Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BENTUK 2 PANGGUL. Dalam kebidanan di kenal empat bentuk panggul (Caldwell-Moloy) : 1.Panggul Ginecoid. Panggul paling baik untuk wanita, bentuk PAP hampir.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BENTUK 2 PANGGUL. Dalam kebidanan di kenal empat bentuk panggul (Caldwell-Moloy) : 1.Panggul Ginecoid. Panggul paling baik untuk wanita, bentuk PAP hampir."— Transcript presentasi:

1 BENTUK 2 PANGGUL

2 Dalam kebidanan di kenal empat bentuk panggul (Caldwell-Moloy) : 1.Panggul Ginecoid. Panggul paling baik untuk wanita, bentuk PAP hampir bulat. Panjang diameter anteroposterior kira-kira sama dengan diameter transversa. Ditemukan 45% pada wanita. 2.Panggul Android. Bentuk PAP hampir segitiga, umumnya pria mempunyai jenis seperti ini. Panjang diameter anteroposterior hampir sama dengan diameter transversa, bagian belakangnya pendek dan gepeng, bagian depan menyempit ke muka. Ditemukan pada 15% wanita.

3 3. Panggul Platipeloid. Bentuk PAP agak lonjong. Panjang diameter anteroposterior lebih besar daripada diameter transversa. Ditemukan pada 35% wanita. 4. Panggul Platipeloid. Sebenarnya jenis ini adalah panggul ginekoid yang menyempit pada arah muka belakang. Ukuran melintang jauh lebih besar daripada ukuran muka belakang. Ditemukan pada 5% wanita.

4 M. Levator ani M. levator ani mempunyai origo di sebelah lateral dan insertion di bagian tengah tempat otot dari salah satu sisi bertemu dengan otot sisi yang lain. Tiap-tiap M. Levator ani mempunyai origo pada : 1. Sisi posterior os. Pubis 2. Tendo Arcuata Pelvica 3. Permukaan dalam Spina Ischiadika

5 Terdiri dari 2 otot, yaitu M. Pubococcigeusdan M. illiococcygeus M. Pubococcigeus M. Pubbococcigeus merupakan bagian dari dasar panggul yang paling penting, paling dinamis dan paling khusus. Otot ini terletak di garis tengah ditembus oleh uretra, vagina dan rectum, seringkali robek dalam persalinan.

6 Fungsi : –Penggantung vagina –Penyangga utama organ-organ dalam panggul wanita Mempunyai tiga buah otot »Pubovaginalis M erupakan bagian paling medial M. Pubbococcigeus, berbentuk seperti tapal kuda dan terbuka ke depan. Serabut- serabutnya berhubungan dan bercampur dengan otot-otot dinding uretra, kemudian membentuk suatu

7 jirat yang mengelilingi vagina. Serabut otot tersebut berinsersi pada samping serta belakang vagina dan pada titik pusat perineum. –Fungsi : Sebagai spinkter vagina. M. pubborectalis Merupakan penggantung rectum. –Fungsi : Mengontrol penurunan feses

8 M. Pubococcigeus Propia terdiri dari serabut M. Coccigeus yang paling lateral, insersi berbentuk huruf Y pada tepi lateral Os. Coccigeus –Fungsi : Sebagai lapisan musculoskeletal M. Illiococcigeus

9

10 Fisiologi rasa sakit Jalur rasa sakit Jalur rasa sakit atau jalan indra ke atas bermula di ujung syaraf pengindra di tempat terjadinya trauma. Impuls tersebut menjalar sepanjang syaraf perasa menuju simpul syaraf belakang, dari syaraf belakang yang bersangkutan dan diteruskan ke masa syaraf belakang, dari kumpulan syaraf tulang punggung. Ini dikenal dengan nama neuron pertama.

11 Neuron kedua bersumber pada masa syaraf belakang menyebrang di dalam syaraf tulang belakang dan memancarkan impuls-impuls tersebut via medulla oblongata, pons varoli, dan otak tengah menuju thalamus, dari sana impuls tersebut berjalan sepanjang neuron ketiga menuju korteks pengindera.

12 Mekanisme penghambatan Thalamus, hipotalamus, dan bagian- bagian dari cerebral kortex secara kolektif dikenal dengan sebutan Limbic system (system cabang). Sebagian emosi timbul di dalam system cabang tersebut dan mempunyai peranan dalam penghambatan respons terhadap nyeri.

13 Rasa sakit dalam persalinan Rasa sakit yang dialami oleh wanita bersalin disebabkan oleh kontraksi uterus, pembukaan serviks, pada akhir kala I dan kala II, peregangan vagina dan dasar panggul untuk menampung bagian yang menyodor. Rangsangan yang menyakitkan ini dikirimkan oleh syaraf-syaraf Thoracic, Lumbal dan Sacral. Ujung syaraf uterus meneruskan kedua syaraf Thoracic yang terakhir T11 dan T12, melalui paracervikal fleksus. Syaraf-syaraf ini mengirimkan rasa sakit yang disebabkan oleh pembukaan serviks. Pada akhir kala I, T10 dan syaraf lumbal yang pertama. L1 juga terlibat. Syaraf Pudendal mengantar impuls rasa sakit tersebut dari dasar panggul yang meregang menuju syaraf sacral S2, S3,dan S4.

14 PERUBAHAN BENTUK KEPALA ANAK, disebabkan oleh : Caput Succedaneum Moulage Cephal Hematom Caput Succedaneum Adalah : oedem dari kulit kepala anak yang terjadi karena tekanan dari jalan lahir pada kepala anak. Karena tekanan ini vena tertutup, tekanan dalam kapiler venous meninggi, hingga cairan masuk ke dalam jaringan longgar di bawah lingkaran tekanan pada tempat yang terendah

15 Moulage Adalah : Perubahan bentuk kepala dalam usaha menyesuaikan diri dengan bentuk panggul, ialah dengan bergesernya tulang tengkorak yang satu dibawah tulang tengkorak yang lain. Moulage mungkin karena adanya sutura. Dengan moulage ini ukuran yang melalui jalan lahir menjadi kecil, sedangkan ukuran yang tegak lurus padanya menjadi lebih panjang Kemampuan moulage dapat menentukan apakah persalinan dapat berlangsung spontan atau tidak.

16 Cephal Hematom Adalah : Pengumpulan darah di bawah periost. Biasanya terjadi pada os parietal. Hematom ini dapat terjadi pada persalinan yang normal.


Download ppt "BENTUK 2 PANGGUL. Dalam kebidanan di kenal empat bentuk panggul (Caldwell-Moloy) : 1.Panggul Ginecoid. Panggul paling baik untuk wanita, bentuk PAP hampir."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google