Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Memahami etimologi multimedia Mendeskripsikan tentang multimedia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Memahami etimologi multimedia Mendeskripsikan tentang multimedia."— Transcript presentasi:

1

2 Memahami etimologi multimedia Mendeskripsikan tentang multimedia

3 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 2Isikan Judul Halaman Sejarah Istilah “MULTIMEDIA” Istilah "multimedia" diciptakan Oleh Bob Goldstein (kemudian 'Bobb Goldsteinn') untuk mempromosikan Juli 1966 pembukaan nya "LightWorks di L'Oursin" menunjukkan di Southampton, Long Island. Pada tanggal 10 Agustus 1966, Richard Albarino dari Variety meminjam terminologi, melaporkan: "gagasan songscribe-komik Bob ( 'Washington Square') Goldstein, yang 'Lightworks' adalah multi media terbaru musik-cum-visual untuk debut sebagai diskotik tarif. “

4 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 3Isikan Judul Halaman SEJARAH MULTIMEDIA  Dua tahun kemudian, pada tahun 1968, istilah "multimedia" adalah kembali disesuaikan untuk menggambarkan karya seorang konsultan politik, David Sawyer, suami Iris Sawyer-salah satu produsen Goldstein di L'Oursin. Dalam selang empat puluh tahun, kata telah diambil pada makna yang berbeda. Pada akhir 1970-an istilah ini digunakan untuk mendeskripsikan presentasi terdiri dari multi-proyektor slide diatur untuk melacak audio. [Rujukan?] Namun, pada tahun 1990-an 'multimedia' mengambil makna saat ini.

5 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 4Isikan Judul Halaman SEJARAH MULTIMEDIA  Penggunaan bahasa Jerman masyarakat, Gesellschaft fur deutsche Sprachgebrauch, memutuskan untuk mengenali kata yang makna dan ubiquitousness pada 1990-an dengan pemberian gelar itu 'Word of the Year "di tahun Institut diringkas dasar pemikirannya dengan menyatakan "[Multimedia] telah menjadi kata sentral dalam dunia media baru yang indah“.

6 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 5Isikan Judul Halaman MULTIMEDIA ????

7 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 6Isikan Judul Halaman Tentang “MULTIMEDIA” Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat ber-navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game

8 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 7Isikan Judul Halaman ISTILAH MULTIMEDIA Istilah ini digunakan dalam media yang kontras dengan hanya menggunakan bentuk-bentuk tradisional dicetak atau tangan-bahan yang diproduksi. Multimedia mencakup kombinasi antara :  Teks  Audio  Gambar diam  Animasi  Video  dan bentuk konten interaktivitas

9 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 8Isikan Judul Halaman Multimedia biasanya direkam dan bermain, ditampilkan atau diakses oleh perangkat pengolahan isi informasi, seperti komputer dan perangkat elektronik, tetapi dapat juga menjadi bagian dari sebuah live performance. Multimedia (sebagai kata sifat) juga menggambarkan media elektronik perangkat yang digunakan untuk menyimpan dan pengalaman konten multimedia.

10 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 9Isikan Judul Halaman  Multimedia dibedakan dari campuran media dalam seni rupa; oleh termasuk audio, misalnya, ia memiliki lingkup yang lebih luas. Istilah "rich media" adalah sinonim untuk multimedia interaktif.

11 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 10Isikan Judul Halaman Komputer Multimedia Komputer multimedia adalah sebuah komputer dengan spesifikasi tertentu dan dilengkapi dengan beberapa peripheral yang digunakan untuk mengolah teks, grafik, audio, animasi dan video untuk menjadi sebuah informasi dan hiburan secara kreatif dan interaktif.

12 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 11Isikan Judul Halaman Standar computer multimedia TAHUN MHz 386SX CPU 2 MB RAM 30 MB hard disk 256-color, 640 x 480 VGA video card 1x CD ROOM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 1 second seek time Sound card outputting 22 KHz, 8-bit sound; and inputting 11 KHz, 8-bit sound Windows3.0 with multimedia extensions

13 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 12Isikan Judul Halaman Pada tahun 1993 : 25 MHz 386SX CPU 4 MB RAM 160 MB hard disk 16-bit color, 640 x 480 VGA video card 2x CD ROOM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 400 ms seek time Sound card outputting 44 KHz, 16-bit sound Windows3.0 with multimedia extensions, or windows 3.1

14 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 13Isikan Judul Halaman Pada tahun 1996 : 75 MHz 386SX CPU 4 MB RAM 540 MB hard disk Video system that can show 352×240 at 30 frames per second, 15 bit color MPEG 1 Hardware or software video playback 2x CD ROOM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 400 ms seek time Sound card outputting 44 KHz, 16-bit sound Windows3.11

15 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 14Isikan Judul Halaman Perkembangan selanjutnya, seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi spesifikasi hardware computer multimedia sangat pesat. Namun bagaimanapun, hasil akhir produk-produk informasi akan sangat ditentukan juga pada kreatifitas dan inovasi pengguna tool tersebut.

