Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LAPORAN. OUTLOOK Alhamdulillahirrabil”alamin bahwa pelaksanaan Seminar Sehari dengan Grand Tema IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AL QUR’AN DALAM UPAYA MEMAKMURKAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LAPORAN. OUTLOOK Alhamdulillahirrabil”alamin bahwa pelaksanaan Seminar Sehari dengan Grand Tema IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AL QUR’AN DALAM UPAYA MEMAKMURKAN."— Transcript presentasi:

1 LAPORAN

2 OUTLOOK Alhamdulillahirrabil”alamin bahwa pelaksanaan Seminar Sehari dengan Grand Tema IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AL QUR’AN DALAM UPAYA MEMAKMURKAN MASJID telah terselenggara dengan baik, lancar, dan mengasilkan beberapa pemikiran, metode, dan strategi bagaimana memformulasikan Masjid sebagai tempat ibadah, mampu juga berfungsi sebagai tempat berkumpulnya jamaah untuk bermusyawarah dan belajar. Masjid mampu terkelola secara optimal, dengan rangkaian aktivitas pendidikan yang bermanfaat termasuk pengelolaan proses pendidikan al qur’an: 1. Bagi anak-anak dan jamaah pada umumnya 2. Sistem dan kurikulum pendidikan AlQur’an 3. Pemanfaatan teknologi informasi sebagai media belajar 4. Aktualisasi dalam proses belajar dengan memanfaatkan media massa termasuk media radio

3 PELAKSANAAN & PESERTA SEMINAR SEHARI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TELAH DILAKSANAKAN PADA : Hari, tanggal : Sabtu, tanggal 29 Juni Tempat : Studio Radio “KARYSMA FM MHz”. J a m : Wib s/d Alamat : Jl. Perintis Kemerdekaan No.5 Siswodipuran Boyolali. Peserta seminar diikuti oleh alim-ulama, pendidik Agama Islam, mahasiswa, para pengurus dan ustadz-ustadzah Remaja Masjid dengan jumlah 33 orang dari 11 Masjid di Boyolali, serta beberapa mahasiswa dari Universitas Surakarta

4 PELAKSANAAN & PESERTA

5 KEPANITIAAN SC (Stering Commitee) 1. Drs. Edy Purwanto - Ketua merangkap Moderator dari Masjid Al Falaq/BK 2. H. Zaenal Arifin SH.- Wakil Ketua merangkap moderator dari Masjid Al Makmur Pusung, 3. H. Suherman SAg.-Anggauta merangkap moderator dari Masjid Banaran, 4. H.M. Sudalyo – Anggauta,dari masji At-Tauffiq Bakungan merangkap publikasi. 5. Ragil Rubadi SAg. – Anggota

6 KEPANITIAAN OC (Organizing Commitee) 1. Ramadhian AT. SPd.I, SKom, MM – Ketua 2. Maryanto – Wakil Ketua merangkap anggota, 3. Teguh – Anggota merangkap pembawa acara, merangkap Anggota 4. Ismanto – Anggota merangkap kesekretariatan

7 PROSESI SEMINAR Opening seremoni seminar dan sambutan disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali yang dalam sambutan diwakili oleh Bpk Drs. Mu’alim, Mag Melalui dukungan penyelenggaraan Seminar untuk berupaya memakmurkan masjid-masjdi minimal dapat melaksana kan 10 fungsi pokok masjid Penyelenggaraan Pendidikan Al Qur’an di- masjid sejak anak usia dini di masjid.

8 NARA SUMBER Nara Sumber pembicara pada Seminar : Drs. H. Muh. Bari (Praktisi Pendidikan, Mubaligh Masjid Al Anwar), Topik bahasan : “Methode dan Strategi Dalam Upaya Memakmurkan Masjid”. Konten : Mengajak untuk memakmurkan masjid dengan istiqomah melaksanakan semua fungsinya sebagai : Sentral Peribadatan, Sentral Pendidikan dan sebagai sentral penyelesaian permasalahan umat, Moderator : H. Zaenal Arifin. SH. dari Masjid Al Makmur – Pusung BI.

