Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Klasifikasi Sistem dan Jenis Analisa Sistem Klasfikasi Sistem Ada beberapa macam klasifikasi sistem yg menurut beberapa ahli berbeda-beda. Ada yang mengklasifikasikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Klasifikasi Sistem dan Jenis Analisa Sistem Klasfikasi Sistem Ada beberapa macam klasifikasi sistem yg menurut beberapa ahli berbeda-beda. Ada yang mengklasifikasikan."— Transcript presentasi:

1 Klasifikasi Sistem dan Jenis Analisa Sistem Klasfikasi Sistem Ada beberapa macam klasifikasi sistem yg menurut beberapa ahli berbeda-beda. Ada yang mengklasifikasikan sistem tertutup dan terbuka, ada yang mengklasifikasikan dalam katagori sistem yang sederhana sampai sangat kompleks. Dalam kaitan SIM; secara konseptual sistem diklasifikasikan dalam dua kriteria utama: yaitu ditinjau dari tingkat peramalan/predictability dan tingkat kompleksitas.

2 Ditinjau dari tingkat peramalan/ level of predictability : yaitu tingkat sampai dimana sistem itu dapat diramalkan. Pada kriteria ini didasarkan pada 2 skema: yaitu Deterministic dan Probabilistic ( sistem yang sudah dapat ditentukan sebelumnya, dan sistem yang masih dalam kemungkinan untuk mencapainya) Ditinjau dari tingkat kompleksitas/ level of complexity : yaitu tingkat kompleksitas dari suatu sistem, didasarkan dengan 3 skema yaitu sistem simpel(sederhana), kompleks, dan sangat kompleks.

3 Sistem Deterministik : adalah suatu sistem yang dapat diramalkan atau diperkirakan dengan pasti, tentang bagaimana sistem akan bereaksi atau bertingkah laku dalam situasi yang berlainan. Sistem Probabilistik: adalah suatu sistem yang tidak dapat diramalkan atau diperkirakan dengan pasti, tentang bagaimana sistem akan bereaksi atau bertingkah laku dalam sistuasi yang berlainan.

4  Beberapa observasi menunjukkan; bahwa suatu sistem probabilistik dalam kenyataannya adalah suatu sistem deterministik yang tidak dimengerti secara penuh. Dalam beberapa hal; semua Manajer dan Analis harus berhubungan dengan sistem probabilistik.  Klasifikasi sistem ditinjau dari tingkat peramalan dan kompleksitas; muncul berbagai kombinasi antara keduanya.

5  1. Kombinasi deterministic sederhana,dicontohkan : Sistem pemanas/ Air Conditioning (AC)  2. Kombinasi deterministic kompleks,dicontohkan : Komputer  3. Kombinasi probabilistic sederhana, dicontohkan : Sistem kontrol  4. Kombinasi probabilistic kompleks, dicontohkan : Organisasi publik/Perusahaan  5.Kombinasi probabilistic sangat kompleks. Dicontohkan : Negara/ perkonomian negara dalam menentukan APBN.

6 Klasifikasi yang dibuat sedemikian rupa ini; dimaksudkan akan dimanfaatkan pada kepentingan pembuat keputusan, terutama yang menyangkut keputusan terstruktur dan tidak terstruktur. Untuk kepentingan analisa sistem, dapat ditentukan beberapa jenis analisa sistem. Jenis Analisa Sistem Beberapa macam analisa sistem akan dapat membantu seorang Analis dalam menganalisa sistem sesuai dengan fakta- fakta yang terdapat dalam sistem tersebut.

7 1. Analisa Sebab Akibat/ Cause Effect Analysis Suatu analisa yang menganggap sistem sebagai suatu proses input menjadi output. Input diperhitungkan sebagai penyebab yang berinteraksi dan menghasilkan output.Faktor input yang ditekankan dalam sistem ini. Ada pengandaian; apabila inputnya berkualitas, maka outputnya akan berkualitas pula.Mis : Produk makanan, sekolah unggulan.

8 2. Analisa Akibat Hambatan/ Effect Delay Analysis Suatu analisa yang memandang terjadinya hambatan; sehingga mengakibatkan terjadinya penundaan. Penundaan ini disebabkan karena adanya hambatan dalam proses yang sedang berlangsung.Untuk mendapatkan hasil yang baik; terjadi penundaan agar kerusakan dapat teratasi terlebih dahulu. Suatu analisa yang memandang terjadinya hambatan; sehingga mengakibatkan terjadinya penundaan. Penundaan ini disebabkan karena adanya hambatan dalam proses yang sedang berlangsung.Untuk mendapatkan hasil yang baik; terjadi penundaan agar kerusakan dapat teratasi terlebih dahulu.

9 3. Analisa fenomena Sub sistem Input Output  Suatu analisa yang memandang output dari suatu sub sistem, akan menjadi input pada sub sistem berikutnya.  Contoh : Sistem industri, sistem pendidikan 4. Analisa Optimasi/ Optimization Analysis  Suatu analisa yang memandang optimalnya suatu sistem dari sudut pandang kesempatan- kesempatan yang akan dicapai dalam kombinasi optimasi input.  Contoh :Pembangunan gedung ( perbandingan antara orang dan waktu)

10 5. Analisa Probabilistik Deterministik  Suatu analisa yang memandang adanya faktor-faktor kemungkinan dan faktor- faktor kepastian yang harus diperhitungkan dalam suatu sistem.  Penekanannya disini adalah: hasil dari informasi untuk mengurangi ketidakpastian, dan dengan demikian tingkat probabilitas dapat ditekan peningkatannya.  Contoh : Organisasi Publik/Swasta


Download ppt "Klasifikasi Sistem dan Jenis Analisa Sistem Klasfikasi Sistem Ada beberapa macam klasifikasi sistem yg menurut beberapa ahli berbeda-beda. Ada yang mengklasifikasikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google