16 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 15Isikan Judul Halaman Mengapa MULTIMEDIA?

17 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 16Isikan Judul Halaman  Pemenuhan kebutuhan informasi bagi manusia baik yang bergerak di bidang pendidikan, perusahaan, hiburan dan sebagainya mengalami perubahan pola atau cara. Dengan berbagai alasan seperti efisiensi waktu, biaya dan ruang, manusia cenderung mengingini perolehan dan penyimpanan informasi dengan cara-cara yang sederhana, cepat, menyenangkan, efisien dalam pemakaian ruang dan dengan biaya yang relative murah.

18 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 17Isikan Judul Halaman Disisi lain berdasarkan pengamatan terhadap kemampuan manusia dalam menerima dan mengingat informasi yang diterimanya, menurut Riset Computer Technology Research (CTR) ; * Manusia mampu mengingat 20 % dari apa yang dia lihat * Manusia mampu mengingat 30% dari yang dia dengar * Manusia mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat * Manusia mampu mengingat 70% dari yang dia lihat, didengar dan dilakukan

19 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 18Isikan Judul Halaman  Mengacu pada hasil penelitian tersebut, para ahli teknologi berupaya mengadakan teknologi yang memungkinkan manusia memperoleh informasi yang diingininya dengan cara melihat, mendengar dan mengalami (menjadi pelaku) di dalamnya.

20 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 19Isikan Judul Halaman KEMAMPUAN MULTIMEDIA Kemampuan multimedia dalam memudahkan aktivitas manusia diantaranya : * Mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaannya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking dan telecommunicating adalah Netmeeting! * Mengubah cara belanja. Homeshooping/teleshooping dapat digunakan dengan menggunakan fasilitas internet * Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan computer multimedia. Belajar on-line, e-learning dengan menggunakan e-book. * Dll

21 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 20Isikan Judul Halaman KATEGORI MULTIMEDIA BERDASARKAN MEDIUMNYA

22 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 21Isikan Judul Halaman 1. Multimedia Content Production (produksi konten multimedia) Multimedia content production dapat diartikan sebagai penggunaan media untuk penyajian produk-produk informasi berbasis kreatif. Misalkan animasi, musik digital, video dan sebagainya. Media tersebut tentunya juga beragam dan akan sangat mempertimbangkan untuk apa dan untuk siapa informasi tersebut disajikan. Contoh : banner, film kartun, web, cd interaktif, iklan, special effect dsb.

23 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 22Isikan Judul Halaman 2. Multimedia Communication (komunikasi multimedia) Multimedia komunikasi dapat diartikan penggunaan media untuk kegiatan komunikasi baik dalam bentuk audio, teks dan atau audio visual. Contoh : kegiatan chatting, sms, teleconference, video conference.

24 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 23Isikan Judul Halaman SYSTEM MULTIMEDIA

25 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 24Isikan Judul Halaman System multimedia adalah sesuatu yang dapat mengatur terdukungnya penggunaan lebih dari satu media. Bagaimana sebuah system dapat dikatakan system multimedia?; 1. Kombinasi Media System disebut system multimedia apabila kedua jenis (discreet/contnous)media dipakai. Contoh media diskrit : teks, grafik dan media kontinyu adalah audio dan video.

26 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 25Isikan Judul Halaman 2. Independence Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antara media tersebut. System disebut system multimedia apabaila tingkat ketergantungan/keterkaitan antara media rendah. 3. Computer-Supported Integration System harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh computer. System dapat deprogram oleh system programmer/user

27 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 26Isikan Judul Halaman PERANGKAT LUNAK MULTIMEDIA Perangkat lunak multimedia adalah komponen-komponen dalam data processing system, berupa program-program untuk mengintrol bekerjanya system multimedia. Perangkat lunak ini digologkan menjadi tiga bagian, yaitu bahasa pemrograman multimedia, perangkat lunak system multimedia dan perangkat lunak aplikasi multimedia. 1. Bahasa Pemrograman Multimedia Bahasa pemrograman multimedia adalah bahasa computer yang digunakan programmer untuk membuat aplikasi multimedia. Contohnya Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic, Flash Programmer dan Java.

