Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Penulisan Media PR Session 6- Menulis News Release Ambang Priyonggo, M.A.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Penulisan Media PR Session 6- Menulis News Release Ambang Priyonggo, M.A."— Transcript presentasi:

1 Penulisan Media PR Session 6- Menulis News Release Ambang Priyonggo, M.A.

2 Apa itu News Release? Informasi yang Anda inginkan terpublikasi di dunia press, biasanya media cetak. Meski semua news release secara format memiliki kesamaan, namun sejatinya bisa dibedakan berdasarkan aspek penekanannya.

3 Jenis news release PUBLICITY RELEASE PRODUCT RELEASE FINANCIAL RELEASE

4 PUBLICITY RELEASE PUBLICITY RELEASES yang mengcover segela informasi dari suatu institusi atau organisasi yang memiliki nilai berita (news value) bagi media lokal, regional, atau bahkan internasional.

5 PRODUCT RELEASE PRODUCT RELEASES yang terkait dengan dengan produk spesifik. Release seperti ini biasanya ditargetkan menjadi publikasi perdagangan di dunia industri. Release ini menyajikan tentang produk itu sendiri, konsumennya, atau dari sisi pemasaran (marketing)

6 Financial release FINANCIAL RELEASE biasanya didigunakan dalam kaitan relasi dengan pemegang saham; namun informasi yang disajikan juga menjadi daya tarik media. Banyak media lokal, regional, dan internasional memiliki section keuangan.

7 ASPEK MENULIS NEWS RELEASE Lead Quotation dan Attribution Format News Release

8 LEAD Seperti halnya berita, menulis fungsi lead pada news release memiliki peranan penting sebagai hook (cantelan) agar cerita Anda menarik pembaca Jangan selalu beranggapan bahwa news release yang Anda kirim bakal selalu dimuat. Ada kewajiban bagi editor (redaktur) untuk mengeditnya, bahkan menolak untuk memuatnya. Lead menjadi suatu hal penting pula agar redaktur cepat menangkap summary dari isi news release Anda.

9 Dua jenis LEAD Lead Summary, artinya bahwa lead seperti ini merangkum informasi. Ini seperti pada berita straight news atau hard news. Lead ini menjawab 5W + 1H Delayed Lead digunakan untuk ‘menambahkan’ sisi ‘drma’. Tipe lead seperti ini untuk tulisan bergaya feature dan tidak cocok untuk hard news.

10 Keringat mengucur di muka lelaki tua yang tangannya buntung itu, sementara pemilik kendaraan merelakan uang kembalinya yang hanya dua ratus rupiah. Namun lelaki itu tetap saja merogoh saku dengan tangan kirinya yang normal, mengambil dua koin ratusan. Pak Saleh, tukang parkir yang bertangan sebelah itu, tak ingin dikasihani..... Aktivis muslimat NU, Lily Wahid mengaku khawatir adanya kemungkinan intervensi pemerintah dalam proses pemilihan Ketua Umum PBNU dan Rais Am pada Muktamar NU ke-32 di Makassar.

11 Attribution (atribusi) “Situasi terkini di pasar perangkat lunak memaksa perusahaan IT ikut terlibat melakukan kapitalisasi guna mengikuti trend tersebut. Ini berarti bahwa pengembangan produk baru memberi peluang investor untuk merambah niche market.” Pernyataan ini disampaikan oleh Bapak James L. Sutton, Presiden Asosiasi Industri Perangkat Lunak, dalam pidatonya pada Konferensi Produsen Perangkat Elektronik di Syracus, New York, Pekan lalu.

12 Revised Lead NEW YORK -- Trend pasar perangkat lunak komputer di dalam negeri saat ini berpeluang untuk menerima investasi baru. Hal ini diungkapkan oleh Presiden Asosiasi Industri Perangkat Lunak, James L. Sutton dalam pidatonya di konferensi Produsen Perangkat Lunak di Syracus, Newyork, Kamis (25/3). “Situasi terkini di pasar perangkat lunak memaksa perusahaan IT ikut terlibat melakukan kapitalisasi guna mengikuti trend,” kata James. “Ini berarti bahwa pengembangan produk baru memberi peluang investor untuk merambah niche market,” tambahnya.

