Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Inikah visi PMK Saudara? Mengajak sebanyak mungkin mahasiswa kristen menjadi anggota PMK yang aktif. Membangun persaudaraan yang kokoh dan saling menguatkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Inikah visi PMK Saudara? Mengajak sebanyak mungkin mahasiswa kristen menjadi anggota PMK yang aktif. Membangun persaudaraan yang kokoh dan saling menguatkan."— Transcript presentasi:

1 Inikah visi PMK Saudara? Mengajak sebanyak mungkin mahasiswa kristen menjadi anggota PMK yang aktif. Membangun persaudaraan yang kokoh dan saling menguatkan. Mendorong mahasiswa kristen untuk menjadi orang yang tinggi iman dan tinggi ilmu.

2 ... ataukah ini? Menjadikan semua bangsa murid Kristus. Membaptis mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus. Mengajar mereka melakukan segala sesuatu yang telah diperintahkan Yesus.

3 Fakta !!! Kurang dari 50% pengurus PMK yang memahami dengan jelas visi-misi pelayanannya. Kalaupun dipahami, masa untuk regenerasi yang singkat biasanya tidak cukup untuk mentransfer visi-misi tersebut pada generasi selanjutnya.

4 Fakta !!! Prioritas dari kebanyakan pengurus PMK adalah meneruskan program-program pendahulunya. Para pengurus PMK mengalami kesulitan mengintegrasikan Amanat Agung dengan rutinitas kampus dan pelayanannya yang padat.

5 mari bersama mencari solusinya dalam: komppak 2010 melaksanakan amanat agung dalam generasi kita...

6 komppak adalah Konsultasi Misi Pengurus Pelayanan Antar Kampus. Konsultasi ini diselenggarakan oleh lembaga-lembaga pelayanan mahasiswa di Yogyakarta yang bergabung dalam sebuah Forum Kerjasama dengan nama FOKAL Yogyakarta. Lembaga-lembaga pelayanan ini adalah: Yayasan Gloria, Perkantas DIY, LPMI, Para Navigator, PMKT UGM, PMK Melisia Christi, JDS Jogya, JOY Fellowship, Mitra Nusantara. apa itu komppak?

7 apa tujuan komppak? komppak diadakan dengan tujuan memperlengkapi para pengurus PMK di Yogyakarta untuk : memahami Amanat Agung dan implikasinya bagi pelayanan di kampus. mengenali peran mahasiswa dalam penggenapan Amanat Agung. merumuskan visi dan strategi pelayanan kampus yang berorientasi pada Amanat Agung. meneruskan visi dan pola pelayanan Amanat Agung pada generasi berikutnya.

8 siapa target peserta komppak? komppak dirancang khusus untuk memperlengkapi para pengurus PMK-PMK di Yogyakarta, dengan kriteria sebagai berikut: PMK memiliki kegiatan rutin yang sudah berjalan dengan baik. PMK sudah didampingi oleh lembaga pelayanan Kristen atau memiliki potensi untuk didampingi. PMK mengirimkan 3-5 pengurus/calon pengurus inti (orang-orang kunci yang dapat membuat keputusan-keputusan strategis dalam PMK) yang dapat mengikuti acara komppak secara penuh.

9 fokus komppak Ada banyak PMK di Yogyakarta dengan kondisi yang sangat beragam. Untuk menjaga efektivitas, komppak dibatasi untuk PMK-PMK yang sudah siap didampingi saja (lihat kriteria di atas). Target Peserta 20 PMK + 8 Lembaga (maksimal 125 orang) Bentuk Acara Komppak merupakan sebuah acara konsultasi, di mana pengurus PMK dapat bertemu dengan pengurus PMK-PMK lainnya dan lembaga-lembaga pelayanan mahasiswa yang ada di Yogyakarta, bertukar pikiran, diperlengkapi dengan wawasan misi yang utuh dan didorong untuk melakukan penerapan di kampus masing-masing. Konsultasi ini akan ditindaklanjuti dengan prakarsa, yaitu pertemuan untuk pelatihan serta pendampingan intensif.

10 daftar materi komppak Misi pelayanan kampus: melaksanakan Amanat Agung dalam generasi kita... 1Perspektif Alkitab Ttg MisiMenjelaskan mengenai dasar Alkitabiah tentang misi. 2Perspektif Sejarah Ttg MisiMenjelaskan mengenai sejarah gerakan penginjilan dunia. 3Perspektif Budaya Ttg MisiMenjelaskan mengenai ragam pandangan yang dipengaruhi perbedaan budaya dan pengaruhnya untuk pemberitaan Injil. 4Perspektif Strategi Ttg MisiMenjelaskan mengenai strategi untuk penginjilan dunia, mentransformasi komunitas dan melakukan gerakan perintisan jemaat. 5Visi Pelayanan KampusMenjelaskan mengenai visi dan pola pelayanan berorientasi Amanat Agung yg perlu dimiliki tiap kampus. 6Penginjilan: Jadikanlah...Menjelaskan bagaimana memulai dan menjaga kontinuitas gerakan penginjilan di kampus. 7Pemuridan: Ajarlah...Menjelaskan bagaimana memulai dan menjaga kontinuitas gerakan pemuridan di kampus. 8Action PlanDiskusi dan perumusan tindak lanjut di kampus masing-masing. 9Penutup : Pergilah...Mengutus setiap peserta untuk memulai pola pelayanan Amanat Agung di kampus masing-masing.

