Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENYINGKAPAN MISTERI KRONOLOGI DALAM PERJANJIAN LAMA “Kronologi adalah tulang belakang sejarah.” - Edwin Thiele 70d Dr. Rick Griffith, Singapore Bible.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENYINGKAPAN MISTERI KRONOLOGI DALAM PERJANJIAN LAMA “Kronologi adalah tulang belakang sejarah.” - Edwin Thiele 70d Dr. Rick Griffith, Singapore Bible."— Transcript presentasi:

1 PENYINGKAPAN MISTERI KRONOLOGI DALAM PERJANJIAN LAMA “Kronologi adalah tulang belakang sejarah.” - Edwin Thiele 70d Dr. Rick Griffith, Singapore Bible College

2  MENGAPA kita membahas topik ini?  Bagaimana silsilah dan angka tahun dalam Alkitab BERHUBUNGAN dengan kita saat ini?  Apakah angka-angka dan silsilah dalam Alkitab dapat dipertanggungjawabkan secara historis?  Mungkinkah terdapat kesalahan dalam penyampaian angka-angka tersebut?  Dapatkah kita tetap mengatakan Alkitab sebagai Firman Allah tanpa kesalahan dengan adanya kronologi di dalamnya? PERTANYAAN 70d

3 1) Meneliti kunci masalah kronologis dalam silsilah, keturunan, kitab Keluaran dan Hakim-hakim, serta raja-raja Israel 2) Menguji isu, argumen dan berbagai macam usulan jawaban 3) Mencapai kesimpulan pribadi yang alkitabiah dan masuk akal 4) Mempertimbangkan bagaimana penemuan dan kesimpulan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari Metode Penelitian 70d

4 Apakah Kronologi PL itu?  Pengurutan Perjanjian Lama berdasarkan waktu, termasuk tahun- tahun dan korelasi dengan sejarah dunia  Tujuan: untuk menentukan se-akurat mungkin waktu yg tepat dari kejadian dan orang yg terlibat dalam Perjanjian Lama 70d

5  Melukiskan pembangunan Israel sebagai bangsa, negara yang berpengaruh dari waktu ke waktu  Mencocokkan kejadian dalam PL dengan penemuan di luar Alkitab di area Timur Dekat  Menolong pengertian sejarah dan kebenaran Alkitab Membangun iman dalam Tuhan dan FirmanNya Arti pentingnya Kronologi dalam PL 70e

6 Sumber 1. Alkitab (silsilah, umur-umur, lamanya waktu memerintah, jangka waktu, sinkronisasi dengan kejadian di negeri lainnya) 2. Catatan sejarah dari Timur Dekat Kuno 3. Data astronomi 4. Penemuan arkeologi dan peninggalan- peninggalan sejarah 5. Catatan dari sejarawan kontemporer Bagaimana Sejarahwan menentukan kronologi dalam PL? 70e

7 Metode 1. Umum: menguji keadaan dalam waktu tertentu dan membandingkan dengan catatan lain untuk menemukan kecocokan 2. Menentukan urutan waktu sesuai Alkitab 3. Membandingkan urutan kejadian dalam Alkitab dengan sumber lain yang dapat dipercaya 4. Pembuktian dengan menggunakan sumber lainnya 5. Berangkat dari waktu yang disetujui Bagaimana Sejarahwan menentukan kronologi dalam PL? 70e

8 ©2003 TBBMI a. 18 Pertanyaan terhadap Kitab Kejadian Pada mulanya: Bagaimana penciptaan terjadi? Apakah nenek moyang kita benar-benar hidup selama itu? Bagaimana penciptaan terjadi? Apakah nenek moyang kita benar-benar hidup selama itu?

