat puluh dua tahun pada waktu ia menjadi raja dan setahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Atalya, cucu Omri." Pada terjemahan KJV 2Chronicles 22:2 "Ahaziah's dynasty was forty-two years old when he began to reign, and he reigned one year in Jerusalem. His mother's name was Athaliah the daughter of Omri." Jadi jelas yg dimaksud bukanlah umur dari Ahaziah, melainkan umur dari Dinasti Ahaziah, yaitu jumlah tahun yg sudah lewat sejak didirikannya dinasti dari Omri, kakek Ahaziah. Dari zaman Omri, sampai Ahaziah adalah 42 tahun.

12


Download ppt "Bekasi 22 April 2013 YOSAFAT DAN YORAM Kelas Alkitab Malam GPIB JEMAAT IMMANUEL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google