Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BUDAYA DAN SISTEM KERJA MASYARAKAT INDONESIA DIBANDING MASYARAKAT JEPANG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BUDAYA DAN SISTEM KERJA MASYARAKAT INDONESIA DIBANDING MASYARAKAT JEPANG."— Transcript presentasi:

1 BUDAYA DAN SISTEM KERJA MASYARAKAT INDONESIA DIBANDING MASYARAKAT JEPANG

2 Bangsa Jepang dikenal sebagai bangsa terproduktif di dunia. Mereka juga berhasil membangun negaranya dari sisa-sisa keruntuhan dan kehancuran. Mereka terkenal dengan sikap rajin dan pekerja keras. Jadi, tidak heran jika pekerja Jepang mampu bekerja dalam waktu yang panjang tanpa mengenal lelah, bosan, dan putus asa. Mereka bukan hanya mampu bekerja dalam jangka waktu yang lama, melainkan juga mampu mencurahkan perhatian, jiwa, dan komitmen pada pekerjaan yang dilakukannya. Karakter dan budaya kerja keras merupakan faktor penting keberhasilan bangsa Jepang dalam bidang ekonomi, industri, dan perdagangan

3 Bangsa Jepang tidak menganggap tempat kerja hanya sekadar tempat mencari makan, tetapi juga menganggapnya sebagai bagian dari keluarga dan kehidupannya. Kesetiaan mereka pada perusahaan melebihi kesetiaannya pada keluarga sendiri. Mereka selalu berusaha memberikan kinerja terbaik pada perusahaan, pabrik, atau tempat mereka bekerja. Budaya kerja seperti itu tidak lahir dan terwujud dengan begitu saja. Budaya itu dipupuk dan dilatih selama berabad-abad, sehingga akhirnya mengakar dalam pemikiran dan jiwa mereka. Di Jepang, setiap pekerja mengetahui tugas dan perannya di tempat kerja. Mereka tidak bekerja sebagai individu, tetapi dalam satu pasukan, sehingga tidak ada jurang yang tercipta di antara mereka. Mereka tidak bersaing, tetapi bekerja sama untuk menyelesaikan suatu tugas. Di Jepang, semua pekerja tidak memandang pangkat dan berada pada kedudukan yang sama.

4 Cara yang digunakan bangsa Jepang adalah salah satu cara membentuk dan menjalin hubungan erat antar pekerja. Semua pekerja mempunyai tugas dan tanggung jawab penting, sehingga mereka tidak merasa asing. Selain itu, antar sesama, mereka memiliki ikatan emosi yang kuat. Begitu juga dengan rasa sentimen dan keterikatan mendalam terhadap perusahaan, pabrik, dan tempat kerja mereka. o Karakter dan budaya kerja keras merupakan faktor penting keberhasilan bangsa Jepang dalam bidang ekonomi, industri dan perdagangan. o Jabatan tinggi atau rendah tidak penting dalam etika serta pengelolaan kerja bangsa Jepang. o Orang Jepang mau kerja lembur meskipun tidak dibayar.

5 Jadi, jika ada negara yang ingin seperti Jepang, mereka juga perlu memiliki pekerja yang mampu mengerjakan berbagai pekerjaan dalam waktu yang sama. Pekerja di Jepang tidak hanya mampu bekerja dengan baik, tetapi mau bekerja lembur tanpa bayaran lebih. Bagi mereka, yang terpenting adalah pekerjaan tersebut dapat selesai secepatnya. Mereka tidak terlalu memikirkan imbalan karena imbalan tersebut dapat diperoleh dengan menunjukkan prestasi yang memberi semangat dan ketika perusahaan memperoleh keuntungan. Berbeda dengan pekerja di Indonesia yang sangat bergairah menuntut berbagai gaji dan bonus tanpa mencoba berusaha untuk meningkatkan kualitas pekerjaan mereka. Konsep untuk membayar terlebih dahulu dari bekerja kemudian haruslah diubah. Pekerja Jepang layak menerima gaji tinggi karena kualitas kerja mereka. Di samping itu, sikap dan cara kerja mereka juga sepantasnya mendapatkan gaji tinggi. Pekerja di Indonesia perlu mencontoh sikap kerja bangsa Jepang jika ingin menjadi negara maju.

