Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CATATAN: 1.BUD = Bendahara Umum Daerah 2.SKPD = Satuan Kerja Perangkat Daerah 3.RK-PPKD = Rekening Pejabat Pengelola Keuangan Daerah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CATATAN: 1.BUD = Bendahara Umum Daerah 2.SKPD = Satuan Kerja Perangkat Daerah 3.RK-PPKD = Rekening Pejabat Pengelola Keuangan Daerah."— Transcript presentasi:

1 CATATAN: 1.BUD = Bendahara Umum Daerah 2.SKPD = Satuan Kerja Perangkat Daerah 3.RK-PPKD = Rekening Pejabat Pengelola Keuangan Daerah

2 AKUNTASI TANAH Soal 1: Pada tanggal 15 Juli 2013, Dinas Pendidikan pada Pemerintah Kota Yogyakarta melakukan pembelian sebidang tanah dari seorang warga yang akan dipergunakan untuk bangunan sekolah. Dalam perolehan tanah tersebut terdapat pengeluaran untuk nilai tanah Rp 6,7 miliar, pajak Rp 720 juta, biaya notaris dan balik nama Rp70 juta, honorarium panitia pengadaan sebesar Rp 35 juta rupiah dan panitia pemeriksa barang sebesar Rp 25 juta rupiah. Pengeluaran tersebut dianggarkan dalam belanja modal. Pembelian tersebut dilakukan secara tunai. Tentukan biaya perolehan tanah tersebut dan buatlah jurnalnya!

3 Soal 2: Pada tanggal 21 Agustus 2013, Dinas Kesehatan pada Pemerintah Kabupaten Gianyar Bali melakukan pembelian sebidang tanah dari seorang warga yang akan dipergunakan untuk bangunan Puskesmas. Dalam perolehan tanah tersebut terdapat pengeluaran untuk nilai tanah Rp 4,9 miliar, pajak Rp 645 juta, biaya notaris dan balik nama Rp 55 juta, honorarium panitia pengadaan sebesar Rp 25 juta rupiah dan panitia pemeriksa barang sebesar Rp 15 juta rupiah. Pengeluaran tersebut dianggarkan dalam belanja modal. Pembelian tersebut dilakukan secara tunai. Tentukan biaya perolehan tanah tersebut dan buatlah jurnalnya!

4 Soal 3: Pada tanggal 29 September 2013, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada Pemerintah Kabupaten Langkat Sumatera Utara melakukan pembelian sebidang tanah dari seorang warga yang akan dipergunakan untuk bangunan Pusat Pelatihan Tenaga Kerja dan Asrama. Dalam perolehan tanah tersebut terdapat pengeluaran untuk nilai tanah Rp 13,7 miliar, pajak Rp 935 juta, biaya notaris dan balik nama Rp 97 juta, honorarium panitia pengadaan sebesar Rp 54 juta rupiah dan panitia pemeriksa barang sebesar Rp 35 juta rupiah. Pengeluaran tersebut dianggarkan dalam belanja modal. Pembelian tersebut dilakukan secara tunai. Tentukan biaya perolehan tanah tersebut dan buatlah jurnalnya!

5 Soal 4: Pada tanggal 18 Oktober 2013, Dinas Pertanian pada Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat melakukan pembelian sebidang tanah dari seorang warga yang akan dipergunakan untuk areal perkebunan kelapa sawit. Dalam perolehan tanah tersebut terdapat pengeluaran untuk nilai tanah Rp 18,2 miliar, pajak Rp 785 juta, biaya notaris dan balik nama Rp 105 juta, honorarium panitia pengadaan sebesar Rp 63 juta rupiah dan panitia pemeriksa barang sebesar Rp 46 juta rupiah. Pengeluaran tersebut dianggarkan dalam belanja modal. Pembelian tersebut dilakukan secara tunai. Tentukan biaya perolehan tanah tersebut dan buatlah jurnalnya!


Download ppt "CATATAN: 1.BUD = Bendahara Umum Daerah 2.SKPD = Satuan Kerja Perangkat Daerah 3.RK-PPKD = Rekening Pejabat Pengelola Keuangan Daerah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google