Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN Kerajinan Serat Alam Kelompok 2 Nama kelompok: - Ari Rusadi -Ayu Wulan S - Fanina F - Khoirun Nisa - Jaka Nurjaman.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN Kerajinan Serat Alam Kelompok 2 Nama kelompok: - Ari Rusadi -Ayu Wulan S - Fanina F - Khoirun Nisa - Jaka Nurjaman."— Transcript presentasi:

1 PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN Kerajinan Serat Alam Kelompok 2 Nama kelompok: - Ari Rusadi -Ayu Wulan S - Fanina F - Khoirun Nisa - Jaka Nurjaman

2 HASIL PRODUK DARI KERAJINAN SERAT ALAM 1.Kerajinan serat alam eceng gondok Banyak orang mengenal tanaman enceng gondokatau dalam bahasa latin bernama Eichhornia crassipes, merupakan gulma bagi tanaman di sawah. Selain sebagai gulma dalam jumlah yang besar enceng gondok akan mengakibatkan pendangkalan pada perairan seperti danau dan kolam. Tetapi dibalik semua itu banyak peluang usaha yang bisa dihasilkan dari bisnis kerajinan enceng gondok.Enceng gondok merupakan serat alam yang ramah lingkungan sehingga aman untuk bahan kerajinan dan menjadi trend bisnis kedepan.

3 Aneka kerajinan dari bahan enceng gondok bisa kita dapatkan di berbagai toko kerajinan atau supermarket. Dari Kerajinan berupa sandal enceng gondok, tas, dompet serta pernik-pernik perhiasan enceng gondok sampai furniturepun dapat dibuat dari enceng gondok. Tidak pernah terbayangkan sebelumnya kerajinan tersebut berasal dari tanaman gulma enceng gondok. Pengembangan bisnis kerajinan enceng gondok selain ditujukan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama kelompok Bisnis Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) juga bermanfaat dalam mendukung lingkungan hidup daerah sekitar. Sebab, Tanaman eceng gondok selama ini masih dianggap sebagai tanaman yang merugikan, karena dapat menyebabkan terjadinya pendangkalan perairan, menurunnya populasi ikan, penyumbatan irigasi, penyebab terjadinya banjir, dan tempat bersarangnya nyamuk.

4 Contoh produk: Furniture dari eceng gondok

5 Sandal dari eceng gondok

6  Proses pengeringan eceng gondok proses pengeringan eceng gondok 

7 2. Kerajinan serat alam rotan Proses Pembuatan Kerajinan Anyaman Rotan, untuk pembuatan kursi atau meja diperlukan rotan yang sudah dibersihkan dengan ukuran diameter sekitar 2-3 cm. Rotan dibentuk menurut kerangka kursi atau meja, dengan jalan memanaskan rotan dengan api (setengah dibakar) sampai agak lunak, sehingga dapat dibentuk sesuai dengan keinginan dengan mudah. Jika belum sempurna, rotan dipanaskan lagi dan dibentuk lagi. Demikian seterusnya sampai terbentuk sesuai keinginan.

8 CONTOH KERAJINAN ROTAN

9 Bahan-bahan kerangka yang satu dengan yang lain dirangkai dengan terlebih dahulu mempergunakan paku atau pasak dan kemudian diikat dengan anyaman menggunakan kulit rotan yang lebih kecil,Setelah kerangka selesai dibuat dengan utuh,barulah dianyam kulit rotan yang sudah dihaluskan dengan mengamplas keseluruh permukaan bagian klursi yang diperlukan seperti tempat duduk, sandaran, serta kaki dan tangan kursi,Maka jadilah sebuah kursi yang molek, dan untuk memperoleh keindahan yang maksimal diperoleh dengan pelitur atau bahan pewarna.

10 Macam-macam bentuk barang kerajinan rotan -kursi rotan -meja rotan -tempat tidur rotan -prabotan rotan -hiasan

11 3. kerajinan serat alam dari daun pandan Kerajinan Tangan dari Daun Pandan banyak sekali manfaatnya, selain digunakan untuk wangi-wangian, daun pandan ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam kerajinan tangan yang sangat cantik. Contohnya : Tas, kotak pensil, dompet. Cara Membuatnya : -Pandan dibersihkan dan dibuang duri-durinya -Daun pandan dipotong sesuai ukuran anyaman (mulai 1cm hingga 3cm). Potongan-potongan tersebut lalu direbus selama 30 menit Kemudian pandan yang sudah direbus, dikeringkan di tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari.

