Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MAFITA, 7350406012 PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN ACTIVITY BASED COSTING (ABC) SYSTEM (STUDI KASUS PADA BATIK TULIS TUNJUNG BIRU BANJARNEGARA).

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MAFITA, 7350406012 PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN ACTIVITY BASED COSTING (ABC) SYSTEM (STUDI KASUS PADA BATIK TULIS TUNJUNG BIRU BANJARNEGARA)."— Transcript presentasi:

1 MAFITA, PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN ACTIVITY BASED COSTING (ABC) SYSTEM (STUDI KASUS PADA BATIK TULIS TUNJUNG BIRU BANJARNEGARA).

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : MAFITA - NIM : PRODI : Manajemen (Manajemen Keuangan) - JURUSAN : Manajemen - FAKULTAS : Ekonomi - ftembem pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Prof. Dr. Achmad Slamet, M.Si - PEMBIMBING 2 : Drs. Sugiharto, M.Si - TGL UJIAN :

3 Judul PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN ACTIVITY BASED COSTING (ABC) SYSTEM (STUDI KASUS PADA BATIK TULIS TUNJUNG BIRU BANJARNEGARA).

4 Abstrak Penentuan harga pokok produksi yang lebih akurat dapat dilakukan dengan menggunakan metode yang tepat. Salah satu metode tersebut adalah Activity Based Costing (ABC) System. Karena sistem ini selain menggunakan cost driver berdasarkan unit, sistem ini juga mengidentifikasi cost driver yang tidak berhubungan dengan unit atau volume produksi atau biasa disebut non unit based cost driver. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah biaya-biaya yang menjadi fokus dari aktivitas dalam pembuatan batik untuk menentukan alokasi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik ke produksi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif berdasarkan eksplanatory reseach, yaitu penelitian yang tujuannya untuk mengungkapkan atau menjelaskan secara mendalam tentang variabel tertentu penelitian ini bersifat diskriptif. Sehingga penelitian ini digunakan untuk mengkaji secara mendalam tentang penerapan sistem Activity Based Costing (ABC) dalam penentuan harga pokok produk pada perusahaan batik tulis Tunjung Biru Banjarnegara. Hasil penelitian dari skripsi ini adalah dimana dengan menggunakan metode Activity Based Costing (ABC) untuk produk kemeja margin keuntungan rata-rata sebesar 65,37%, blus sebesar 69,56%, rok 66,30%, jarik 73,49% dan kain bahan sebesar 44,57%. Simpulan dari penelitian yaitu pendekatan sistem Activity Based Costing (ABC) untuk menentukan harga pokok produksi pada masing-masing cost pool batik untuk perhitungan dengan sistem konvensional dan sistem Activity Based Costing pada produk kemeja panjang, jarik dan kain bahan terjadi overvalue dan pada produk kemeja pendek, blus dan rok terjadi undervalue. Bagi peneliti lain yang hendak melakukan penelitian sejenis untuk menggunakan subjek usaha kecil, mikro dan menengah, khususnya yang memproduksi produk lebih dari satu jenis produk diharapkan lebih menyeluruh dalam mengkalkulasi biaya, baik biaya produksi maupun biaya non produksi sehingga diperoleh hasil penelitian yang lebih akurat.

5 Kata Kunci Biaya Bahan Baku (BBB), Biaya Tenaga Kerja (BTK), Biaya Overhead Pabrik (BOP)

6 Referensi Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta Blocher, Edward J. Chen, dkk Manajemen Biaya. Jakarta: Salemba Empat Carter, William K. and Usry, Milton F Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat Garrison, Ray H. Noreen, dkk Akuntansi Manajerial. Jakarta: Salemba Empat Hansen, Don R dan Maryanne M. Mowen Akuntansi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat Horngren, Charles T., dan Srikant M. Foster, George Akuntansi Biaya Penekanan Manajerial. Jakarta: PT Indeks Kelompok Media Moleong, Lexy Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Mulyadi Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Aditya Media Akuntansi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat Activity Based Costing System. Jakarta: Salemba Empat Simamora, Henry Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis. Jakarta: Salemba empat Akuntansi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat Slamet, Achmad Penganggaran Perencanaan dan Pengendalian Usaha. Semarang: UNNES Sulastiningsih Akuntansi Biaya. Yogyakarta: UPP AMP YKPN Supriyono Akuntansi Biaya dan Akuntansi Manajemen untuk Teknologi Maju dan Globalisasi edisi II. Yogyakarta: BPFE Susilo, Djoko Sistem Activity Based Costing Sebagai Alternatif Penentuan Harga Pokok Produksi (Studi Kasus pada Perusahaan Batik Tulis Dewi Arum). Skripsi. Semarang: UNNES

7 Terima Kasih


Download ppt "MAFITA, 7350406012 PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN ACTIVITY BASED COSTING (ABC) SYSTEM (STUDI KASUS PADA BATIK TULIS TUNJUNG BIRU BANJARNEGARA)."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google