Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANAJEMEN PRODUK & BRAND MBKI - Universitas Paramadina.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANAJEMEN PRODUK & BRAND MBKI - Universitas Paramadina."— Transcript presentasi:

1 MANAJEMEN PRODUK & BRAND MBKI - Universitas Paramadina

2 Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle) Total industry profit (initially loss) Total industry sales

3 Tahap-Tahap Proses Adopsi Produk Baru 1. Awareness (Menyadari) 2. Interest (Berminat) 3. Evaluation (Evaluasi) 4. Trial (Mencoba) 5. Adopsi (Membeli) Dalam terminologi komunikasi dikenal juga konsep AIDA (Awareness, Interest, Desire, Action)

4 Kategorisasi Kelompok Pengadopsi Produk Baru

5 Karakteristik Kelompok Pengadopsi  Innovators: Mau mencoba ide baru  Early adopters: Pemimpin opini yang dihormati, mengadopsi ide baru cukup awal tetapi dengan hati-hati  Early majority: penuh perhitungan  Late majority: Skeptis, hanya mencoba sesuatu yang baru setelah semua orang mencobanya.  Laggards: tidak menyukai perubahan  Produk yang mengeluarkan produk baru perlu meneliti karakteristik demografis, psikografis, dan media dari kelompok pengadopsi yang ditargetnya.  Biasanya, earlier adopter cenderung berusia lebih muda, memiliki status sosial yang lebih tinggi, serta posisi keuangan yang lebih mapan.

6 Tingkat Adopsi: Berapa cepat suatu produk diterima?  Relative advantage: perbandingan superioritas produk baru dengan produk yang sudah ada  Compatibility (Kesesuaian): Kesesuaian dengan individu yang menggunakannya  Complexity (Kompleksitas): Berapa sulit untuk dipahami/digunakan?  Divisibility: Ketersediaan untuk dicoba.  Communicability: Apakah manfaatnya dapat dijelaskan atau terlihat dengan mudah?

7 Diskusi  Kelompok pengadopsi mana yang sebaiknya ditarget oleh LKS?  Menurut Anda, apa saja karakteristik kelompok- kelompok tersebut?  Dari 5 faktor yang telah disebutkan, mana yang menurut Anda menjadi kendala dalam percepatan tingkat adopsi LKS?

8 BRANDING

9 Sekilas Tentang Branding  Arti harfiah: suatu nama, istilah, simbol, desain, atau kombinasi antara hal-hal ini yang ditujukan untuk mengidentifikasi suatu barang atau jasa serta membedakannya dari kompetitor  Kini, branding merupakan upaya total dan jangka panjang suatu perusahaan untuk membentuk suatu identitas.  Brand yang kuat dapat menjual dengan harga premium  Memerlukan investasi jangka panjang, terutama dalam promosi  Tidak cukup sekedar hanya memilih suatu logo atau nama.

10 Brand/Merk: Suatu Simbol yang Kompleks dan Penuh Arti  Atribut: Mahal, tangguh, prestise  Manfaat:  Tangguh: “Saya tidak usah membeli mobil lagi selama bertahun-tahun  Prestise: “Mobil ini membuat saya terlihat penting dan dikagumi”  Nilai: performa tinggi, keamanan, prestise  Budaya: budaya Jerman yang efisien dan menghargai kualitas  Kepribadian: bos yang dihormati, bangunan mewah  Pengguna: eksekutif usia 50+

11 Piramida Brand

12 Paradigma Brand Dalam Era Ekonomi Baru  Brand perusahaan harus mencerminkan nilai-nilai dasar perusahaan.  Brand manager bertugas mengelola hal-hal taktis, tetapi kesuksesan suatu brand bergantung pada seluruh perusahaan.  Pengalaman pelanggan yang positif di setiap titik kontak (memerlukan perencanaan komprehensif)  Esensi dasar brand harus tercermin di manapun produk/jasa ditawarkan.

13 Islamic Banking: Membangun Sebuah Brand Diluncurkan tahun 2008 Dibuat oleh Irvan A. Noe’man Diwajibkan dipasang di seluruh kantor dan fasilitas layanan perbankan syariah Lomba penulisan artikel syariah di Kompas


Download ppt "MANAJEMEN PRODUK & BRAND MBKI - Universitas Paramadina."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google