13 Kala atribusi berfungsi... Anda lihat betapa pada lead yang direvisi merangkum apa yang dikatakan James L. Sutton (intisari dari poin penting peryataannya). Pada paragraf kedua, lalu masuk pada atribusi tidak langsung (kata James L. Sutton) Paragraf selanjutnya atribusi langsung berupa quotation (kutipan langsung) dari James L. Sutton.

14 Who  Presiden Asosiasi Industri Perangkat Lunak, James L. Sutton What  menyatakan peluang investasi di sektor industri perangkat lunak. When  Kamis (25/3) [diletakkan di paragraf dua, karena fokus lead lebih ke what]. Perhatikan bahwa jika release ini dimuat untuk besok, redaktur akan menggantinya dengan keterangan waktu ‘kemarin’. Where  Syracus, New York [diletakkan di paragraf kedua,karen fokus lead lebih ke what] Why  termaktub di paragraf ketiga How  paragraf kedua

15 Versi Publicist (PR) Menteri Negara Riset dan Teknologi Prof. Dr. Ir. H. KRMT Parno Suparno M.Sc., M.A., M.M. akan menerima penghargaan penting Goodyear Medal pada 6 Juni di Jakarta dalam gelar acara khusus. Digagas oleh Asosiasi Cendekiawan Indonesia, Goodyear Award ini memberikan penghargaan pada sosok yang dianggap memberikan kontribusi tinggi pada bidang pengembangan teknologi dan sains di Indonesia.

16 Versi Wartawan Menristek Parno Suparno bakal menerima penghargaan tertinggi bidang Teknologi dan Sains, Goodyear Award, pada Kongres Asosiasi Cendekiawan Indonesia 6 Juni mendatang.

17 Quotation Quotation (kutipan) membuat news release Anda lebih menarik. Johnson, supir truk yang telah 15 tahun mengabdi di Freeport, tidak setuju dengan aksi mogok ini. “Aksi protes seperti ini membuat kita semua merugi, gaji kita tidak dibayar perusahaan karena kita tidak bekerja,” katanya. Aksi mogok karyawan Freeport ini telah berlangsung dua pekan. Perusahaan pertambangan ini pun terpaksa menghentikan produksi yang berujung pada kerugian hingga miliaran rupiah. “Lebih baik kita bernegosiasi dengan pihak HRD. Masalah ini bisa diselesaikan tanpa merugikan perusahaan dan karyawaan,” tambah Johnson.

18 Local Interest Jika Anda menulis release dengan menarget media lokal dan nasional, maka perhatikan informasi yang mereka butuhkan itu ada pada release Anda. Hindari hal-hal berbau komersial (iklan, promosi, mencantumkan harga). Jangan memaksa membuat angle berita berbau lokal jika memang tidak ada isu yang bisa ‘dilokalkan’ hanya agar sekadar bisa dimuat media lokal.

19 Format News Release Biasanya diketik dalam kertas putih (kwarto/folio/A4) tanpa border yang dekoratif. Margin, 1 hingga 1 ½ inchi di semua sisi Alamat pengirim ditulis di sisi kiri atas, lengkap dengan kontak. Tanggal dan waktu release di margin kanan Body (batang tubuh) release dimulai setidaknya pada bagian sepertiga dari halaman, agar ada white space (tempat menulis coret-coret komentar)

20 Timing and dating Release Datelines= tempat kota asal informasi itu berasal Jika release Anda “exclusif and special” jangan lupa cantumkan frase itu agar redaktur tahu. Term ‘special’ artinya penyajian release dengan menggunakan gaya tertentu dan untuk publikasi tertentu, walau media lain juga mendapatkannya. For Immediate Release Exclusive for Daily Planet For Release February 24, 2009


Download ppt "Penulisan Media PR Session 6- Menulis News Release Ambang Priyonggo, M.A."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google