6 Jika Jepang dapat menjadi nomor satu dan menciptakan keajaiban dalam bidang ekonomi, tidak ada alasan bagi negara lain untuk tidak bisa mendapatkan kedudukan yang sama. Bukankah ada pepatah lama yang mengatakan “ di mana ada kemauan, di situ ada jalan ” dan “ mau seribu daya, tidak mau seribu alasan ”. Jepang bisa, negara lain juga pasti bisa. Walaupun tidak bisa sama persis seperti Jepang, tetapi negara lain dapat meniru Jepang. Bangsa Jepang juga meniru dari Barat sebelum mereka dapat menghasilkan produk dan barang yang jauh lebih baik daripada yang ditirunya. Fakta Menarik Beberapa produk terbaik Jepang yang diakui dunia : 1. Jam tangan 2. Kendaraan bermotor 3. Perangkat listrik 4. Kapal 5. Tekstil

7 Faktor utama kesuksesan bangsa Jepang terletak pada budaya kerja, sistem etika, pengelolaan yang bagus, kreativitas, dan semangat juang tinggi tanpa mengenal arti kekalahan. Mereka menjadi kebanggaan Asia karena dapat mengatasi pihak Barat dari segi prestasi dan produktivitasnya. Bangsa Jepang terkenal rajin dan optimis. Cara mengendalikan suatu masalah dan pekerjaan berbeda dari gaya Barat. Keberhasilan bangsa Jepang sangat mengagumkan sehingga menimbulkan berbagai pertanyaan seputar formula yang mereka gunakan. Kesuksesan Jepang tersebut luar biasa, meskipun mereka pernah musnah saat Perang Dunia berakhir. Banyak penelitian yang menyoroti budaya kerja dan rahasia kesuksesan bangsa Jepang. Hal ini terbukti dengan banyak diterbitkannya buku-buku yang berkaitan dengan Jepang. Banyak aspek mengenai bangsa Jepang yang disentuh, termasuk aspek pemikiran dan pengelolaan. Terdapat pula tulisan yang terlalu bersifat teknik dan sukar dipahami karena diterjemahkan dari buku-buku yang diterbitkan di Jepang. Tulisan ini dapat menjadi rujukan, panduan, dan motivasi agar kita dapat lebih dekat mengenal bangsa Jepang. Hal positifnya, banyak rahasia dan formula yang dapat digali dari mereka. Formula ini sebenarnya bukan rahasia lagi. Kita sudah mengetahuinya, tetapi kita tidak pernah menggunakannya. Formula kesuksesan bangsa Jepang mudah dan lebih gampang daripada formula matematika. Untuk mencapai sukses, formula ini harus digunakan dan dipraktikkan. Jika tidak, maka akan tetap menjadi formula dan rahasia yang nantinya akan hilang oleh perubahan waktu dan zaman. Jika bangsa Jepang bisa melakukannya, maka tidak ada alasan untuk kita gagal melaksanakannya. Kekuasaan ada di tangan kita dan bukan terletak pada negara.

8 Sistem Pendidikan di Jepang Jepang merupakan salah satu negara termaju dalam berbagai bidang kehidupan: ekonomi, teknologi, ilmu pengetahuan, sosial, politik, dll. Kemajuan-kemajuan ini tentu berkaitan erat dengan kemajuan pendidikan. Bagaimana sistem pendidikan di Jepang? Sistem pendidikan di Jepang dibangun atas prinsip-prinsip: Legalisme Administrasi yang demokratis Netralitas Penyesuaian dan penetapan kondisi pendidikan Desentralisasi. Pendidikan bertujuan: 1. Mengembangkan kepribadian secara penuh dengan 2. Berupaya keras membangun manusia yang sehat pikiran dan badan, 3. Yang mencintai kebenaran dan keadilan, 4. Menghormati perseorangan, 5. Menghargai kerja, 6. Mempunyai rasa tanggungjawab yang dalam, dan 7. Memiliki semangat independen sebagai pembangun negara dan masyarakat yang damai.