9 Dapatkah kita menentukan waktu penciptaan berdasarkan Kej 5 & 10? TIDAK Silsilah lain dalam Alkitab mengandung celah waktu (c/o. Mat 1:1-17) Karena itu pasti ada celah waktu juga dalam kitab Kejadian Pandangan “tidak ada celah waktu” membuat AIR BAH jatuh pada 2487SM sedangkan sejarah Mesir tercatat sebelum 3300SM YA Catatan silsilah lainnya tidak memberikan umur sang ayah ketika anak laki- laki mereka lahir Tuhan menghendaki kita untuk “menandai musim, hari dan tahun” (Kej 1:14) Untuk apa Tuhan memberitahukan kita umur dari orang-orang ini?

10  Kejadian 5 mencatat silsilah mulai dari Adam hingga Air Bah  Kejadian 11 mencatat silsilah dari Sem (anak Nuh) hingga Terah (ayah dari Abram)  Bisakah informasi dalam Kej 5 & 11 digunakan untuk menentukan waktu dari kejadian tertentu dalam sejarah? Misteri dari Silsilah dalam Kej 5 dan 11 70e

11 Dapatkah informasi dalam silsilah ini menjadi dasar untuk menentukan kejadian dalam sejarah? Misteri Silsilah Kitab Kejadian Adam Nuh Sem Terah Kejadian 11 Kejadian 5

12 60 Silsilah Kej 5 Adam Set Enos Kenan Mahalaleel Yared Henokh Metusalah Lamekh Nuh

13 60 Apakah terdapat celah waktu antara Kej 5 dan 11? 1. Pernyataan tentang waktu Pernyataan tentang waktu Pernyataan tentang waktuAdam Set Enos Kenan Mahalaleel Yared Henokh Metusalah Lamekh Nuh

14 60 Umur ketika mempunyai anak Adam-130 Set-105 Enos-90 Kenan-70 Mahalaleel-65 Yared-162 Henokh-65 Metusalah-187 Lamekh-122 Nuh-500

15 60 Mengapa tidak ada celah waktu dalam Kej 5 dan 11? 1. Pernyataan tentang waktu Pernyataan tentang waktu Pernyataan tentang waktu 2. Jarak yang lebih pendek Jarak yang lebih pendek Jarak yang lebih pendekAdam Set Enos Kenan Mahalaleel Yared Henokh Metusalah Lamekh Nuh

16 60 Kejadian 5 lebih pendek daripada Lukas 3 Adam 2006tahun Nuh Adam 4138tahun Kristus

17 60 1. Pernyataan tentang waktu Pernyataan tentang waktu Pernyataan tentang waktu 2. Jarak yang lebih pendek Jarak yang lebih pendek Jarak yang lebih pendek 3. Paling alami Paling alami Paling alami 4. Menunjukkan hubungan ayah-anak Menunjukkan hubungan ayah-anak Menunjukkan hubungan ayah-anak 5. Yudas 14 Yudas 14 Yudas 14Adam Set Enos Kenan Mahalaleel Yared Henokh Metusalah Lamekh Nuh “… Henokh, keturunan ketujuh dari Adam,..” (Yudas 1:14a) 7 Mengapa tidak ada celah waktu dalam Kej 5 dan 11?

18 Dua Pandangan  Silsilah Lengkap –Alkitab memiliki data yang cukup untuk menyusun garis besar sejarah PL  Celah waktu dalam silsilah –Alkitab tidak menyinggung tentang celah waktu –Informasi tentang silsilah tidak seharusnya digunakan sebagai satu-satunya sumber untuk menandai waktu kejadian.

