Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BIOSKOP Q UEEN  HASIL ANALISIS PULANG POKOK  HASIL STUDI KELAYAKAN BISNIS  HASIL PERENCANAAN STRATEGIS BY : KELOMPOK 5.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BIOSKOP Q UEEN  HASIL ANALISIS PULANG POKOK  HASIL STUDI KELAYAKAN BISNIS  HASIL PERENCANAAN STRATEGIS BY : KELOMPOK 5."— Transcript presentasi:

1 BIOSKOP Q UEEN  HASIL ANALISIS PULANG POKOK  HASIL STUDI KELAYAKAN BISNIS  HASIL PERENCANAAN STRATEGIS BY : KELOMPOK 5

2 HASIL ANALISIS PULANG POKOK BIOSKOP QUEEN

3 LAPORAN KEUANGAN BIOSKOP QUEEN Neraca Per 31 Desember 2004 Harta Harta lancar Kas…………………………Rp Sewa film dibyr di muka…Rp Asuransi dibyr di muka…..Rp Iklan dibayar di muka…….Rp Sewa dibayar di muka…...Rp Perlengkpan kantor………Rp Total harta lancar…………Rp Harta tetap Perlatan proyeksi…………Rp Ak. peny. alat proyeksi…..Rp (44.000) Total harta tetap………….Rp Total harta lancar dan tetap…………….Rp

4 Utang dan Modal Utang jangka pendek Utang bunga……………….Rp Utang jangka panjang Pinjaman bank…………...Rp Total utang……………………….…..Rp Modal Modal Prajoko……………..Rp Total utang dan modal……………..Rp

5 BIOSKOP QUEEN Laporan Laba-rugi Untuk Periode yang Berakhir 31 Desember 2004 Pendapatan : Pendapatan penjualan karcis………Rp Pendapatan bunga………………….Rp Rp Beban-beban : Beban gaji…………………....Rp Beban air/listrik/telepon…….Rp Beban lain-lain……………….Rp Beban iklan…………………..Rp Beban sewa………………….Rp Beban perlengkapan kantor..Rp Beban bunga…………………Rp Beban sewa film……………..Rp Beban asuransi………………Rp Beban peny. alat proyeksi..…Rp Rp Laba bersih…………………… Rp

6 BIOSKOP QUEEN Laporan Perubahan Modal Per 31 Desember 2004 Modal awal……………………………..Rp Laba operasional………………Rp Penarikan pribadi (prive)………Rp Tambahan modal (+/-)…Rp Modal akhir……………………………..Rp

7 Struktur Biaya Karcis yang dihasilkan= lembar/hari TFC= Rp TVC= Rp TC= Rp AFC= TFC/Q = Rp /1.600 = Rp AVC= TVC/Q = Rp /1.600 = Rp AC= TC/Q = Rp /1.600 = Rp Harga karcis= Rp /lembar

8 Berdasarkan struktur biaya maka Bioskop Queen akan mencapai titik pulang pokok (BEP) pada saat : Q BEP = Rp Q BEP = Rp (Rp Rp ) (Rp Rp ) = lembar karcis = lembar karcis Q SALES =Rp Q SALES =Rp (1-(Rp ) / Rp ) = Rp = Rp Berdasarkan perhitungan di atas telah di dapat bahwa Bioskop Queen akan mencapai BEP pada saat penjualan karcis mencapai lembar atau pada saat hasil penjualan Bioskop Queen mencapai Rp

9 HASIL STUDI KELAYAKAN BISNIS BIOSKOP QUEEN

10 ASPEK PASAR DAN PEMASARAN BENTUK PASAR Dilihat dari sisi produsennya, bioskop Queen termasuk jenis pasar persaingan sempurna. Jika dilihat dari sisi konsumennya, bioskop Queen termasuk pasar konsumen SEGMENTASI PASAR Faktor keinginan, kemampuan keuangan, usia, jenis kelamin, gaya hidup, lokasi, sikap, dan faktor lainnya sangat mempengaruhi segmentasi pasar. Masyarakat yang memiliki penghasilan lebih besar yang cenderung datang unuk menonton bioskop, namun tidak menutup kemungkinan bahwa masyarakat yang berpenghasilan rendah juga menonton bioskop.Dilihat dari segi usia, masyarakat yang sering menonton bioskop adalah masyarakat yang berusia tahun. Dan mayoritas berjenis kelamin perempuan. MENETAPKAN PASAR SASARAN Berdasarkan segmentasi pasar di atas maka bioskop Queen akan lebih Mengutamakan pemutaran film-film mengenai pendidikan, percintaan, dan keluarga.

11 ASPEK YURIDIS BENTUK BADAN USAHA Bioskop Queen merupakan badan usaha yang berbentuk Perusahaan Perseorangan. Perusahaan ini dikelola oleh seseorang, dimana keuntungan yang diperoleh dinikmati oleh pemilik bioskop itu sendiri dan resiko yang timbul ditanggung sendiri.