9 Sistem administrasi pendidikan dibangun dalam empat tingkat: pusat, prefectural (antara propinsi dan kabupaten), municipal (antara kabupaten dan kecamatan), dan sekolah. Masing-masing tingkat administrasi pendidikan tersebut mempunyai peran dan kewenangan yang saling mengisi dan bersifat kerjasama. Disamping itu, terdapat asosiasi- asosiasi kepala sekolah, guru, murid, dan orang tua yang mendukung pengembangan sekolah. Tujuan pendidikan tersebut adalah untuk membesarkan anak yang sehat pikiran dan badan serta penuh estetika, sehingga dihasilkan murid yang ideal, yaitu murid yang selalu melatih diri sendiri, mengikuti aturan, bersedia bekerja secara sukarela, dan mempunyai dasar untuk berpikir secara internasional.

10 Tujuan pendidikan ini lebih lanjut dijabarkan untuk setiap mata pelajaran dan bahkan untuk setiap pertemuan kelas. Untuk mencapai tujuan tersebut diuraikan materi apa yang akan dibahas, apa yang harus dilakukan murid, dan apa yang harus dilakukan guru, serta bagaimana cara melakukannya yang semuanya dinyatakan dalam rencana kerja (working plan) yang disiapkan guru untuk setiap pertemuan kelas. Dengan demikian, baik murid maupun guru memiliki pedoman arahan yang jelas dalam proses belajar-mengajar. Pada umumnya metode pengajaran yang digunakan di sekolah-sekolah di Jepang adalah kombinasi dari: Penjelasan dari dan tanya jawab dengan guru, Diskusi antar murid, dan Eksplorasi oleh murid sendiri dengan menggunakan alat pembelajaran. Di awal biasanya murid memberikan penjelasan sebagai pengantar, kemudian murid melakukan diskusi sesama mereka dan atau mengeksplorasi menggunakan alat pembelajaran seperti multimedia, laboratorium, dll. sesuai dengan mata pelajaran dan kebutuhan. Hasil diskusi dan atau eksplorasi tersebut lalu dipresentasikan di depan kelas dengan bimbingan guru.

11 Dunia pendidikan kita penuh paradoks. Contoh mencolok adalah ditetapkannya program Wajib Belajar (Wajar) 9 tahun tetapi biaya pendidikan ditanggung peserta didik. Bahkan, fakta lapangan memperlihatkan lembaga pendidikan sedang berlomba menjadi sekolah mahal. Setelah melakukan ulasan atas fenomena pendidikan tersebut, Bpk Supriyono dosen FIP dan Pascasarjana UM mengusulkan agar sekolah unggulan yang mahal-mahal itu dihapus (Surya, 1/5/2003). Konsekuensi dari program Wajar adalah bebas biaya. Bila tidak, Wajar menjadi tak ada artinya. Alasannya sederhana, kewajiban harus diikuti sanksi. Nah, bagaimana mungkin memberi sanksi pelanggar Wajar bila sekadar menyekolahkan anak-anaknya saja memang tidak mampu. Jumlah penduduk miskin bertambah secara signifikan sejak krismon, sebagai contoh Jatim mencapai angka 30 persen. Tulisan ini bermaksud menguatkan ide penghapusan sekolah mahal di atas. Pendidikan ala pasar Andai dunia pendidikan dapat diibaratkan sebagai wajah, maka make-up wajah pendidikan kita senantiasa berubah dari waktu ke waktu bergantung periasnya yakni Mendiknas. Periode sekarang merek make-up tersebut adalah KBK atau kurikulum berbasis kompetensi. Sebagaimana make-up yang sebenarnya, make-up pendidikan bisa dan boleh senantiasa berubah tetapi wajah pendidikan selalu tetap kecuali dilakukan operasi plastik. Wajah pendidikan kita adalah pasar.