28 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 27Isikan Judul Halaman 2. Perangkat Lunak Sistem (System Software) Perangkat ini terdiri dari system operasi (operating system) misalnya DOS (Disc Operating System), Windowa 95/98/ME, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux dan Mac OS. Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application) seperti aplikasi anti virus. 3. Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia Perangkat lunak aplikasi multimedia merupakan aplikasi- aplikasi yang dirancang oleh personal atau organisasi untuk user yang bergerak dalam bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, modeling, animasi, sound editing, video editing dan sebagainya.

29 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 28Isikan Judul Halaman Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia A. Perangkat Pengolah Teks Aplikasi yang banyak digunakan untuk pengolah teks misalnya : Microsoft word, word star for windows, word perfect dan start writer. Sedangkan aplikasi pengolah teks yang bersifat open sources seperti open office writer, KWiter dan Abi Word.

30 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 29Isikan Judul Halaman B. Perangkat Lunak pengolah Animasi dan Grafik 2D Aplikasi Pengolah grafik 2D dibagi menjadi : - Grafik 2D Vektor misalnya corel draw, macromedia freehand, adobe illustrator, open draw dll - Grafik 2D Raster, misalnya : Adobe Photoshop, Jast Paint shop pro, Gimp dll. - Animasi, misalnya : Macromedia Flash, Adobe Image Ready dll. Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia

31 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 30Isikan Judul Halaman C. Perangkat Lunak pengolah Animasi dan Modelling Grafik 3D Contoh aplikasi animasi dan modeling 3D, misalnya : 3D studio maks, blender, maya, Softimage, Lighware dll. Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia

32 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 31Isikan Judul Halaman D. Perangkat Lunak Authoring Multimedia E. Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web Contoh aplikasi berbasis web, misalnya : macromedia dream weaver, Microsoft front page, Joomla, Apache, macromedia flash, adobe photoshop dll. Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia

33 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 32Isikan Judul Halaman F. Aplikasi Pengolah Audio Aplikasi Pengolah audio, misalnya : Sound recorder, modplug tracker, audacity dll. G. Aplikasi Pengolah Video Contoh aplikasi ini, misalnya : windows movie maker, Pinaccle, Adobe Premiere, Ulead Video Studio dll Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia

34 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 33Isikan Judul Halaman H. Aplikasi dalam bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Multimedia merupakan media pelatihan yang baik dan menarik yang dikenal dengan istilah Computer Based Trainning (CBT). Misalnya perusahaan installshield membuat perangkat lunak multimedia yang dikhususkan untuk training. Contoh lainnya adalah perusahaan L’OREAL membuat program recruitment tenaga kerja. Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia

35 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 34Isikan Judul Halaman I. Aplikasi dalam Bidang Produksi Penggunakan aplikasi ini digunakan untuk merancang dan merekayasa suatu produk misalnya alat-alat elektronik dan mesin bahkan dapat pula digunakan untuk memonitor dan mengontrol proses produksi dan berkembang menuju manufaktur teritegrasi berbasis multimedia. J. Aplikasi Multimedia dalam bidang Pemerintahan Aplikasi yang paling menonjol do bidang pemerintahan adalah E-Government, Profil Departemen dan Kios Informasi tentang kota Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia

36 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 35Isikan Judul Halaman K. Aplikasi dalam Bidang Pendidikan Aplikasi multimedia pendidikan antara lain belajar on- line, Jardiknas dll L. Aplikasi dalam Bidang Travel Aplikasi berbasi web banyak digunakan sebagai penerapan layanan perjalanan yang di dalamnya termasuk layanan informasi biaya perjalanan, pemesanan on-line untuk lodging transportasi baik laut, darat maupun udara. Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia

37 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 36Isikan Judul Halaman M. Aplikasi dalam Bidang Hiburan Dalam bidang hiburan multimedia digunakan dalam pembuatan film, musik, radio interaktif, televise interaktif, game elektronik. dll. Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia

38 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 37Isikan Judul Halaman Kurikulum Multimedia

39 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 38Isikan Judul Halaman Istilah-istilah umum di bidang multimedia : 1. Multimedia Interaktif Multimedia yang pengguna akhir/user dapat mengontrol apa dan dalam hal apa urutan elemen multimedia dikirimkan. 2. Programmer Multimedia Programer yang mengintegrasikan elemen-elemen suatu proyek ke dalam bentuk keseluruhan yang harus menggunakan sebuah sistem autoring/bahasa pemrograman.

