Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

+ Computer & Network Security : Information security Indra Priyandono ST.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "+ Computer & Network Security : Information security Indra Priyandono ST."— Transcript presentasi:

1 + Computer & Network Security : Information security Indra Priyandono ST

2 +

3 + Outline Information security Attacks, services and mechanisms Security attacks Security services Methods of Defense Model for Internetwork Security Internet standards and RFCs

4 + Protection of data 1. Keamanan Komputer: Timesharing sistem: beberapa pengguna berbagi H / W dan S / W sumber daya pada komputer. Remote login diperbolehkan melalui jaringan. " Langkah-langkah dan alat-alat untuk melindungi data dan menggagalkan hacker disebut Keamanan Komputer".

5 + 2. Network Security: Jaringan komputer banyak digunakan untuk menghubungkan komputer di lokasi yang jauh. Meningkatkan masalah keamanan tambahan: Data dalam transmisi harus dilindungi. Konektivitas jaringan menjadikan setiap komputer lebih rentan.

6 + Attacks, Services and Mechanisms Tiga aspek Keamanan Informasi: Security Attack: Setiap tindakan yang menbahayakan keamanan informasi. Security Mechanism: Sebuah mekanisme yang dirancang untuk mendeteksi, mencegah, atau memulihkan dari serangan keamanan. Security Service: Sebuah layanan yang meningkatkan keamanan sistem pengolahan data dan transfer informasi. Sebuah layanan keamanan yang menggunakan satu atau lebih mekanisme keamanan.

7 + Security Attacks

8 + Interruption: Aset sistem ini hancur atau menjadi tidak tersedia atau tidak dapat digunakan. Ini adalah serangan terhadap ketersediaan. contoh: Menghancurkan beberapa H / W (disk atau line). Menonaktifkan sistem file. Membanjiri komputer dengan proses atau link komunikasi dengan paket.

9 + Security Attacks Interception: Sebuah akses yang tidak sah untuk mendapatkan aset aset informasi. Ini merupakan serangan terhadap kerahasiaan. contoh: Penyadapan untuk menangkap data dalam jaringan. Menyalin data atau program yang sah

10 + Security Attacks Modification:Sebuah akses yang tidak sah untuk mencari keuntungan atau atau informasi aset. Ini merupakan serangan terhadap integritas. contoh: Mengubah file data. Mengubah program. Mengubah isi pesan.

11 + Security Attacks Fabrication: Sebuah pihak yang tidak berwenang menyisipkan objek palsu ke dalam sistem. Ini merupakan serangan terhadap keaslian /authenticity contoh: Penyisipan catatan dalam file data. Penyisipan pesan palsu dalam jaringan. (pesan ulangan). Spoofing

12 + Passive vs. Active Attacks Secara garis besar, ancaman terhadap teknologi sistem informasi terbagi dua Passive Attacks : Usaha untuk bisa mendapatkan informasi dari sistem yang ada dengan menunggu informasi-informasi itu dikirimkan di dalam jaringan Sangat sulit unuk dideteksi

13 + Passive vs. Active Attacks Active Attacks : Metode penyerangan yang dilakukan dengan terlibat dalam modifikasi aliran data

14 +

15 + Passive Threats Release of message : serangan yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang dikirim baik melalui percakapan telepon, , ataupun transfer file dalam jaringan Traffic analysis : Serangan yang dilakukan dengan mengambil informasi yang telah diberi proteksi (misal enkripsi) dan dikirimkan dalam jaringan. menganalisa sistem proteksi informasi tersebut untuk kemudian dapat memecahkan sistem proteksi informasi tersebut

16 + Active Threats Masquerade: Masquerading atau Impersonation yaitu penetrasi ke sistem komputer dengan memakai identitas dan password dari orang lain yang sah. Identitas dan password ini biasanya diperoleh dari orang dalam. Replay: Dilakukan dengan cara mengambil data secara pasif dan kemudian mengirimkannya kembali ke dalam jaringan sehingga memunculkan efek yang tidak dapat diketahui.

17 + Active Threats Modification of messages: Sebagian dari pesan yang sah telah diubah untuk menghasilkan informasi lain. Denial of service: Menghambat penggunaan normal dari komputer dan komunikasi sumber daya. Membanjiri jaringan komputer dengan paket. Membanjiri CPU atau server dengan proses.

