Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Restorasi dan Renovasi Zaman Meiji. Pertemuan ke-6.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Restorasi dan Renovasi Zaman Meiji. Pertemuan ke-6."— Transcript presentasi:

1 Restorasi dan Renovasi Zaman Meiji. Pertemuan ke-6

2 Tujuan Mahasiswa dapat menjelaskan pemikiran Kido Koin tentang: Rezim Baru Mahasiswa dapat menjelaskan pemikiran Saigo Takamori, tentang semangat Samurai.

3 Kido Koin Kido Koin sebagai pegawai pemerintah Meiji melarang sistem feodal dan menciptakan negara yang birokratis pada pusat.

4 Saigo Takamori Selama 10 tahun sebagai pegawai propinsi kecil, tahun 1854 ia bergabung dalam kedaimyoan yang terbaik saat itu, yakni daimyo Shimazu Nariakira. Sejak itu itu ia mulai berperan dalam pembuat keputusan negara dalam konferensi kekaisaran.

5 Restorasi Meiji : Pengembalian kekuasaan kepada kaisar dari pemerintahan sebelumnya yang dipegang oleh sekelompok kaum militer. Restorasi Meiji ini sekaligus menandai berakhirnya era feodalisme dan dimulainya era modern di Jepang.

6 Usaha yang dilakukan menjelang restorasi Meiji: Bakufu melakukan berbagai kebijakan untuk meredam kekacauan, al: Menghapus kebijakan Sankin Kotai Membuka pelabuhan di Hyogo serta perdagangan dengan luar negeri Merevisi beberapa departemen Membagi kekuasaan dengan kaisar.

7 Berakhirnya masa isolasi negeri disebabkan oleh bbrp hal yi : Adanya pertentangan antara kelompok yang pro/konservatif (daimyo barat daya) dengan slogan Sonno Joi (muliakan kaisar, usir orang asing) serta yang kontra/realis (daimyo timur laut). Desakan dari luar/barat thd Jepang utk membuka pelabuhannya sbg akibat dari revolusi industri di barat.

8 Namun usaha ini gagal yang berakibat: Dikembalikannya kekuasaan kepada kaisar Kaisar menjadi Buke no Toryo (kepala kaum militer) Nama Edo berganti menjadi Tokyo

9 Simpulan Saigo Takamori dan Kido Koin merupakan tokoh yang berpengaruh dalam Restorasi Meiji.


Download ppt "Restorasi dan Renovasi Zaman Meiji. Pertemuan ke-6."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google