19  Alkitab mencakup periode yang sangat panjang, karena itu wajar jika hanya ada sedikit atau tidak ada petunjuk  Penghapusan nama-nama yang tidak penting bukan saja pengecualian, melainkan aturan.  Dalam dunia kuno, kata “memperanakkan” dapat diartikan sebagai “menjadi nenek moyang dari”  Kurangnya hubungan yang harmonis antara kronologi dalam PL dan negara- negara tetangga Argumen pendukung adanya celah waktu

20  Alkitab memiliki cukup informasi dalam silsilah meskipun terpencar dalam kitab yang berbeda-beda  Jika informasi silsilah digabungkan secara sistematis, maka silsilah lengkap dapat dibuktikan Pendukung Silsilah Lengkap

21 Garis Besar Keturunan Silsilah Lengkap membuktikan dengan tepat bahwa Metusalah mati dalam Air Bah

22 Kronologi Air Bah Hari ke- hari Tuhan menutup pintu bahtera Nuh dan keluarganya diselamatkan dalam bahtera (Kej 7:16) Hujan lebat 40 hari dan 40 malam, air bah meliputi seluruh bumi, dan matilah semua makhluk yang ada di darat. (Kej 7:12, 17-22) Air Bah Pada hari ke-40 hujan lebat reda, namun air bah masih meliputi bumi selama 110 hari (Kej 7:24) Akhirnya air bah surut. Air Bah Surut Bahtera mendarat di pegunungan Ararat (Kej 8:4) Selama 74 hari Nuh dan keluarganya menunggu sampai air bah surut. Angin menghembus sehingga air turun (Kej8:1)

23 Flood Chronology Kronologi Air Bah Hari ke- hari Hari ke- hari Gunung-gunung mulai nampak Nuh menunggu 40 hari di dalam bahtera (Kej 8:7) Nuh melepaskan burung gagak sampai air mengering, lalu selama 4x dalam selang 7 hari Nuh melepaskan burung merpati hingga keringmengetahui bumi sudah mulai kering (Kej 8:7-12) Burung merpati tidak kembali Nuh menunggu selama 22 hari lagi hingga bumi kering Bumi mengering 57 hari kemudian bumi telah cukup kering untuk kehidupan binatang (Kej 8:14) Keluar dari Bahtera Nuh, keluarganya, dan segala binatang keluar dari bahtera Nuh mendirikan mezbah (Kej 8:20); Pelangi (Kej 9:14)

24 90 Setelah Air Bah, Allah mempersingkat umur manusia hingga rata-rata 70 tahun Metusalah Nuh Sem Musa Daud tahun Hidup dan mati sebelum Air Bah Hidup dan mati setelah Air Bah Sejak air bah, umur manusia semakin singkat

25 Daftar Raja- raja Sumeria Ditulis sekitar 1800SM (kurang lebih 600 tahun setelah Air Bah) 10 dari raja-raja sebelum Air Bah dikatakan hidup selama tahun (bandingkan dengan Kej 5) Arnold & Beyer, Readings from the ANE, 150

26 Raja & Lama Memerintah Alulim Alalgar Enmenluanna Enmengalanna Dumuzi Ensipazianna Enmeduranna Urbatutu Total “Ketika kerajaan turun dari langit… Alulim menjadi raja selama tahun… 8 raja memerintah selama tahun. Lalu air bah meliputi seluruh bumi.” Arnold & Beyer, Readings from the ANE, 150 Daftar Raja- raja Sumeria

27 Teori Tudung Uap Air 34 Diajukan Isaac Newton Vail di tahun 1874 Diajukan Isaac Newton Vail di tahun 1874 Didukung oleh ” (Kej 1:6) Didukung oleh "Jadilah cakrawala di tengah segala air untuk memisahkan air dari air."” (Kej 1:6) Menyediakan air yang cukup untuk air bah di seluruh bumi (Kej 7:11) Menyediakan air yang cukup untuk air bah di seluruh bumi (Kej 7:11) Memungkinkan kehidupan yang lebih panjang sebelum terjadinya air bah (mengurangi radiasi) Memungkinkan kehidupan yang lebih panjang sebelum terjadinya air bah (mengurangi radiasi) Dipegang oleh ilmuwan pemegang paham “bumi muda” Dipegang oleh ilmuwan pemegang paham “bumi muda” Diperdebatkan! Diperdebatkan!