12 Sedang dalam segi pengobatan jepang menggunankan teknologi yang maju dan lebih canggih dari pada di indonesia

13 .-1 Berobat (Menggunakan Fasilitas Pengobatan ) 1. Pengobatan di Jepang Teknologi Kedokteran Jepang mempunyai tingkat teknologi yang tinggi, akan tetapi pada umumnya dokter tidak menjelaskan secara rinci tentang pengobatan dan obat yang diberikan. Apabila anda, khususnya yang memerlukan penjelasan lebih lanjut, jangan segan segan bertanya kepada dokter. Akan tetapi pemeriksaan waktunya tidak bisa lama. Di Dokter Gigi, sudah menjadi kebiasaan datang dengan perjanjian waktu, akan tetapi biasanya di rumah sakit biasa akan dilayani pasien yang datang lebih dulu, jadi waktu menunggu akan menjadi lebih lama. Dibandingkan dengan negara lain umumnya, obat penghilang rasa sakit akan dipergunakan lebih sedikit.

14 .Prosedur Pemakaian Fasilitas Pengobatan Jenis ·Klinik Dokter, Ruang Pemeriksaan, Rumah Sakit ( Tersedia untuk Rawat Inap, dan Peralatan untuk Pemeriksaannya ) Khususnya bila tidak tahu nama penyakitnya atau terkena penyakit yang ringan, untuk sementara lebih baik mendaftarkan diri untuk diperiksa oleh dokter, dan selanjutnya anda akan mendapat petunjuk. Jam praktek ·Jam praktek pemeriksaan di klinik dokter umumnya pagi dan sore. Ada juga yang tidak praktek pada waktu sore hari kerja. Bahasa Walaupun biasanya dokter bisa sedikit mengerti bahasa Inggris, formulir isian pemeriksaan umumnya berbahasa Jepang Apa yang akan anda tulis dalam formulir isiian pemeriksaan, sebaiknya didampingi seseorang yang bisa