18 + Security Services Confidentiality (privacy) Authentication (yang dibuat atau mengirim data) Integrity (belum diubah) Non-repudiation (order adalah final) Access control (mencegah penyalahgunaan sumber daya) Availability /Ketersediaan (permanen, non- penghapusan) Serangan Denial of Service Virus yang menghapus file

19 + Confidentiality (Kerahasiaan) Defenisi : menjaga informasi dari orang yang tidak berhak mengakses. Privacy : lebih kearah data-data yang sifatnya privat, informasi yang tepat terakses oleh mereka yang berhak ( dan bukan orang lain). Contoh : seorang pemakai (user) tidak boleh dibaca oleh administrator. Confidentiality atau kerahasiaan adalah pencegahan bagi mereka yang tidak berkepentingan dapat mencapai informasi, berhubungan dengan data yang diberikan ke pihak lain untuk keperluan tertentu dan hanya diperbolehkan untuk keperluan tertentu tersebut.

20 + Confidentiality (Kerahasiaan) Cont Contoh : data-data yang sifatnya pribadi (seperti nama, tempat tanggal lahir, social security number, agama, status perkawinan, penyakit yang pernah diderita, nomor kartu kredit, dan sebagainya) harus dapat diproteksi dalam penggunaan dan penyebarannya. Bentuk Serangan : usaha penyadapan (dengan program sniffer). Usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan privacy dan confidentiality adalah dengan menggunakan teknologi kriptografi.

21 + Authentication Adalah suatu langkah untuk menentukan atau mengonfirmasi bahwa seseorang (atau sesuatu) adalah autentik atau asli. Melakukan autentikasi terhadap sebuah objek adalah melakukan konfirmasi terhadap kebenarannya. Sedangkan melakukan autentikasi terhadap seseorang biasanya adalah untuk memverifikasi identitasnya. Informasi tersebut benar-benar dari orang yang dikehendaki.

22 + Authentication Cont… Dukungan : Adanya Tools membuktikan keaslian dokumen, dapat dilakukan dengan teknologi watermarking(untuk menjaga “intellectual property” dan digital signature. Access control, yaitu berkaitan dengan pembatasan orang yang dapat mengakses informasi. User harus menggunakan password, biometric (ciri-ciri khas orang), dan sejenisnya. Pada suatu sistem komputer, autentikasi biasanya terjadi pada saat login atau permintaan akses.

23 + Integrity informasi tidak boleh diubah tanpa seijin pemilik informasi, keaslian pesan yang dikirim melalui sebuah jaringan dan dapat dipastikan bahwa informasi yang dikirim tidak dimodifikasi oleh orang yang tidak berhak dalam perjalanan informasi tersebut. Contoh : di intercept di tengah jalan, diubah isinya, kemudian diteruskan ke alamat yang dituju. Bentuk serangan : Adanya virus, trojan horse, atau pemakai lain yang mengubah informasi tanpa ijin, “man in the middle attack” dimana seseorang menempatkan diri di tengah pembicaraan dan menyamar sebagai orang lain.

24 + Non-repudiation Merupakan hal yang yang bersangkutan dengan sipengirim (seseorang yang telah melakukan transaksi), Aspek ini menjaga agar seseorang tidak dapat menyangkal telah melakukan sebuah transaksi. Dukungan bagi electronic commerce.

25 + Access Control Cara pengaturan akses kepada informasi. berhubungan dengan masalah authentication dan juga privacy Metode : Access control seringkali dilakukan menggunakan kombinasi userid/password atau dengan menggunakan mekanisme lain.

26 + Availability Upaya pencegahan ditahannya informasi atau sumber daya terkait oleh mereka yang tidak berhak, berhubungan dengan ketersediaan informasi ketika dibutuhkan. Contoh hambatan : “denial of service attack” (DoS attack), dimana server dikirimi permintaan (biasanya palsu) yang bertubi-tubi atau permintaan yang diluar perkiraan sehingga tidak dapat melayani permintaan lain atau bahkan sampai down, hang, crash. mailbomb, dimana seorang pemakai dikirimi bertubi-tubi (katakan ribuan ) dengan ukuran yang besar sehingga sang pemakai tidak dapat membuka nya atau kesulitan mengakses e- mailnya.

27 + Availability Cont… Dampak hambatan : sistem informasi yang diserang atau dijebol dapat menghambat atau meniadakan akses ke informasi.

28 + Methods of Defence Encryption Software Controls (pembatasan akses dalam database, dalam sistem operasi melindungi setiap pengguna dari pengguna lain) Hardware Controls (smartcard) Policies (sering mengubah password) Physical Controls

29 +


Download ppt "+ Computer & Network Security : Information security Indra Priyandono ST."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google