Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sastra Anak Matakuliah: N0662 / Kesusastraan Jepang Kontemporer Tahun: 2007 - Pertemuan ke 9.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sastra Anak Matakuliah: N0662 / Kesusastraan Jepang Kontemporer Tahun: 2007 - Pertemuan ke 9."— Transcript presentasi:

1 Sastra Anak Matakuliah: N0662 / Kesusastraan Jepang Kontemporer Tahun: Pertemuan ke 9

2 Bina Nusantara Definisi Sastra Anak:  Citraan dan atau metafora kehidupan yang dikisahkan itu berada dalam jangkauan anak, baik yang melibatkan aspek emosi, perasaan, pikiran, saraf sensori, maupun pengalaman moral, dan diekspresikan dalam bentuk-bentuk kebahasaan yang juga dapat dijangkau dan dipahami oleh pembaca anak-anak (Saxby, 1991:4).  Buku bacaan yang dibaca oleh, yang secara khusus cocok untuk, dan yang secara khusus pula memuaskan sekelompok anggota yang disebut anak-anak (Hunt, 1995:61).

3 Bina Nusantara Yang dapat digolongkan sastra anak: 1. Sastra Tradisional (mitologi, legenda, fabel, dongeng). 2. Cerita Fiksi Anak (novel, cerpen, fiksi realistik, fiksi fantasi, fiksi historis). 3. Bacaan Non Fiksi (buku informasi, biografi). 4. Komik.

4 Bina Nusantara Akai Rousuko to Ningyo  Cerita ini mengisahkan tentang putri duyung yang dirawat oleh kakek dan nenek, penjual lilin.  Pada malam ketika nenek pergi ke kuil, ia mendengar suara tangis bayi dan menemukan bayi mungil tergeletak.

5 Bina Nusantara  Dengan hati-hati nenek membawanya pulang dan menceritakan kejadian itu pada kakek.  Mendengar cerita nenek, kakek sangat terkejut. Lalu akhirnya mereka merawatnya hingga dewasa.

6 Bina Nusantara  Putri duyung itu tumbuh menjasi gadis jelita, dan sangat pandai melukis. Lukisannya sangat laku, sehingga toko lilin itu menjadi terkenal.  Pada suatu hari, datang seorang yashi (laki-laki yang mengumpulkan benda aneh).

7 Bina Nusantara  Yashi datang untuk membeli putri duyung. Pada mulanya kakek menolak untuk menjualnya, akan tetapi dengan segala daya upaya, yashi berhasil membujuknya. Walaupun putri duyung memohon untuk tidak menjualnya.  Waktunya telah tiba, dengan berat hati putri duyung harus meningalkan kakek dan nenek yang telah merawatnya.

8 Bina Nusantara  Akhir cerita: Pada suatu malam tiba-tiba datang seorang wanita berwajah pucat, berambut panjang, dan sekujur tubuhnya dibasahi air. Ia membeli lilin, lalu pergi begitu saja, meletakkan uang. Tiba-tiba uang tersebut berubah menjadi kerang dan langit berubah cepat, angin kencang, lalu terjadilah gelombang air laut.


Download ppt "Sastra Anak Matakuliah: N0662 / Kesusastraan Jepang Kontemporer Tahun: 2007 - Pertemuan ke 9."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google