15 Contoh lingkungan bisnis yang melihat ekologi Menyeimbangkan Internet Bisnis dan Ekologi Apakah mungkin membuat bisnis online Anda ramah lingkungan? Internet telah mendominasi dunia komersial sejak hari ini telah membuat tabut di dunia komersial. Pada dasarnya, Internet telah menciptakan cara untuk menghasilkan pendapatan serta pekerjaan. Ini telah memberikan kesempatan unik bagi mereka yang menggunakannya. Bagian terbaik dari itu adalah bahwa internet tidak menghasilkan sampah yang buruk dapat mempengaruhi lingkungan sekitar kita. Perbedaan Internet dari industri lain adalah bahwa hal itu tidak menciptakan apapun mempengaruhi sehingga akan menciptakan efek rumah kaca. Orang tidak dapat memikirkan industri minyak atau industri kimia yang ramah lingkungan. Di sisi lain di Internet Anda bisa menjalankan usaha tanpa memerlukan suatu "nol" atau proses penghapusan unsur-unsur berbahaya yang akan mempengaruhi lingkungan di sekitar Anda. Untuk memahami isu-isu efek berbahaya terhadap lingkungan yang dapat kita lihat pada pemanasan global. pemanasan tersebut adalah efek dari emisi gas rumah kaca oleh unsur-unsur berbahaya dari berbagai perusahaan industri. Pada saat masalah tampaknya terlalu besar untuk diselesaikan dengan mudah. Masalah lain yang serupa adalah daur ulang atau sumber daya. Orang ay berpikir apa salahnya secarik kertas untuk sampah dapat dapat menyebabkan? Tapi hanya berpikir ketika milyaran orang mengikuti, bagaimana besar masalah dapat menjadi? Yang kemudian masalahnya. Tapi apa solusinya? Ada perusahaan besar yang telah diganti instalasi listrik dengan sistem energi tenaga surya sehingga ada beban yang lebih sedikit pada sumber daya energi yang sudah tegang. Pada saat yang sama sumber-sumber energi alternatif yang sangat ramah lingkungan. Google mungkin adalah salah satu contoh terbaik. Online Pemasaran Perusahaan dapat berkontribusi dengan cara utama dalam hal ini dan mereka bisa membantu mengurangi atau mengimbangi dampak terhadap lingkungan sekitar. Antara Budaya Jepang dan Indonesia Ditulis oleh Anto Satriyo Nugroho di/pada Maret 3, 2007Anto Satriyo Nugroho Di posting sebelumnya saya pernah membahas perbandingan budaya Jepang dan Indonesia. Kali ini tulisan saya membahas hal-hal yang tidak sempat dibahas dalam tulisan yang lalu. Sebenarnya hal ini berawal dari diskusi saya dengan seorang teman Jepang yang ingin belajar dan mengetahui budaya Indonesia. Point-point di bawah adalah hasil corat-coret dari obrolan tersebut. Menengok ke rumah sakit Jika ada seorang teman yang opname ke rumah sakit, kami sering janjian untuk menengok teman tsb. bersama-sama. Menengok orang sakit, dalam bahasa Jepang disebut omimai (catatan : jangan salah dengan omiai, yang berarti bertemu dengan seseorang yang diinginkan jadi jodohnya, nontoni kalau dalam bahasa Jawa). Biasanya saat menengok kami datang berombongan, belasan orang, dsb. Bagi orang Indonesia, hal ini wajar saja. Apalagi kami tinggal di luar negeri, yang kalau sakit dan opname, tidak ada keluarga lain yang dapat menengok kecuali teman-teman sendiri. Tetapi omimai dalam jumlah banyak ini terasa janggal bagi orang Jepang. Umumnya mereka kalau menengok teman yang rawat inap, datang dalam jumlah sedikit. Sekitar dua atau tiga orang. Di Jepang umumnya rumah sakit cukup keras menjaga agar suasana dalam rumah sakit tenang. Jam tengok juga diatur dengan ketat dan disiplin, agar pasien dapat istirahat dengan tenang, makan tidak terlambat, dsb. Menghadiri pesta pernikahan Di Indonesia, sangat lazim pesta pernikahan diselenggarakan dengan dihadiri ratusan atau kadang ribuan orang. Di Jepang tidak demikian. Yang diundang teman-teman terdekatnya saja, jadi bisa saja total yang diundang di bawah 100 orang. Saat saya menghadiri teman Jepang yang menikah, yang diundang seingat saya tidak sampai 100 orang, dan resepsi diselenggarakan di gereja. Setelah itu baru kemudian kami pindah ke ruang pesta. Nah, kalau pesta pernikahan di Indonesia tidak ada batasan yang jelas, siapa yang diundang dan siapa yang tidak diundang, di Jepang tidak demikian. Yang datang adalah mereka yang diundang saja. Saat hadir di resepsi, kami menyerahkan sumbangan dalam amplop yang didesain khusus. Amplop ini dapat dibeli di convenient store (Family Mart, Seven Eleven, dsb). Umumnya besar sumbangan per orang 30 ribu yen. Mengenai besarnya sumbangan ini biasanya disesuaikan dengan usia/karir yang menyumbang, kekerabatan atau kedekatan seseorang dengan pengantin, dsb. Menanyakan keluarga Umumnya orang Indonesia terbuka dalam menceritakan keluarganya, walau kepada kenalan baru. Berapa anaknya, sekolah dimana dsb. Tetapi di Jepang, masalah keluarga adalah masalah privasi. Sehingga tidak lazim kalau baru saja berkenalan kemudian saling menanyakan keluarga masing-masing. Hal yang sifatnya privasi seperti ini bisa terbuka diceritakan, kalau benar-benar sudah akrab sebagai teman.

