Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB 1 PENGENALAN KOMPUTER. APA ITU KOMPUTER ? Sebuah computer merupakan sebuah perangkat elektronik yang beroperasi dibawah perintah pengendalian yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB 1 PENGENALAN KOMPUTER. APA ITU KOMPUTER ? Sebuah computer merupakan sebuah perangkat elektronik yang beroperasi dibawah perintah pengendalian yang."— Transcript presentasi:

1 BAB 1 PENGENALAN KOMPUTER

2 APA ITU KOMPUTER ? Sebuah computer merupakan sebuah perangkat elektronik yang beroperasi dibawah perintah pengendalian yang disimpan dalam memorinya, dimana dapat menerima data berdasarkan aturan tertentu, mencetak hasilnya,dan menyimpan data untuk penggunanya di masa depan.

3 Data dan informasi Komputer memproses data menjadi informasi. Data adalah sekumpulan item(hal) yang belum diproses, dimana dapat berupa teks, audio, dan video. Informasi menyampaikan arti dan pengguna bagi orang-orang.

4 Perangkat Input Sebuah perangkat input adalah komponen peranti keras apa pun yang kita gunakan untuk memasukkan data dan perintah ke dalam komputer, perangkat input yang digunakan secara jelas luas adalah keyboard(papan tulis), mouse(tetikus), mikrofon, scanner(media pemindai)kamera digital, dan web cam(kamera web)(figur1-3).

5 Perangkat Output Sebuah perangkat output adalah komponen peranti keras apa pun yang menyampaikan infomasi kepada satu atau banyak orang, tiga perangkat output yang umum digunakan adalah printer, monitor, dan speaker(pengeras suara) (figur 1-3).

6 Unit Sistem Unit system adalah sebiah tempat yang terdiri atas komponen-komponen yang digunakan untuk memperoses data(figur1-3). Sirkuit dari unit system biasanya adalah bagian dari/atau tersambung dengan papan sirkuit yang dikenal sebagai motherboard. Dua komponen utama dari motherboard adalah prosesor dan memori. Prosesor, juga dikenal sebagai CPU(central processing unit), adalah komponen sirkuit yang menejermahkan dan menjalankan perintah dasar untuk pengoperasian komputer.

7 Perangkat Penyimpanan Perangkat penyimpanan data bersifat permanen, contoh media penyimpanan adalah USB flash drive, hard disk, CD(compact disc), DVD(digital video disc), dan memory card. Sebuah perangkat penyimpanan merekam(menulis) dan/atau mendapatkan kembali(membaca) berbagai data ke dan dari media penyimpanan Drive dan reader/writer. Sebuah USB flash drive adalah perangkat penyimpanan portabel yang berukuran cukup kecil dan ringan sehingga dapat dibawa dengan disangkutkan pada gantungan kunci atau didalan saku, sebuah USB flash drive dapat menyimpan sekitar 4 miliar karakter.

8 Sebuah hard disk menyediakan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar daripada USB flash drive, hard disk mampu menyimpan lebih dari 320 miliar karakter. Suatu cakram optik adalah piringan portable yang pipih, bundar, dan terbuat dari logam yang dilapisi plastik. CD, DVD, dan blue-ray adalah tiga jenis dari cakram optik. Sebuah CD mampu menyimpan 650 juta hingga 1 miliar karakter. Beberapa DVD mampu menyimpan dua film atau 17 miliar karakter, blu-ray mampu meyimpan video berdurasi selama 46 jam, atau 100 miliah karakter.

9 Perangkat Komunikasi Perangkat komunikasi adalah sebuah komponen peranti keras yang memungkinkan untuk computer mengirimkan(memancarkan) dan menerima data, perintah, serta informasi ke dan dari satu atau banyak komputer atau perangkat mobile.

10 Keunggulan dan kelemahan penggunaan komputer Keunggulan: -kecepatan -reliabilitas -konsistensi -penyimpanan -komunikasi Kelemahan: -resiko kesehatan -pelanggaran privasi -dampak pada tenaga kerja -dampak pada lingkungan

11 Jaringan Internet Sebuah jaringan adalah sekumpulan computer dan perangkat yang saling terhubung, biasanya nirkabel, melalui media komunikasi dan transmisi. Ketika komputer terhubung dengan jaringan, keadaan ini disebut online. Dalam banyak jaringan, satu atau dua komputer dapat bertindak sebagai server. Server mengatur akses sumber daya pada sebuah jaringan. Computer lainnya di dalam jaringan, masing masing disebut client atau workstation, akan meminta sumber daya dari server. Perbedaan utama antara komputer server dan client adalah computer server lebih membutuhkan banyak energy, ruang penyimpanan dan kemampuan komuniasi yang luas