12 USAHA YANG DILAKSANAKAN Bioskop Queen merupakan usaha yang bergerak di bidang jasa. Dimana usaha ini menawarkan hiburan berupa pemutaran film-film dari dalam maupun luar negeri kepada masyarakat luas. Bioskop ini memberikan banyak fasilitas kepada pengunjung, seperti ruangan berAC, toilet, tempat duduk yang nyaman, dan lain sebagainya. Keamanan sangat terjamin karena bioskop memiliki petugas keamanan yang menjaga ketertiban dan keamanan bioskop

13 TEMPAT USAHA DILAKSANAKAN Lokasi bioskop terletak di pusat kota Tanjung Pinang / Kepulauan Riau.

14 ASPEK LINGKUNGAN USAHA PERSAINGAN SESAMA PERUSAHAAN DALAM USAHA Bioskop ini hanya memiliki satu saingan, namun lokasi bioskop saingan dekat dengan bioskop Queen.

15 ANCAMAN DARI PRODUK PENGGANTI Ancaman dari produk pengganti sangat mempengaruhi bioskop Queen, Produk pengganti berupa VCD dan DVD bajakan, dimana harga VCD dan DVD yang sangat murah mendorong masyarakat untuk lebih memilih menonton di rumah dari pada menonton di bioskop.

16 ASPEK TEHNIK DAN TEKNOLOGI MASALAH DESAIN Bioskop Queen merupakan gedung yang cukup besar, dimana ruangannya dilengkapi dengan AC dan lantainya dilapisi karpet.

17 HASIL PERENCANAAN STRATEGIS BIOSKOP QUEEN

18 VISI Menjadi Bioskop Nomor 1

19 MISI  Menayangkan film-film terbaru, baik dari dalam maupun luar negeri.  Memberikan keamanan dan kenyamanan.  Menciptakan suasana yang tetap bersih.  Memberikan pelayanan terbaik.

20 TUJUAN  Menghibur semua kalangan.  Penonton dapat mengambil hikmah dari film yang ditonton, sehingga ada perubahan sikap ke arah yang lebih baik.

21 STRATEGI DAN TAHAPAN PENGEMBANGAN Bioskop Queen harus mengetahui kelebihan dan kelemahan diri, serta mengetahui tantangan, saingan (rival), dan peluang yang ada.

22 SASARAN  Pengunjung bioskop adalah semua kalangan, dari kalangan rendah, menengah, maupun kalangan atas.  Jumlah pengunjung mencapai orang perhari sesuai dengan karcis yang disediakan setiap harinya.  Film yang diputar merupakan film-film terbaru.  Jika ada permintaan maka bioskop akan memutar kembali pada kesempatan lain dalam rangka memberikan kepuasan pada pengunjung.  Tempat hiburan yang diminati dan disenangi.

23 KEKUATAN  Film yang diputar adalah film terbaru, baik dari dalam maupun luar negeri.  Fasilitas memadai.  Minat masyarakat untuk menonton cukup tinggi.

24 KELEMAHAN  Keseriusan pekerja sangat kurang.  Kenyamanan dan kebersihan yang kurang karena penonton membuang sampah makanan dan minuman di sembarang tempat.  Keterlambatan pemutaran film.  Adanya pemotongan uang pembelian tiket karena tidak adanya uang kembalian.  Sering terjadi gangguan tehnis dalam pemutaran film, seperti film yang macet.

25 KESEMPATAN  Pengarahan yang dilakukan oleh atasan kepada bawahan/pekerja.  Pekerja yang tidak bertanggung jawab terhadap tugasnya dirumahkan dan diganti dengan pekerja baru yang lebih baik.

26 ANCAMAN  Bioskop saingan yang terletak dekat dengan bioskop Queen.  Maraknya VCD dan DVD bajakan yang membuat orang malas menonton di bioskop, dan lebih tertarik menonton di rumah.

27 STRATEGI –Menciptakan masyarakat yang memiliki kecintaan terhadap nilai seni, salah satunya terhadap perfilman. –Meningkatkan tanggung jawab pekerja terhadap tugasnya dalam upaya mewujudkan visi melalui pengarahan yang dilakukan oleh atasan. –Memberikan bonus kepada pekerja yang melakukan tanggung jawabnya dengan baik sebagai bentuk penghargaan sehingga pekerja yang lain termotivasi untuk bekerja lebih baik. –Memberikan potongan harga kepada penonton pada hari-hari tertentu.

28 TAHAPAN  Membuat iklan yang menarik untuk memperkenalkan bioskop Queen kepada masyarakat luas.  Tetap memberikan harga yang bersaing untuk mempertahankan pelanggan.  Memberikan layanan berupa pemesanan tiket melalui via telepon.  Melihat perkembangan bioskop saingan, dimana hal tersebut bertujuan untuk melakukan perubahan pada bioskop Queen.

29 TERIMA KASIH OLEH : KELOMPOK 5 INDAH SILVIA LUBIS NOVA RIANA PURBA MIRNA MEYUTIA APRIVITA SITANGGANG DEWI RELLY ARTA


Download ppt "BIOSKOP Q UEEN  HASIL ANALISIS PULANG POKOK  HASIL STUDI KELAYAKAN BISNIS  HASIL PERENCANAAN STRATEGIS BY : KELOMPOK 5."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google