16 Beberapa langkah-langkah yang benar-benar dapat membantu pengembangan sistem ramah lingkungan adalah: Pengurangan konsumsi kertas adalah salah satu cara terbaik untuk membuat industri yang ramah lingkungan. Misalnya, Anda dapat mencetak kedua belah pihak pada kertas sehingga ada sedikit konsumsi kertas dan sampah kurang terhadap lingkungan sekitarnya. Dimanapun, dan apapun yang mungkin harus didaur ulang sehingga ada tekanan kurang pada sumber daya yang tersedia. Beberapa produk yang paling dapat didaur ulang adalah kertas, aluminium, dan plastik. Beberapa Perusahaan memproduksi gadget tersebut dan aksesoris yang memancarkan gas rumah kaca kurang melalui transportasi dan konsumsi energi. Ini adalah salah satu langkah yang ramah lingkungan terbaik yang dunia industri dapat mengambil. Setiap orang memiliki tanggung jawab untuk membuat lingkungan yang ramah lingkungan dan lebih dari orang lain industri memiliki tanggung jawab tersebut.

17 ketika di Indonesia DPRnya sibuk mengajukan Hak angket atas ketidak becusan pemerintahnya tentang masalah kenaikan BBM... di jepang pemerintah dan parlemen sibuk menciptakan UU untuk penggunaan Hybrid system (penggunaan energi alternatif dan BBM) untuk mengurangi penggunaan BBM dan emisi karbon ketika di Indonesia mahasiswanya demonstrasi dan mogok makan+jahit mulut.... menentang kenaikan BBM di Jepang mahasiswanya sibuk menciptakan mobil listrik/ energi alternatif bebas polusi serta penemuan/penerapan energi alternatif baru. ketika di Indonesia... perusahaan-perusahaannya mengeluh atas kenaikan BBM dan PHK bahkan bangkrut..... di jepang..... perusahaan dijepang menggunakan atapnya sebagai alat pembangkit tenaga surya sehingga cost akibat bahan bakar berkurang sampai separuhnya (alias efisiensi) ketika di Indonesia... masyarakatnya menangis dan kelaparan bahkan tidak sedikit jadi penjahat musiman dan bunuh diri/bunuh orang lain.....akibat dampak BBM dijepang..... masyarakat dijepang berlomba-lomba jadi duta hemat energi melalui komik, lagu dsb.... ketika di Indonesia peserta forum di webnya sibuk mempertentangkan agama orang lain serta berharap adanya forum lendir lagi.... sebagai pengalihan dari derita akibat kenaikan BBM (ngak nyindir kok... peace... ) di jepang..... forum diskusi solusi atas energi dan energi alternatif menjadi pembicaraan hangat..... juga usaha efisiensi dan pengembangan teknologi bahkan para ahlipun ikut bicara (menulis)...

18 “Globalisasi teknologi informasi dan bisnis” Pada saat ini arus globalisasi perdagangngan bebas tidak hanya ditandai perubahan arus barang/jasa di antara negara-negara yang melakukan transaksi perdagangan. Perkembangan perdagangan juga memerlukan adanya konvergensi dari segi aspek tekhnologi dan bisnis itu sendiri. Ini tergantung dari suatu perusahaan baik itu Badan Usaha Milik Negara (pemerintah) ataupun perusahaan swasta masing-masing, seperti yang diketahui sebelumnya juga harus di perhatikan segmentasi pasar dari segi kriteria demografis, psikhografis, behavioristik dan geografis serta berdasarkan faktor operasional ini merupakan salah satu bagian terpenting bagi setiap perusahaan untuk mengetahui tingkat dan daya jual-beli pada suatu negara. Begitu juga pengaruh lingkungan bisnis terhadap kinerja pemasaran, pengaruh tersebut terdiri dari lingkungan internal ataupun lingkungan eksternal. Sebagian besar faktor lingkungan internal masih dalam kekuasaan manajemen perusahaan sedangkan lingkungan eksternal berada diluar kekuasaan manajemen perusahaan.

