Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Manusia sebagai Makhluk Individu dan Sosial. Kuliah ke 7.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Manusia sebagai Makhluk Individu dan Sosial. Kuliah ke 7."— Transcript presentasi:

1 Manusia sebagai Makhluk Individu dan Sosial. Kuliah ke 7

2 C. Fungsi Tugas Manusia sebagai Makhluk sosial Keluarga merupakan satuan sosial terkecil yang dimiliki oleh manusia sebagai makhluk sosial. Keluarga memiliki fungsi dan tgas yang amat penting terutama dalam rangka untuk membena individu sebagai makhluk sosial. Menurut Williem J Goode kaluarga memiliki fungsi : 1. Pengaturan Sexual : Kekacauan akan terjadi bila tidak ada pengaturan seksual misal :

3 Jika seorang anak tidak memiliki ayah yang syah dimana dlam masyarakat adanya pengaturan terhadap hubungan anak dengan ayah. Munculnya sistim perkawinan dan adanya larangan hubungan Sex ( Incest Taboo ) dengan keluarga terdekat. Hal ini menjadi hukum sosial. 2.Reproduksi : Berkembangnya teknologi kedokteran selain memberikan dampak posiatif

4 Bagi program keluarga berencana pata pula menimbulkan masalah terpisahnya kepuasan sexsual dengan pembiakan. Adanya pula pananga terhadap jumlah punya anak. 3. Sosialisasi : Manusia sebagai mahkluk sosial dalam evolusinya lebih tergantung pada kebudayaan dan bukan kepada naluru atau insting.

5 4. Pemeliaraan : Masa keamilan yang cukup panjang disertai masa kritis dan tugas menyusui berlarut larut membuat ibu yang sedang hamil perlu perlindungan dan pemeliaraan. 5.Penempatan anak didalam masyarakat : Dengan enentukan penempatan sosial seorang anak pengaturan wewenang membantu menentukan kewajiban peranan orang prang dewasa terhadap anak.Anak merupakan simbl berbagai macam hubungan peran yang penting dianatara orang dewasa.

6 6. Pemuas kebutuhan Perorangan. : Hubungan suami istri dibentuk oleh jaringan teman teman dan anak di tempat mereka hidup tetapi teman teman tidak dapat menggant kepuasan hubungan suami istri dengan anaknya. Seorang tua menjalin hubungan emosional dengan anak setelah kelahiran sang anak. Keluarga merupakan tempat persemaian sifat sifat individu yang khs selaku manusia.

7 7. Kontrol sosial : Keluarga yang berfungsi dalam sosialisasi yaitu bagi setiap individu pada saat dia tumbuh menjadi dewasa,memerlukan suatu sistim nilai sebagai semacam tuntunan umuk untuk mengarahkan aktivitasnya dalam masyarakat dan berfungsi sebgai tujuan akhir pengembangan keperibadian. Memperhatikan kedudukan fungsi dan tugas maka keluarga merupakan lembaga yang sangat bermakna dalam mencipta dan membina individu menjadi makhluk sosial.

8 D. Bermasyarakat berbagai jenis kehidupan Dalam klompok sosal individu memiliki kemampuan untuk : 1.Menempatkan diri 2.Ditempatkan oleh orang lain,dalam suatu lapisan sosial ekonimi tertentu. Dalam demensi sosial manusia dibeda stratafiasinya menjadi 3 bagaia yaitu : 1. Demensi kekayaan.2. Demensi Kekuasaan.3. Dimensi Prestise. Demensi ini kemudian membentuk formasi sosial al :

9 1.Sejumlah orang sama sama memiliki konponen tertentu yang merupakan sumber dalam kesempatan hidup mereka. 2.Komponen ini secara aksklusif tercermin dalam epentingan ekonomi,berupa pemilikan benda benda. 3.Hal in terlibat dalam pasar tenaga. Kelompok ini akan tercermin pada gaya hidup seseorang /klompok.

10 Gaya Hidup merujuk kepada perbedaan krakteristik dari seklompok status. Pengelompokan gaya Hidup : 1Demensi marfologis : merujuk pada lingkunan dan aspek giografi. 2.Hubungan sosial dan jaringan kerja.: a.Pengkapsulan. Keterkaitan pada lingkunan suku,etnis dll.

11 b.Segregasi : Tidak menedkakkan pada suatu kegiatan saja tetapi beberapa kegiatan tanapa ada ikatan yang akrab atau emosional. C. Isilasi Bidang kehidupan.Ada keterkaitan yeng mendalam pada bidang apapun. 3.Penekanan Bidang kehidupan Seseorang dapat menekankan kehidupannya pada suatu bidang tertentu yang menjadi prioritasnya.

12 4. Makna Gaya Hidup : Penilaian dan pemaknaan terhadap bidang bidang kehidupan. 5.Demensi simbolik : Simbul simbul yang digunakan dalam kehidupannnya.( Nas dan Sande.).


Download ppt "Manusia sebagai Makhluk Individu dan Sosial. Kuliah ke 7."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google