12 Internet Internet adalah sekumpulan jaringan dari seluruh dunia yang menghubungkan jutaan perusahaan, badan pemerintah, institusi pendidikan, dan perorangan. Beberapa tujuan didaftarkan dibawah ini dan ditunjukan dalam figure 1-7:  Untuk berkomunikasi dan bertemu orang lain  Untuk melakukan penelitian serta mengakses beragam infomadi dan berita  Untuk berbelanja barang dan jasa  Untuk aktivitas perbankan dan investasi  Untuk mengakses sumberdaya tentang hiburan dan kesenangan  Untuk mengunduh music  Untuk berbagi informasi, foto, dan video

13 Web, istilah pendek dari world wide web, adalah salah satu jasa yang popular diinternet. Web berisi miliaran dokumen yang disebut laman-laman web. Laman web dapat berisi teks, gambar, audio. Sebuah situs web adalah sekumpulan laman-laman web yang saling terkait. Suatu blog adalah sebuah situs web informal, dimana terdiri dari artikel yang ditandai dengan waktu dalam bentuk catatan harian atau jurnal, biasanya terdaftar dalam urutan kronologis yang terbalik. Podcas adalah cara yang popular bagi orang orang untuk berbagi informasi secara verbal di web. podcast adalah rekaman video yang disimpan dalam situs web yang dapat di unduh melalui komputer atau media player portable seperti Ipod.

14 Aplikasi web adalah suatu situs yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan berinteraksi dengan peranti lunak dari computer atau perangkat apaun yang terhubung ke internet. Contoh piranti lunak yang tersedia sebagai aplikasi web mencakup peranti lunak yang mengmungkinkan kita mengirimkan dam menerima pesan , menyiapkan dokumen pajak,menyusun foto digital, membuat dokumen,dan bermain game.

15 Peranti Lunak Komputer Peranti lunak (software), juga disebut program adalah seperangkat perintah yang terkait, tersusun untuk tujuan yang umum, memerintahkan kepada computer apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya Dengan sebuah antarmuka pengguna grafis(graphical user interface-GUI), kita akan berinteraksi dengan peranti lunak menggunakan teks, grafis, dan gambar seperti ikon. Ikon adalah gambaran kecil yang mewakili program, perintah, atau objek lainnya.

16 Peranti Lunak Sistem Peranti lunak system terdiri atas program- program yang mengontrol atay memelihara operasi dari computer dan perangkat- perangkatnya. Terdapat dua jenis peranti lunak system adalah poerasi dan program utilitas. Sistem operasi adalah seperangkat program yang mengoordinasikan selurus aktivitas di antara perangkat peranti keras computer. Program utilitas sebuah program utilitas memungkinkan penggunanya menjalankan tugas berjenis pemeliharaan yang biasanya berhubungan dengan pengaturan computer, perangkat, atau programnya.

17 Peranti Lunak Aplikasi Peranti lunak aplikasi terdiri atas program yang dirancang untuk membuat pengguna menjadi lebih produktif dan/atau untuk membantu pengguna dengan tugas-tugas pribadi.jenis perangkat lunak yang digunakan secara luas dan berhubungan dengan komunikasi adalah web browser(penjelajah web).

18 Pengembangan Peranti Lunak Seorang programmer yang terkadang disebut developer adalah orang yang menbembangkan peranti lunak atau menulis jenis perintah yang mengarahkan computer untuk memperoses data menjadi informasi. Programmer menggunakan bahasa pemrograman atau alat pengembangan program untuk penciptakan program computer.bahasa pemrograman yang popuer termasuk C++, java, javascript, Visual C#, dan visual basic.

19 PC (PERSONAL KOMPUTER) Komputer pribadi atau personal computer(pc) adalah computer yang dapat mengerjakan seluruh input, pemrosesan, output, dan aktivitas penyimpanan secara mandiri. PC terdiri atas sebuah prosesor, sebuah memori, serta satu atau banyak perangkat input, output, dan penyimpanan. Komputer desktop Dirancang sehingga unit system, serta perangkat input, output, dan lainnya tepat muat dimeja.

