Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MUHAMMAD DAUD MUKLISINA, 5250305036 Metoda Pemrograman Konveyor dengan Fungsi Pencacah Barang pada Robot Berbasis Programmable Logic Controller (PLC) OMRON.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MUHAMMAD DAUD MUKLISINA, 5250305036 Metoda Pemrograman Konveyor dengan Fungsi Pencacah Barang pada Robot Berbasis Programmable Logic Controller (PLC) OMRON."— Transcript presentasi:

1 MUHAMMAD DAUD MUKLISINA, Metoda Pemrograman Konveyor dengan Fungsi Pencacah Barang pada Robot Berbasis Programmable Logic Controller (PLC) OMRON Tipe CPM 1A 20 I/O

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : MUHAMMAD DAUD MUKLISINA - NIM : PRODI : Teknik Mesin - JURUSAN : Teknik Mesin - FAKULTAS : Teknik - bluedevils_d4ud pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Samsudin Anis, ST, MT - PEMBIMBING 2 : - TGL UJIAN :

3 Judul Metoda Pemrograman Konveyor dengan Fungsi Pencacah Barang pada Robot Berbasis Programmable Logic Controller (PLC) OMRON Tipe CPM 1A 20 I/O

4 Abstrak Peralatan dengan sistem pneumatik sekarang ini telah memegang peranan penting sebagai alat bantu dalam peningkatan atau rasionalisasi produk dalam pembuatan dan pengolahan benda kerja, dari pabrik air minum sampai pabrik besar seperti pembuatan mobil yang semuanya itu menggunakan peralatan dan permesinan yang bekerja dengan menggunakan sistem pneumatik. Dalam memproduksi suatu barang dilakukan otomatisasi (otomasi), hal ini diperlukan untuk mengurangi tenaga manusia guna mencapai produktivitas yang menggunakan peralatan-peralatan bantu yang menggunakan sistem pneumatik dengan sistem kontrol Programmable Logic Controller (PLC). Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, perlu dirancang sebuah sistem kendali berbasis PLC serta bagaimana program yang sesuai dengan kerja yang dibutuhkan untuk menjalankan proses produksi. Berdasar permasalahan tersebut maka dibuatlah alat berupa robot lengan berpenggerak motor dan pneumatik beserta konveyor yang dikendalikan oleh PLC Omron CPM 1A 20 I/O. Kemudian diprogram dengan fungsi pencacah barang menggunakan software Syswin. Dalam proyek ini didapatkan sebuah desain sistem kendali yang mampu memindahkan barang sekaligus mencacahnya dan menampilkan data secara langsung pada display. Komponen-komponennya berupa PLC, rangka lengan, silinder pneumatik, motor, konveyor, katup, relay, sensor dan komponenkomponen pendukung lainnya. Pengalamatan pada controller ini berjalan berdasar Ladder yang telah dibuat dengan software Syswin. Dan pengalamatan ini berjalan dengan baik setelah dilakukan beberapa uji coba dan penyesuaian.

5 Kata Kunci Pneumatik, PLC, Control, Otomasi, Ladder

6 Referensi Anonim Pengenalan PLC (Programmable Logic Controller) Sysmac C Series. Semarang : PT. Mandala Adi Perkasa Sejati. Anonim, infrared Anonim, infrared schematic diagram Budianto. M, A. Wijaya, Pengenalan Dasar - Dasar PLC (Programmable Logic Controller). Yogyakarta : Gava Media. Krist, T., 1993.Dasar-dasar Pneumatik. Jakarta:Erlangga Putra, A. E., PLC Konsep, Pemrograman, dan Aplikasi (Omron CPM 1A / CPM 2A dan ZEN Programmable Relay). Yogyakarta : Gava Media. Sumbodo, W., Teknik Produksi Industri Mesin. Semarang : Direktorat Jenderal Sekolah Menengah Kejuruan. Suyanto, Pengantar Sistem Pneumatik. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Teknik Mesin dan Teknik Mesin Universitas Negeri Yogyakarta.

7 Terima Kasih


Download ppt "MUHAMMAD DAUD MUKLISINA, 5250305036 Metoda Pemrograman Konveyor dengan Fungsi Pencacah Barang pada Robot Berbasis Programmable Logic Controller (PLC) OMRON."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google