Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENGHINDARI PLAGIASI KARYA ILMIAH Agustinus Agung Nugroho KK Fisika Magnetik dan Fotonik FMIPA -ITB.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENGHINDARI PLAGIASI KARYA ILMIAH Agustinus Agung Nugroho KK Fisika Magnetik dan Fotonik FMIPA -ITB."— Transcript presentasi:

1 MENGHINDARI PLAGIASI KARYA ILMIAH Agustinus Agung Nugroho KK Fisika Magnetik dan Fotonik FMIPA -ITB

2 MENGAPA PERLU PUBLIKASI? Memberikan kontribusi ilmiah yang baru: o hasil penelitian yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya (keaslian), o keterbaruan: fenomena, objek kajian, data, metode dan penafsiran. Dibaca dan dinilai oleh peneliti lain (citation): o validasi, o pengembangan keilmuan lebih lanjut, o pengakuan kepakaran.

3 DIMANA AKAN DIPUBLIKASI? Jurnal Internasional yang banyak dibaca oleh peneliti: o memiliki impact factor yang baik, o dikenal oleh penghitung citation (ISI Web, Scopus), o mudah diakses (mis: online, free). Konferensi Internasional (profesi, subject) → Jurnal Internasional. Konferensi Internasional → Conference Proceeding.

4 PLAGIASI Mengambil seluruh atau sebagian tulisan orang lain tanpa mencantumkan tulisan tersebut sebagai referensi Mengubah beberapa kata dalam tulisan asli dan mengatur ulang tatanan kalimatnya tanpa mencantumkan tulisan tersebut sebagai referensi Mengambil sebagian besar dari tulisan orang lain tanpa diskripsi yang jelas meskipun mencantumkan tulisan tersebut sebagai referensi

5 DAMPAK PLAGIASI Merusak REPUTASI: o penulis utama, o penulis pendamping, o institusi, o karakter bernegara. Merusak reputasi JURNAL, jika terjadi berulang-ulang: o impact factor, o editor. SIAPA PEDULI ?

6 MENGHINDARI PLAGIASI - 1 Kristalisasikan keterbaruan karya ilmiah yang akan dipublikasi: o membuat rekam jejak penelitian: menuliskan daftar referensi pada saat menulis mengkaji paper yang mencite referensi, (judul, penulis dan jurnal terkait) o merangkum apa yang telah dilaporkan o merumuskan motivasi yang tajam diperlukan Scientific search engine (Scoopus, ISI Web)

7 MENGHINDARI PLAGIASI - 2 Kemandirian menulis: o mulai dari yang dimiliki (asli/orisinil) o tidak menggunakan kata-kata atau kalimat dari referensi dalam penjabaran meskipun self-cited, o urutan pembahasan/diskripsi. Komunikasi internal/kolaborasi: o co-authors, o oral report/presentasi Komunikasi eksternal: o partisipasi dalam konferensi setelah paper disubmit

8 KESIMPULAN KETERBARUAN vs CITATION KEMANDIRIAN MENULIS KOMUNIKASI MENGHINDARI PLAGIARISM:

9 TERIMA KASIH


Download ppt "MENGHINDARI PLAGIASI KARYA ILMIAH Agustinus Agung Nugroho KK Fisika Magnetik dan Fotonik FMIPA -ITB."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google