19 Sebagai contoh penemuan mesin jet pesawat terbang, telah menyusutkan permintaan pesawat terbang niaga yang digerakan dengan baling – baling. Penemuan pesawat telefax telah menurunkan permintaan mesin telex. Selanjutnya penemuan . Contoh lain adalah perkembangan teknologi jaringan internet baik itu LAN (Local Area Network) atau WAN (Wireless Area Network) yang sebelumnya tidak ada seorangpun yang membayangkan bahkan perintisnya sendiri. Ia lahir dari ARPANET, merupakan suatu jaringan komputer milik Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang ditujukan untuk mempermudah pertukaran informasi di antara pengkaji pertahanan. Perkembangan internet saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok dalam suatu perusahaan ataupun rumah tangga. Memang sedikit berbeda dari negara - negara maju seperti Amerika Serikat, internet boleh dianggap masih merupakan “barang baru” bagi orang - orang di kawasan Asia Tenggara. Jika melihat dari segi keistimewaan dan keunggulan internet maka yang menjadi persingannya adalah sebagai contoh media cetak, radio, telepon dan televisi. Namun bukan hanya itu perusahaan media cetak, radio dan teleponpun turut andil dalam pengunaan internet serta televisi semisal “live concert”. Dengan menggunakan peralatan web cam orang bisa berkomunikasi sekalipun orang tersebut jauh dari lokasi yang diperkirakan. Keuntungan dan keunggulannya antara lain adalah efisiensi, tanpa batas, terbuka 24 jam, interactive, terjalin dalam sekejap, tak perlu izin, tanpa sensor.

20 Tidak dapat dipungkiri kehadiran internet telah membawa dampak permasalahan baik kehidupan sosial maupun hukum. Hukum sendiri merupakan gejala sosial yang majemuk. Hukum berakar dan terbentuk dalam proses interaksi antara berbagai aspek kemasyarakatan (sosial, ekonomi, politik, budaya, teknologi, pertahanan dan keamanan). Jadi dalam dinamikanya, hukum itu dikondisi dan mengkondisi masyarakat. Karena menyandang tujuan untuk mewujudkan ketertiban secara konkret dalam masyarakat. Sejalan dengan pemahaman ini, tidak menutup kemungkinan juga hukum akan berdialektika dengan perkembangan teknologi. Dengan demikian ada kemungkinan yang akan timbul pertama hukum akan dipengaruhi oleh perkembangan teknologi, kedua, hukum akan mempengaruhi perkembangan teknologi, dan ketiga, hukum dan teknologi akan saling mempengaruhi. Atau upaya – upaya sengaja yang bermula dari proses – proses rekonseptualisasi oleh kaum pemikir sampai ke proses – proses oleh para politisi dengan menggunakan internet. Masalah hukum yang berkembang di internet itu sendiri adalah “Uniform Commercial Code” untuk e-commerce, e-business, e-Government, politic, perlindungan hak kekayaan intelektual (seperti hak cipta, Perlindungan Sui Generis Data Base, paten), merek dagang dan Domain Name (privasi, keamanan).

21 Perdagangan elektronik tidak hanya dipandang dalam persektif bisnis, tetapi juga melihat pada aspek persyaratan hukum. Apabila perdagangan elektronik hanya menekankan pada sudut pandang pada bisnis, ini tidak menutup kemungkinan sengketa – sengketa dalam transaksi bisnis mengingat persyaratan – persyaratan hukum yang harus dipenuhi tidak dapat ditunjukan.