20 Komputer dan Perangkat Mobile Sebuah computer mobile adalah computer pribadi yang dapat dibawa dari suatu tempat ketempat lainnya. Perangkat mobile adalah peralatan computer yang berukuran kecil sehingga dapat dipegang oleh tangan kita. Jenis computer yang paling popular adalah notebook.  Komputer notebook Komputer notebook, disebut juga laptop, adalah jenis pc yag dapat dipindah-pindahkan dan dirancang agar sesuai dengan pangkuan anda. Computer notebook dapat beroperasi dengan baterai, atau dengan catu daya, ataupun keduanya.

21  Tablet pc Sebuah tablet pc adalah bentuk khusus dari computer notebook yang membuat anda dapat menulis atau megggambar pada layar dengan menggunakan pena digital.  Perangkat mobile Sebagai perangkat mobile dimana berukuran cukup kecil sehinnga dapat dimasukan saku-biasanya tidak memiliki disk drive. Namun perangkat dapat mobile mampu menyimpan program dan data secara permanen pada memori spesialis didalam unit system atau pada media penyimpanan kecil seperti memory card. Beberapa perangkat mobile bersifat internet enabled, artinya mereka mampu terhubung dengan perangkat internet-enebled, pengguna dapat melakukan chat, mengirim pesan dan pesanan instan serta mengakses web.

22  Smart phone Adalah jenis seluler yang dapat memiliki fungsi internet-enebled, biasanya menyediakan fungsi pengelolaan informasi pribadi seperti sebuah kalender, jadwal janji, buku alamat, kalkulator, dan, catatan.  PDA Sebuah PDA (personal digital assistant) menyediakan fungsi pengelolaan informasi pribadi (fungsi pada perangkat ini dikenal juga sebagai personal organizer), seperti kalender, buku agenda, buku alamat, kalkulator. dan catatan. Alat input PDA adalah stylus. Kebanyakan PDA bersifat internet-enebled sehingga pengguna dapat memeriksa e- mail dan mengakses web.

23  Komputer genggam Sebuah computer genggam disebut Ultra-mobile (UMPC) adalah computer yang cukup kecil untuk digenggam dengan satu tangan. Beberapa computer genggam dilengkape dengan keyboard mini. Computer genggam diproduksi oleh produsen/industry yang spesifik, diproduksi untuk memenuhi kebutuhan para pekerja yang mobilitasnya tinggi.  Media player portabel Adalah perangkat mobile yang memungkinkan kita untuk menyimpan, mengorganisasikan, dan memutar media digital. Umumnya, media player portabel disertai seperangkat earphone kecil. beberapa memiliki layar sentuh,sementara beberapa laiannya memiliki ipad(alas) yang sensitive tehadap sentuhan.

24  Kamera digital Adalah sebuah perangkat yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil gambar dan menyimpannya secara digital, beberapa dengan cara tradisional yang menggunakan rol film.  Game console Adalah perangkat computer mobile yang dirancang untuk satu pemain atau lebih. Game console standar menggunakan sebuah peralatan control genggam sebagai suatu perangkat input; layar televise sebagai output; dan hard disk,CD, DVD dan/atau memory card untuk penyimpanan.

25  Server Sebuah server dapat mengendalikan akses ke peranti keras,perangkat lunak, dan sumber daya lainnya pada jaringan, dan menyediakan area penyimpanan yang terpusat untuk program, data, dan informasi.  Mainframe Adalah sebuah computer yang besar, mahal, dan amat kuat hingga dapat menangani ratusan hingga ribuan pengguna yang terhubung secara bersamaan. mainframe menyimpan data, perintah, dan informasi dalam jumlah teramat banyak.mainframe juga berfungsi sebagai server dalam sebuah jaringan. Server dan mainframe lainnya dapat mengakses data dan informasi dari sebuah mainframe.

26  Superkomputer Adalah computer yang paling cepat dan paling kuat dan paling mahal. Super computer yang paling cepat mampu memproses lebih dari seribu triliun perintah hanya dalam waktu satu detik. Simulasi skala besar dan aplikasi obat- obatan, luar angkasa, rancangan otomotif, perbankan online, ramalan cuaca, penelitian energy nuklir, dan eksplorasi minyak menggunakan sebuah superkomputer.

27  Komputer tertanam Adalah sebuah computer dengan tujuan khusus yang berfungsi sebagai komponen dalam produksi yang lebih besar. computer tertaman dapat mengerjakan berbagai fungsi, bergantung pada kebutuhan produk dari kategori lokasi computer ini berada.

