Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DITA ARINI S, 7101406625 KEEFEKTIFAN METODE QUANTUM DENGAN TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI POKOK MATERI JURNAL PENYESUAIAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DITA ARINI S, 7101406625 KEEFEKTIFAN METODE QUANTUM DENGAN TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI POKOK MATERI JURNAL PENYESUAIAN."— Transcript presentasi:

1 DITA ARINI S, KEEFEKTIFAN METODE QUANTUM DENGAN TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI POKOK MATERI JURNAL PENYESUAIAN PADA SISWA KELAS XI SMA TEUKU UMAR SEMARANG

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : DITA ARINI S - NIM : PRODI : Pendidikan Ekonomi (Pendidikan Akuntansi) - JURUSAN : Pendidikan Ekonomi - FAKULTAS : Ekonomi - olala_beyb pada domain plasa.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Partono Thomas, M.Si. - PEMBIMBING 2 : Indah Anisy Kurlillah, S.E., M.Si., AKt. - TGL UJIAN :

3 Judul KEEFEKTIFAN METODE QUANTUM DENGAN TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI POKOK MATERI JURNAL PENYESUAIAN PADA SISWA KELAS XI SMA TEUKU UMAR SEMARANG

4 Abstrak Arini, Dita “Keefektifan Penerapan Metode Quantum Dengan Teknik Peta Pikiran (Mind Mapping) Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pokok Materi Jurnal Penyesuaian Pada Siswa Kelas XI SMA Teuku Umar Semarang”. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi.Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Drs. Partono Thomas, M.S., Pembimbing II : Indah Anisykurlillah, SE, M.Si., Akt. Kata Kunci : Metode Quantum Teknik Peta Pikiran (Mind Mapping), Metode Konvensional, Prestasi Belajar Prestasi belajar adalah hasil belajar yang dicapai oleh siswa ketika mengikuti dan mengerjakan tugas dan kegiatan pembelajaran. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh 2 faktor,yatu faktor internal dan eksternal. Faktor yang menjadi fokus dalam peneltian adalah faktor eksternal yaitu metode pembelajaran. Dalam hal ini, metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode quantum dengan teknik peta pikiran (mind mapping). Metode quantum dengan teknik peta pikiran (mind mapping) adalah metode yang dilakukan dengan memanfaatkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kanan dan otak kirinya secara simultan serta memaksimalkan kinerja otak. Peneltian ini bertujuan: mengetahui apakah pembelajaran ekonomi menggunakan metode pembelajaran quantum dengan teknik peta pikiran (mind mapping) lebih efektif dibanding pembelajaran ekonomi dengan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Ekonomi pokok materi jurnal penyesuaian pada siswa kelas XI SMA Teuku Umar Semarang. Populasi dalam peneltian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Teuku Umar Semarang Tahun Ajaran 2009/2010. Dengan teknik Simple Random Sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas IPS 1 sebagai kelompok eksperimen dan IPS 2 sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi pengajaran dengan metode quantum dengan teknik peta pikiran (mind mapping) dan kelompok kontrol diberi pengajaran dengan metode konvensional. Desain penelitian ini dengan Randomized Control Group Pretest-Postest yaitu menggunakan pre-test dan sampel kontrol atau grup kontrol. Perbedaannya adalah grup kontrol di desain eksperimen ini, ekuivalen dengan grup treatmentnya dengan cara randomisasi, yaitu subyek dipilih secara random (diberi simbol R). Kesimpulan dari penelitian ini adalah: Penerapan pembelajaran ekonomi dengan metode pembelajaran quantum dengan teknik peta pikiran (mind mapping) lebih efektif dibanding pembelajaran ekonomi dengan menggunakan metode konvensional.

5 Kata Kunci

6 Referensi

7 Terima Kasih


Download ppt "DITA ARINI S, 7101406625 KEEFEKTIFAN METODE QUANTUM DENGAN TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI POKOK MATERI JURNAL PENYESUAIAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google