Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DIAGNOSA KEPERAWATAN KOMUNITAS R. Siti Maryam. 2. Diagnosa Keperawatan Diagnosa keperawatan komunitas memberikan arah terhadap tujuan dan intervensi keperawatan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DIAGNOSA KEPERAWATAN KOMUNITAS R. Siti Maryam. 2. Diagnosa Keperawatan Diagnosa keperawatan komunitas memberikan arah terhadap tujuan dan intervensi keperawatan."— Transcript presentasi:

1 DIAGNOSA KEPERAWATAN KOMUNITAS R. Siti Maryam

2 2. Diagnosa Keperawatan Diagnosa keperawatan komunitas memberikan arah terhadap tujuan dan intervensi keperawatan.

3 Setelah dilakukan pengkajian yang sesuai dengan data-data yang dicari, maka kemudian dikelompokkan dan dianalisa seberapa besar stressor yang mengancam masyarakat dan seberapa berat reaksi yang timbul pada masyarakat tersebut. Berdasarkan hal tersebut diatas dapat disusun diagnosa keperawatan komunitas dimana terdiri dari:Masalah kesehatan, Karakteristik populasi, karakteristik lingkungan.

4 Diagnosa ditegakkan berdasarkan tingkat reaksi komunitas terhadap stressor yang ada Dirumuskan dalam tiga komponen: Problem atau masalah. Etiologi atau penyebab. Manifestasi atau data penunjang. Contoh: Resiko gangguan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh pada masyarakat di RW 04 Kelurahan X berhubungan dengan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tubuh.

5 Contoh Diagnosa Risiko penularan ISPA di RW 01 Kelurahan X berhubungan dengan kurangnya pengetahuan tentang ISPA dan lingkungan yang tidak sehat Risiko peningkatan kejadian jatuh pada lansia di RW 05 Kelurahan X berhubungan dengan rendahnya pengetahuan masyarakat dalam mencegah jatuh.

6

7 Contoh Diagnosa s/d Perencanaan Risiko peningkatan penyakit infeksi (ISPA) pada balita gizi kurang di RW 03 Kelurahan X berhubungan dengan kurangnya pengetahuan, sikap dan praktek kelompok ibu balita dalam penanganan gizi kurang pada balita. Tujuan umum: setelah dilakukan tindakan keperawatan komunitas di RW 03 Kelurahan X, diharapkan jumlah kelompok balita gizi kurang yang mengalami penyakit infeksi tidak meningkat. Tujuan khusus: setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 3 bulan, diharapkan: 1) terjadi peningkatan pengetahuan ibu balita mengenai ISPA, 2) terjadi peningkatan sikap ibu balita dalam mengatasi balita ISPA, 3) Peningkatan keterampilan ibu dalam mengatasi balita ISPA. Rencana tindakan: 1) Berikan pendidikan kesehatan tentang penyakit ISPA; 2) Penyebaran leaflet dan poster penyakit infeksi; 3) Ajarkan pada kelompok ibu balita tentang perawatan dan pencegahan penyakit infeksi; 4) Lakukan kerja bakti untuk meningkatkan kebersihan lingkungan; 5) Demonstrasikan pada ibu balita gizi kurang cara merawat balita dengan ISPA.


Download ppt "DIAGNOSA KEPERAWATAN KOMUNITAS R. Siti Maryam. 2. Diagnosa Keperawatan Diagnosa keperawatan komunitas memberikan arah terhadap tujuan dan intervensi keperawatan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google