40 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 39Isikan Judul Halaman 3. Multimedia Linier Sebuah struktur multimedia di mana pengguna bernavigasi sesuai urutan dari suatu frame/bite informasi ke yang lainnya. 4. Multimedia Nonlinier Strutur multimedia di mana pengguna menavigasi secara bebas ke dalam isi suatu proyek tidak dibatasi oleh rute yang ditentukan.

41 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 40Isikan Judul Halaman 5. Proyek Multimedia Sarana perangkat lunak pesan dan isi yang dapat dipresentasikan pada sebuah layar komputer/televisi. Juga mempunyai arti proses pembuatan multimedia.

42 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 41Isikan Judul Halaman Multimedia Sebagai Media Pembelajaran Interaktif

43 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 42Isikan Judul Halaman  Penggunaan Media Pembelajaran Pengetahuan dan keterampilan, perubahan sikap dan perilaku dapat terjadi karena interaksi antara pengalaman baru dengan pengalaman yang pernah dialami sebelumnya. Menurut Bruner dalam Arsyad (2005) ada tiga tingkatan utama modus belajar, yaitu pengalaman langsung (enactive), pengalaman piktorial/gambar (iconic), dan pengalaman abstrak (symbolic). Salah satu gambaran yang paling banyak dijadikan acuan sebagai landasan teori penggunaan media dalam proses belajar mengajar adalah Dale’s Cone of Experience (Kerucut Pengalaman Dale) (Dale, 1969

44 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 43Isikan Judul Halaman  Pengaruh media dalam pembelajaran dapat dilihat dari jenjang pengalaman belajar yang akan diterima oleh siswa. Hasil belajar seseorang diperoleh mulai dari pengalaman langsung (konkret), kenyataan yang ada di lingkungan kehidupan seseorang kemudian melalui benda tiruan, sampai pada lambang verbal (abstrak).  Pengertian Multimedia Interaktif  Secara etimologis multimedia berasal dari kata multi (Bahasa Latin, nouns) yang berarti banyak, bermacam- macam, dan medium (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu.

45 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 44Isikan Judul Halaman  Kata medium dalam American Heritage Electronic Dictionary (1991) juga diartikan sebagai alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi (Rachmat dan Alphone, 2005/2006).  Beberapa definisi multimedia menurut beberapa ahli (dalam Rachmat dan Alphone, 2005/2006; Wahono, 2007; dan Zeembry, 2008) diantaranya:  1. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)

46 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 45Isikan Judul Halaman  2. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)  3. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.  4. Multimedia sebagai perpaduan antara teks teks, grafik, sound, animasi, dan video untuk menyampaikan pesan kepada publik (Wahono, 2007)

47 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 46Isikan Judul Halaman  5. Multimedia merupakan kombinasi dari data text, audio, gambar, animasi, video, dan interaksi (Zeembry, 2008)  6. Multimedia (sebagai kata sifat) adalah media elektronik untuk menyimpan dan menampilkan data-data multimedia (Zeembry, 2008)

48 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 47Isikan Judul Halaman  Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut maka dapat disimpulkan bahwa multimedia meru-pakan perpaduan antara berbagai media (format file) yang berupa teks, gambar (vektor atau bitmap), grafik, sound, animasi, video, interaksi, dll. yang telah dikemas menjadi file digital (komputerisasi), digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik.

49 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 48Isikan Judul Halaman  Pemanfaat-an multimedia sangatlah banyak diantaranya untuk: media pembelajaran, game, film, me-dis, militer, bisnis, desain, Arsitektur, olahraga, hobi, iklan/promosi, dll. (Wahono, 2007).  Pengertian interaktif terkait dengan komunikasi 2 arah atau lebih dari komponen-komponen komunikasi. Komponen komunikasi dalam multimedia interaktif (berbasis komputer) adalah hubungan antara manusia (sebagai user/pengguna produk) dan komputer (software/aplikasi/produk dalam format file tertentu, biasanya dalam bentuk CD

50 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 49Isikan Judul Halaman Dengan demikian produk/CD/aplikasi yang diharapkan memiliki hubungan 2 arah/timbal balik antara software/aplikasi dengan usernya (Harto, 2008: 3). Interaktifitas dalam multimedia oleh Zeemry (2008: slide ke-36) diberikan batasan sebagai berikut: (1)pengguna (user) dilibatkan untuk berinteraksi dengan program aplikasi; (2)(2) aplikasi informasi interaktif bertujuan agar pengguna bisa mendapatkan hanya informasi yang diinginkan saja tanpa harus “melahap” semuanya.

51 Teknologi Informasi dan Komunikasi Hal.: 50Isikan Judul Halaman SMK NEGERI 2 BLITAR The End


Download ppt "Memahami etimologi multimedia Mendeskripsikan tentang multimedia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google