9 NARA SUMBER H. Andri Pranolo MSc. (Praktisi Pendidikan, Ustadz Ahli Balai Penelitian dan Pengembangan Sistim Pengajaran Baca Tulis Al Qur’an LPTQ Nasio-nal YAMM Propinsi DI Yogyakarta. Topik : “ Pedoman Praktis Pengelolaan / Penyelenggaran Taman Pendi-dikan Al Qur’an pada TKA-TPA, dan TQA (Ta’limul Qur’an Lil Aulad ) “

10 NARA SUMBER Konten & Metode : Untuk dapat menyelenggarakannya diperlukan pembentukan Lembaga Penyelenggara Pendidikan Al Qur’an sebagai wadah dalam kesatuan-persatuan di Kabupaten Boyolali diawali dengan belajar dan ajarkan Al Qur’an kepada anak-anak sejak usia dini di Masjid-masjid yang istiqomah dan berkesinambungan hingga terbentuknya generasi masa depan yang beriman bertaqwa. YMM Yogyakarta siap membantu penyelenggaraan pendidikan Al- Qur’an Boyolali yang dibutuhkan khusus pelatihan dan sistim. Moderator : Drs. Edy Purwanto dari Masjid Al Falaq BK.

11 NARA SUMBER DR (C) Bambang Eka Purnama S. Kom. M.Kom (Kepala ICT Univesitas Surakarta (UNSRA). Topik : Penerapan Pendidikan Al Qur’an Melalui Teknologi Informasi yang mudah, cepat, dan murah Memaksimalkan manfaat & faedah, serta fungsi IT dalam proses pembelajaran Al Qur’an Website sebagai sarana Pengembangan Pendidikan Al Qur’an dan UNSA siap membantu dalam pelatihan pembangunan web yang murah dan mudah Moderator H. Suherman SAg. dari Masjid Banaran Boyolali.

12 NARA SUMBER Ramadhian Agus Triono SPd.I, S.Kom, MM ( Praktisi LPS Radio “Karysma FM Mhz”. dan Pendidik di Universitas Surakarta dan Universitas Sahid Surakarta. Topik : Aktualisasi Proses Pendidikan Al Qur’an dengan memanfaatkan media Radio Siaran

13 NARA SUMBER Konten : Dengan penampilan keberhasilan anak didik di TKA, TPA dan TQA di Masjid-masjid dapat memotivasi anak didik untuk giat belajar Al Qur’an yang dapat meningkatkan kemakmurkan masjid lokasi tempat belajar mereka sekaligus mendorong kedua orang ibu-bapak untuk terus mendukung pengembangan pendidikan selanjutnya. Program Penyiaran Radio dapat direkam sendiri oleh Pembina TKA, TPQ maupun TQA Masjid masing-masing atau melalui datang ke Studio untuk siaran langsung dengan juga diberi pembekalan baik pelaksanaan siaran maupun diberikan pembekalan teknologi penyiaran termasuk pengetahuan pemanfatan teknologi komunikasi dan informasi yang baik dan benar untuk dapat menghindari dampak negatif yang ditimbulkan oleh pesatnya perkembangan technologi dimaksud bagi perkembangan anak didik.

14 REKOMENDASI & PENUTUP KEPADA PENGELOLA TKA, TPA DAN TQA DI MASJID BOYOLALI UNTUK DAPAT MEWUJUDKAN TERSELENGGARANYA PENDIDIKAN AL QUR’AN SEJAK ANAK USIA DINI MULAILAH KITA MELAKSANAKANNYA DENGAN “MENYATUKAN NIAT BERBAGI BERSAMA (BERSENERGI) ANTAR PENYELENGGARA TKA,TPQ DAN TPQ (Ta’limurl Qur’an Lil Aulad) dalam wadah kesatuan persatuan amal makruf nahi mungkar yang Belajar dan Ajarkan Al Qur’an di masjid kepada anak sejak usia dini berwatak dan jati diri (berkarakter) guna terbentuknya generasi masa depan yang beriman-bertaqwa berkemampuan memimpin keluarga, masyarakat dan bangsa yang cerdas, jujur, adil, amanah, fatonah dan sidik berdasar atas Ridho Allah Swt.

15 NIAT BERSAMA MARI SATUKAN NIAT BERBAGI BERSAMA (BERSINERGI) MELALUI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DIAWALI DENGAN BELAJAR DAN AJARKAN DI MASJID-MASJID NUSANTARA SEJAK ANAK USIA DINI (“PAUD”) AL- QUR’AN BERKESINAMBUNGAN HINGGA TERBENTUKNYA WATAK DAN JATI DIRI (KARAKTER) GENERASI PENERUS MASA DEPAN BERIMAN BERTAQWA YANG CERDAS,BERAKHLAK MULIA, BERKEMAMPUAN MEMIMPIN RUMAH TANGGA, MASYARAKAT DAN UMAT YANG JUJUR, ADIL AMANAH, FATONA H DAN SIDIQ DENGAN HANYA MENGHARAPKAN RIDHO ALLAH SWT.


Download ppt "LAPORAN. OUTLOOK Alhamdulillahirrabil”alamin bahwa pelaksanaan Seminar Sehari dengan Grand Tema IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AL QUR’AN DALAM UPAYA MEMAKMURKAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google