11 pelaksanaan komppak komppak 2010 akan diadakan pada: hari, tanggal Jumat-Minggu, November 2010 tempat Wisma Kaliurang biaya Rp /orang biaya pendaftaran (subsidi panitia?) Rp /peserta

12 survei komppak Survei komppak adalah survei yang dilakukan di PMK-PMK di Yogyakarta untuk memetakan kondisi pelayanan yang ada saat ini. Survei dilakukan oleh FOKAL untuk memberikan data yang akurat dan terbaru mengenai visi dan pola pelayanan yang berkembang di PMK-PMK di Yogyakarta. FOKAL atau tim kerja yang ditunjuk, melakukan kunjungan dan wawancara dengan pengurus-pengurus PMK, kemudian mengkategorikan PMK tersebut dalam klasifikasi 1-4 menurut daftar V-PI-PM-PU (lihat slide berikut). Data yang akan disajikan tim kerja meliputi : -daftar kampus berikut letaknya di peta Yogyakarta dengan penandaan menurut klasifikasinya - jumlah PMK menurut klasifikasinya - daftar kebutuhan spesifik komppak dan tindak lanjutnya

13 survei komppak Tentukan dalam tahap mana kampus saudara menurut klasifikasi berikut ini! PENGINJILAN PI0: kampus saya belum ada Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK) yang terorganisir dengan baik PI1: kampus saya sudah ada PMKnya, tetapi belum menangkap tujuan penginjilan (PI) PI2: kampus saya sudah ada PMK dan memiliki program penginjilan tetapi tidak terencana dan tidak berjalan dengan baik PI3: kampus saya sudah ada PMK dan memiliki program penginjilan yang berjalan dengan baik PI4: kampus saya sudah PMK dan sudah menjadi mentor penginjilan bagi kampus lain.

14 survei komppak Tentukan dalam tahap mana kampus saudara menurut klasifikasi berikut ini! PEMURIDAN PM0: kampus saya belum ada Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK) yang terorganisir dengan baik PM1: kampus saya sudah ada PMKnya, tetapi belum menangkap tujuan pemuridan PM2: kampus saya sudah ada PMK dan memiliki program pemuridan tetapi tidak terencana dan tidak berjalan dengan baik PM3: kampus saya sudah ada PMK dan memiliki program pemuridan yang berjalan dengan baik PM4: kampus saya sudah PMK dan sudah menjadi mentor pemuridan bagi kampus lain.

15 survei komppak Tentukan dalam tahap mana kampus saudara menurut klasifikasi berikut ini! PENGUTUSAN PU0: kampus saya belum ada Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK) yang terorganisir dengan baik PU1: kampus saya sudah ada PMKnya, tetapi belum menangkap tujuan pengutusan PU2: kampus saya sudah ada PMK dan memiliki program pengutusan tetapi tidak terencana dan tidak berjalan dengan baik PU3: kampus saya sudah ada PMK dan memiliki program pengutusan yang berjalan dengan baik PU4: kampus saya sudah PMK dan sudah menjadi mentor pengutusan bagi kampus lain.

16 survei komppak Tentukan dalam tahap mana kampus saudara menurut klasifikasi berikut ini! VISI DAN POLA PELAYANAN AA V0: Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK) di kampus saya belum memiliki visi yang jelas tertulis dan diketahui oleh semua pengurus dan anggota. V1: PMK di kampus saya memiliki visi yang jelas namun tidak mengarah Amanat Agung. V2: PMK di kampus saya memiliki visi yang berorientasi Amanat Agung, namun belum memiliki pola pelayanan yang terintegrasi dengan visi tersebut. V3: PMK di kampus saya sudah memiliki visi dan pola pelayanan yang terintegrasi dengan Amanat Agung V4: PMK di kampus saya aktif membagikan visi dan pola pelayanan Amanat Agung ke kampus lain.

17 daftar istilah Penginjilan = usaha-usaha untuk memberitakan jalan keselamatan di dalam Kristus dan menantang orang untuk menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi. Pemuridan = usaha-usaha untuk membimbing pertumbuhan seseorang secara intensif (pribadi ke pribadi maupun kelompok kecil) dan secara sengaja membimbingnya secara bertahap menuju tingkat komitmen yang lebih tinggi sehingga ia dapat membimbing orang lain lagi. Pengutusan = usaha-usaha untuk menolong seseorang menangkap visi ‘menjangkau semua suku bangsa di dunia bagi Kristus’, membangun keterlibatan dan komitmen baik melalui doa, dana maupun penyerahan diri bagi pekerjaan misi, baik pada saat masih menjadi mahasiswa maupun saat sudah menjadi alumni.

18 prakarsa komppak prakarsa komppak adalah tindak lanjut untuk menolong peserta menerapkan visi dan pola pelayanan Amanat Agung di kampus masing-masing. Tindak lanjut ini berupa: -Pertemuan dengan PMK lain (V/P4) dan lembaga pelayanan mahasiswa untuk mendiskusikan strategi pelayanan dan bertukar sumber daya yang diperlukan. -Pendampingan intensif oleh lembaga pelayanan mahasiswa tertentu (1 lembaga untuk 1 PMK)


Download ppt "Inikah visi PMK Saudara? Mengajak sebanyak mungkin mahasiswa kristen menjadi anggota PMK yang aktif. Membangun persaudaraan yang kokoh dan saling menguatkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google