Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RELASI LANJUTAN. Tujuan Mahasiswa akan dapat memberikan contoh-contoh relasi lanjutan dan sifat- sifatnya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RELASI LANJUTAN. Tujuan Mahasiswa akan dapat memberikan contoh-contoh relasi lanjutan dan sifat- sifatnya."— Transcript presentasi:

1 RELASI LANJUTAN

2 Tujuan Mahasiswa akan dapat memberikan contoh-contoh relasi lanjutan dan sifat- sifatnya

3 Cakupan –Review relasi refleksif, simetris, transitif, antisimetris, parsial order dan ekuivalen. –Relasi n-ary –Relasi kongruensi –Kelas Ekuivalen dari relasi ekuivalen –Relasi lexicographic –Relasi Totally Order

4 1.Review relasi refleksif, simetris, transitif, anti-simetris, parsial order dan ekuivalen. 2.Relasi n-ary Definisi: Diberikan himpunan A 1,A 2,A 3,...A n. Suatu relasi n-ary pada A 1  A 2  A 3 ....  A n adalah suatu himpunan bagian dari A 1  A 2  A 3 ....  A n.

5 Contoh: A 1 adalah himpunan bilangan asli, A 2 adalah himpunan karakter string alphabet, A 3 himpunan karakter string numeric, A 4 himpunan karakter string alphabet. Definisikan relasi kuaterner R pada A 1  A 2  A 3  A 4 sebagai berikut. (a 1,a 2,a 3,a 4 )  R jika dan hanya jika seorang pasien dengan nomor ID: a 1, nama: a 2, berobat pada tanggal: a 3, dan dengan diagnosa perdana: a 4.

6 3.Relasi Kongruensi Misalkan m dan n bilangan-bilangan bulat dan d bilangan asli. Notasi m  n (mod d) dibaca “m adalah kongruen dengan n modulo d”, dan artinya d habis membagi (m–n). Contoh: 7  1 (mod 3), 8  2 (mod 3), 9  0 (mod 3) 4.Kelas Ekuivalen dari relasi ekuivalen Misalkan A suatu himpunan dan R suatu relasi ekuivalen pada A. Untuk setiap elemen a di A, kelas ekuivalen dari a, dinotasikan dengan [a] adalah himpunan semua elemen x di A sedemikian sehingga x berelasi dengan a. Relasi ekuivalen akan menyebabkan partisi bagi himpunan yang bersangkutan.

7 Contoh: 1  1 (mod 3), 4  1 (mod 3), 7  1 (mod 3),.... Jadi [1] = {...., 1, 4, 7, 10, 13,....} 2  2 (mod 3), 5  2 (mod 3), 8  2 (mod 3),.... Jadi [2] = {...., 2, 5, 8, 11, 14,....} 3  0 (mod 3), 6  0 (mod 3), 9  0 (mod 3),.... Jadi [3] = {...., 3, 6, 9, 12, 15,....} Jadi relasi ekuivalen modulo 3 mempunyai kelas ekuivalen [0], [1], dan [2].

8 5.Relasi Lexicographic Lexicographic berarti urutan seperti dalam kamus. Contoh: “amat” lebih dulu daripada “amir”. 6.Relasi Totally Order Definisi:Misalkan R suatu relasi parsial order pada himpunan A. Elemen a dan b dari A disebut comparable jika dan hanya jika a R b atau b R a. Selain itu a dan b disebut non- comparable. Jika untuk setiap pasang a dan b dalam A berlaku a R b atau b R a, maka R disebut relasi totally order pada A. Contoh: Relasi , relasi 

9 Penutup Beberapa relasi lanjutan: –Relasi n-ary: dari A –Relasi kongruensi –Kelas Ekuivalen dari relasi ekuivalen –Relasi lexicographic –Relasi Totally Order


Download ppt "RELASI LANJUTAN. Tujuan Mahasiswa akan dapat memberikan contoh-contoh relasi lanjutan dan sifat- sifatnya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google