22 Ada beberapa ketentuan apabila pelaku bisnis melakukan perdagangan secara elektronik yakni: autensitas, integritas, tidak dapat disangkal, tertulis dan tanda tangan, kerahasiaan. (Dalam kaitannya dengan solusi keamanan informasi, maka keamanan informasi yang digunakan dalam pemenuhan persyaratan hukum ini meliputi: digital signature (diperkirkan oleh hukum dalam keadaan pasti untuk menemukan autensitas, integritas, dan nonrepudation ini dimungkinkan juga untuk persyaratan tertulis dan tandatangan), replies and acknowledgments (dengan log menunjukan apakah diterima, pengirim mengidentifikasi dan pada kenyataannya akan membantu memverifikasi sumber komunikasi. Dengan pemeliharaan, maka setiap pesanan dapat diautentikasi), repeat-back acknowledgments (dimana pada tahap ini menetapkan integritas dari suatu komunikasi), the use of a process or system that produces a demonstrably trustworthy document (teknik ini meliputi penggunaan system computer dengan membentuk fungsi pemeliharaan rekaman secara otomatis), date/time stamping (untuk memverifikasi bahwa komunikasi tidak diubah, biasanya untuk permasalahan pengiriman pesan dalam jumlah besar dari komunikasi), trusted third parties (para pihak dapat menetapkan intergritas melalui pengiriman, dan penerimaan komunikasi elektronik melalui pihak ketiga yang netral serta dapat memperbanyak dari setiap komunikasi), encryption (jika pengirim menginginkan pengiriman melalui komunikasi elektronik untuk si penerima dan menjaga kerahasiaannya, pengirim dapat mengencrypt komunikasi)). Look instruction of presiden No. 6 Tahun 2001 tentang pengembangan dan pendayagunaan Telematika di Indonesia.(RD_0630RF04S3#C )

23 Termasuk dalam kategori faktor lingkungan bisnis internal adalah kondisi sarana produksi yang dimiliki perusahaan (termasuk teknologi produksinya, kalau ada) sangat mempengaruhi kemampuan perusahaan bersaing di pasar serta seberapa efisiensi suatu produk mempengaruhi produksinya dan harga pokok penjualan produk yang lebih kompetitif. Sumber daya manusia sebagai contoh adalah para karyawan dalam suatu perusahaan juga mempunyai peranan penting dalam peningkatan kinerja suatu perusahaan. Karena suatu perusahaan yang menggunakan teknologi dan sarana produksi tidak dapat bekerja sendiri tanpa adanya karyawan. Sumber pendanaan operasi bisnis selain dari dana modal sendiri suatu perusahaan membiyai operasi bisnisnya dengan dana dari luar termasuk bank, perusahaan pemasok,leasing dan perusahaan ventura. Hubungan dengan pelanggan juga mempengaruhi kinerja suatu perusahaan. Sedangkan lingkungan bisnis eksternal adalah konsumen berada di luar kekuasaan manajemen perusahaan karena sifat konsumen tidak bisa diduga akan keinginan, kebutuhan, motivasi pembelian dan perilaku mereka. Sifat – sifat khusus tersebut antara lain usia, gender, latar belakang pendidikan, kelas sosial, suku, ras dan dalam negeri ataupun internasional mempengaruhi struktur dan jumlah permintaan berbagai macam jenis barang dan jasa. Sebagai contoh di Asia Timur sendiri dipengaruhi valuta asing terutama US Dollar (AS) ini sudah dipengaruhi sejak tahun 1990-an dan menguat pengaruhnya pada tahun 1996-an dampak utamanya adalah naiknya berbagai macam komoditas impor, nilai cicilan dan kredit bunga luar negeri yang menyebabkan inflasi di banyak negara dan penurunan jumlah permintaan barang dan jasa. Sedangkan pada Indonesia sendiri berdampak krisis ekonomi-moneter adalah pada salah satu sektor industri otomotif.

24 Selain itu yang mempengaruhi lingkungan bisnis eksternal adalah persaingan pasar, perkembangan hukum, kehidupan sosial dan perkembangan teknologi. Perkembangan pada aspek teknologi meliputi beberapa hal yaitu software, hardware, brainware. Networks, service, market, consumen. Perkembangan teknologi mulai berkembang sejak berakhirnya perang dunia kedua. Sejak masa itu negara - negara maju di Amerika Utara, Eropa dan Jepang menciptakan teknologi baru di banyak sektor kehidupan dan menyebarkannya ke seluruh penjuru dunia. Dalam artian teknologi baru menggantikan teknologi lama.


Download ppt "BUDAYA DAN SISTEM KERJA MASYARAKAT INDONESIA DIBANDING MASYARAKAT JEPANG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google