28 Elemen-elemen dari sebuah system informasi Agar menjadi berharga, informasi haruslah akurat, tersusun dengan baik, tepat waktu, dapat diakses, bermanfaat, dan murah untuk diproduksi.untuk dapat menghasilkan informasi dari computer, kita membutuhkan lima elemen berikut Perangkat keras Perangkat lunak Data Orang-orang prosedur

29 Contoh-contoh pengguna komputer  Pengguna SOHO Komputer membantu pengguna SOHO (small office/home office) atau perusahaan kecil dan pengguna kantor rumahan dalam mengatur sumber dayanya. SOHO termasuk perusahaan dengan jumlah karyawan kurang dari 50 orang, seperti halnya seseorang yang bekerja sendiri di rumah. Soho biasanya menggunakan computer desktop. Pengguna SOHO sering menggunakan peranti lunak bisnis dasar, seperti pengolah kata dan spreadsheet untuk membantu membuat dokumen dan mengatur keuangan.

30  Pengguna mobile Pengguna mobile(atau pengguna bermobilitas tinggi), yang bekerja dengan computer atau perangkat mobile ketika berada di luar kantor atau sekolah. Beberapa contoh pengguna mobile adalah agen penujualan, agen perumahan, agen asuransi, pembaca meteran, pengantar paket barang, jurnalis, dan pelajar.  Pengguna berkebutuhan tinggi Pengguna kebutuhan tinggi yang membutuhkan computer desktop yang kuat, yang disebut workstation atau jenis computer canggih lainnya. contoh-contoh pengguna berkebutuhan tinggi adalah insinyur, ilmuwan, arsitek, penerbit, dan seniman grafis. Pengguna berkebutuhan tinggi menggunakan workstation yang berisi peranti lunak industry yang spesifik.

31  Pengguna perusahaan besar Kebanyakan perusahaan besar menggunakan istilah enterprise computing untuk merujuk pada jaringan computer yang besar, dimana mampu memenuhi berbagai kebutuhan komputasi yang berbeda. Telecommuting adalah suatu pengaturan/rancangan kerja, dimana karyawan(perusahan) dapat bekerja jauh dari tempat kerja standar atau lokasi fisik perusahaan dan sering berkomunikasi dengan kantor melalui komputer.

32  Keuangan Banyak situs web lembaga keuangan menyediakan fasilitas online banking. Keunggulannya (online banking) adalah anda dapat mengakses catatan keuangan dari lokasi mana pun diseluruh dunia. Investor sering menggunakan fasilitas investasi secara online, yang terkenal sebagai online investing, untuk membeli dan menjual saham dan surat obligasi tanpa menggunakan jasa pialang.  Pemerintah Pemerintah memberikan masyarakat berbagai arahan dengan cara membuat dan mengatur kebijakan. Untuk menyediakan informasi terkini bagi warganya, banyak kantor pemerintah yang mempunyai situs web.

33  Pelayanan kesehatan Rumah sakit dan dokter menggunakan computer dan perangkat mobile untuk mengakses dan memelihara catatan pasien. Komputer memantau tanda-tanda vital pasien di rumah sakit dan di rumah. Robot mengantarkan obat-obatan keruang perawat. Komputer dan perangkat terkomputerisasi membantu dokter, perawat, dan teknisi dalan melakukan tes medis. Dokter menggunakan web dan peranti lunak medis untuk membantu penelitian dan mendiagnosis kondisi kesehatan.

34  Penerbitan Penerbitan adalah proses membuat berbagai hasil karya menjadi tersedia bagi public. Hasil karya tersebut termasuk buku, majalah, Koran, musik, film, dan video. Peranti lunak khusus membantu perancang grafis dalam membuat halaman yang mencakup teks, grafik, dan foto; artis-artis dalam menulis dan mengaransemen lagu; pembuatan film dalam membuat dan mengedit film; serta jurnalis dan pengguna mobile dalam mengambil dan memodifikasi klip atau rekaman video.

35  Perjalanan Kendaraan atau alat transportasi yang diproduksi menyertakan beberapa jenis sistem navigasi di dalamnya,seperti OnStar.  Manufaktur Komputer Aided Manufacturing(CAM) mengacu pada penggunaan komputer untuk membantu proses-proses manufaktur seperti pabrikasi dan perakitan. Industry menggunakan Cam untuk mengurangi biaya manufaktur, mempercepat waktu produksi, dan tetap berusaha menjadi yang terdepan dalam persaingan pasar.


Download ppt "BAB 1 PENGENALAN KOMPUTER. APA ITU KOMPUTER ? Sebuah computer merupakan sebuah perangkat elektronik yang beroperasi dibawah perintah pengendalian yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google