Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Teknik Sistem Informasi Industri. Sebutkan dan jelaskan model-model kognitif (cognitive) yang merepresentasikan pengguna dalam sistem interaktif? Model.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Teknik Sistem Informasi Industri. Sebutkan dan jelaskan model-model kognitif (cognitive) yang merepresentasikan pengguna dalam sistem interaktif? Model."— Transcript presentasi:

1 Teknik Sistem Informasi Industri

2 Sebutkan dan jelaskan model-model kognitif (cognitive) yang merepresentasikan pengguna dalam sistem interaktif? Model Kognitif  Situated action  Activity Theory  Distributed Theory Situated Action :  Teori mengenai ‘aksi’ yang selalu ada dalam konteks sosial ataupun fisikal  Situasi memegang peranan dalam aksi user  Dapat terjadi problem dalam komunikasi mesinmanusia, sehingga situasi tidak lagi berarti.  Merupakan teori sosial, karena tidak hanya mempertimbangkan bagaimana seorang user berinteraksi dengan sebuah sistem..tapi juga bagaimana berinteraksi dengan user dan sistem lain di sekitar Contoh: kegiatan pada mesin fotokopi.  instruksi baru berarti respon sebelumnya sudah sesuai /cukup  tidak ada respon berarti aksi tidak selesai  tidak ada respon berarti aksi harus diulang atau diperbaiki.

3 Activity Theory  Komponen :  Subyek : yang melakukan aktifitas  Obyek : tujuan kegiatan yang dimaksud  Mediasi : alat untuk mencapai obyek  Hasil : hasil interaksi antara subyek, obyek, dan mediasi  Aktifitas adalah hubungan antara manusia, apa yang hendak mereka capai dan alat untuk mencapainya  ber Orientasi obyek  Setiap bagian dari aktifitas diubah dan dikembangkan dengan mengerjakannya  Aktifitas adalah ‘mesin’ dari pengembangan manusia dan teknologi Pemodelan Kognitif Interaksi Manusia dan Komputer 16/16 Implikasi:  Mempertimbangkan tipe user yang menggunakan sistem  Apa yang hendak dicapai  Sumber daya untuk mendukung: internal atau eksternal Distributed Cognition theory  menekankan aspek sosial pada kognisi  pendekatan yang bermanfaat untuk redesign sosial aspek pada kognisi dengan menempatkan tekanan pada individu dan lingkungannya.  Memandang sebuah sistem sebagai sebuah kumpulan representasi dan membentuk pertukaran informasi antara representasi ini.

4 Jelaskan beberapa masalah organisasional yang mempengaruhi penerimaan pengguna terhadap suatu teknologi yang harus diperhatikan secara cermat dalam pendesainan suatu sistem? 1. Penambahan knowledge harus dilakukan secara terus menerus. 2. Pimpinan harus memberikan pressure. 3. Kerjasama harus ditingkatkan (disesuaikan dengan prinsip Information is increase when shared). 4. Peningkatan Disiplin. 5. Penyesuaian budaya kerja terhadap sistem informasi. 6. Organisasi tidak lagi hirarkis, tapi menjadi FLAT. 7. Desentralisasi kebijakan / pengambilan keputusan.

5 Mengapa bekerja kelompok itu lebih kompleks daripada bekerja dengan satu orang?  Karena keinginan setiap orang berbeda-beda, sehingga dengan adanya interaksi yang bermacam-macam akan memperkaya sistem  Penyusunan tugas & strukturnya akan lebih detail & dalam.  Lebih bervariasi dai segi ide & rancangan  Sulit dalam hal timetable  Karena tidak berdasarkan hasil pemikiran dari satu orang saja, melainkan banyak orang yang terlibat.

6 Ada 3 komponen dalam melakukan komunikasi ( communication), yaitu kata-kata ( words),gerak tubuh ( gesture) dan hati ( heart, emo ion). Jelaskan proporsi relatif dari ketigakomponen tadi, dan mengapa demikian? a.Kata-kata (Word) Kata-kata yang digunakan dalam sistem harus umum & global yang bisa dimengerti oleh semua kalangan pengguna aplikasi. b.Gesture(gerak isyarat) dan bahasa tubuh Dalam komunikasi bahasa tubuh merupakan faktor penting dalam penyampaian pesan. c.Hati (Heart) Sistem/aplikasi harus dapat membawa situasi hati orang yang sedang menggunakan aplikasi.

7 Sebenarnya apa sih interaksi manusia dan komputer itu? Jelaskan pendapatmu! Interakasi manusia komputer merupakan suatu bidang ilmu yang membahas bagaimana memudahkan hubungan antara pengguna (user) dengan sistem (komputer), yang menekankan pada aspek evaluasi, implementasi sistem dan desain yang interaktif.

8 Terima Kasih


Download ppt "Teknik Sistem Informasi Industri. Sebutkan dan jelaskan model-model kognitif (cognitive) yang merepresentasikan pengguna dalam sistem interaktif? Model."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google