12 -Setelah didiamkan selama 6jam, baru daun pandan tersebut dilemaskan dan direndam air biasa selama 4jam. -Baru dijemur di bawah sinar matahari hingga warna berwarna keputihan -Setelah itu, daun pandan tersebut sudah bisa diwarnai. Setelah proses pewarnaan dan proses pengeringan selesai, maka pandan tersebut sudah bisa dianyam. -Daun pandan dianyam sesuai pola.

13 Contoh kerajinan dari daun pandan:

14 4. Kerajinan Serat dari Bahan Limbah Organik Kulit Jagung Sebagai contoh misalnya apabila ingin membentuk kulit jagung menjadi model bunga seperti yang tampak pada gambar di atas, maka cara berikutnya yang perlu dikerjakan adalah seperti langkah-langkah di bawah ini. -Pertama, siapkan beberapa batang lidi untuk digunakan sebagai tangkai bunga. -Kedua, guntinglah beberapa lembar kulit jagung yang telah diwarnai dan dihaluskan menjadi bentuk daun dan kelopak bunga sesuai dengan yang diinginkan. -Ketiga, rekatkan lembaran-lembaran kulit jagung yang telah dibentuk tadi pada batang lidi dengan memakai lem. -Keempat, selanjutnya agar batang lidi yang digunakan sebagai tangkai bunga terlihat lebih menarik, maka balutlah dengan memakai lembaran kulit jagung yang lainnya dan kemudian rekatkan pula beberapa lembar kulit jagung yang berbentuk daun.

15 Namun demikian perlu diingat bahwa pembuatan bunga seperti contoh di atas hanya merupakan salah satu contoh sederhana dari pengolahan kulit jagung menjadi suatu karya kerajinan. Hal ini disebabkan karena selain dapat diolah dan dibuat menjadi bentuk bunga seperti itu, kulit jagung dapat pula dibuat menjadi kerajinan dalam bentuk lain misalnya boneka, gantungan kunci, dan sebagainya. Sehingga apabila menginginkan model yang berbeda dengan memakai bahan dasar yang sama, maka tidak ada salahnya bila lebih berkreasi untuk menghasilkan karya baru.

16 Contoh produk: Kerajinan bunga dari kulit jagung

17 5. Kerajinan Serat dari Bambu Aneka Kerajinan Tangan Dari Bambu menjadi salah satu simbol bahwa bangsa indonesia merupakan bangsa yang kaya akan kekayaan alamnya, tanahnya subur yang bisa ditanami segala tanaman sehingga hasilnya dapat dipetik dan dipergunakan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Produk yang dihasilkan sangat bervariasi, Jika selama ini masyarakat luas hanya memanfaatkan batang bambu sebagai bahan bangunan rumah, kini bambu bisa disulap menjadi aneka kerajinan cantik dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi. Misalnya saja seperti aneka peralatan rumah tangga dari mulai alat makan, tambir, tempat tisu, tempat buah, lampu hias, pigura, serta beberapa hiasan ruangan lainnya dan peralatan nelayan.

18 Contoh kerajinan dari bambu diantaranya adalah: 1.Boneka Bambu juga dapat diolah menjadi boneka yang unik dan memiliki daya jual tinggi, apalagi dengan model-model yang simple dan lucu, apalagi dengan corak warna yang bervariasi.

19 2. Kaligrafi Kaligrafi adalah sebuah karya seni yang unik dan artistik, kaligrafi dapat berupa kaligrafi huruf arab atau pun huruf latin. Nilai lebih dari kerajinan ini adalah bentuknya yang unik dengan bentuk 3 dimensi dan natural, karena dibentuk dengan merangkai mengikuti serat dan lengkungan bambu secara langsung. Sehingga menambah kesan alami dari karya tersebut.

20 3. Lampu Hias 4. Besek Bambu

21 SEKIAN~ TERIMAKASIH.


Download ppt "PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN Kerajinan Serat Alam Kelompok 2 Nama kelompok: - Ari Rusadi -Ayu Wulan S - Fanina F - Khoirun Nisa - Jaka Nurjaman."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google