28 Alasan untuk percaya Hugh Ross Walt Brown Bumi Tua Teori Hari-Umur Air bah lokal Air hujan reasons.org godandscience.org creationscience.com Institute for Creation Research, AiG Henry/John Morris, Duane Gish Joseph Dillow, Ken Ham Bumi Muda 24 jam dalam hari penciptaan Air bah universal Tudung uap answersingenesis.org genesispark.org icr.org critiques Ross at: icr.org/pubs/imp/imp-217.htm Perdebatan kaum evangelikal 34

29 Kesimpulan dari penemuan  Tujuan dari pencatatan silsilah: –Historis: untuk melacak garis besar sejarah dan penentuan garis keturunan –Religius dan teologis: untuk menunjukkan bahwa Allah melindungi garis keturunan sebagaimana dijanjikanNya, dan menunjukkan hubungan dengan orang-orang benar di masa lampau  Silsilah tidak seharusnya dibaca dengan makna modern dan penarikan kesimpulan secara singkat

30  Siapakah mereka? –Nenek moyang orang Israel, Abraham, Ishak, Yakub & Yusuf  Apakah mereka benar-benar nyata –Banyak ilmuwan PL menolak kebenaran silsilah dan latar belakang sejarah mereka, menganggap kisah-kisah mereka sebagai dongeng tentang nenek moyang. –Ilmuwan lainnya percaya kebenaran ini sejalan dengan penemuan sejarah dan arkeologi yang menguatkan catatan silsilah dalam Kej Misteri Nenek Moyang 70f

31  Bagaimana menelusuri jejak waktu mereka? a)Kejadian eksternal dalam kurun waktu hidup mereka b)Bukti keadaan sosial dan situasi masa hidup mereka c)Pernyataan-pernyataan dari berlalunya waktu antara waktu hidup mereka 70f Misteri Nenek Moyang

32 Kronologi Mesir  Pada dasarnya menggunakan penanggalan bulan (tetapi tidak dapat memperkirakan banjir tahunan sungai Nil)  Pertama kali mengembangkan penanggalan matahari (tanggal tertua yang tercatat adalah 4236SM)  Penambahan 1 bulan saat penanggalan matahari dan bulan tidak berjalan 70f

33 Beni Hasan Mural 219 Mesi 1850 SM Membuktikan perdagangan Israel di Mesir Kisah Yusuf (Kej 37-50) Istri Salomo(1 Raja-raja 9:16), dll. Mesi 1850 SM Membuktikan perdagangan Israel di Mesir Kisah Yusuf (Kej 37-50) Istri Salomo(1 Raja-raja 9:16), dll. 2 orang Mesir yang memimpin (tanpa janggut) 2 orang Mesir yang memimpin (tanpa janggut) 8 orang kaya & 4 wanita yang mengikuti (perhatikan janggut) 8 orang kaya & 4 wanita yang mengikuti (perhatikan janggut)

34  Penemuan arkeologi menunjukkan bahwa nenek moyang adalah figur historis dan keakuratan catatan Alkitab  Keberadaan Israel sebagai bangsa adalah hasil dari: –Allah menepati perjanjianNya dengan Abraham –Iman dan kepatuhan para nenek moyang  Sebagai orang Kristen, kita memiliki nenek moyang sebagai teladan iman kita, sehingga kitapun mendapatkan bagian dalam perjanjian kekal. 70f Kesimpulan dari penemuan

35 Amenopis II Menyeberangi Laut Teberau

36 Tentang Iman Tampaknya anda memiliki masalah serius tentang IMAN

37 Apakah ini Raamses II?

38 Abraham ( ) Yusuf ( ) Kapankah Israel keluar dari Mesir?

39 Abraham ( ) Yusuf ( ) Musa ( ) Kapankah Israel keluar dari Mesir?

40 66 Kronologi Persinggahan di Mesir 400 tahun Persinggahan Eksodus Akhir Kritik Persinggahan di Mesir Perbudakan 1580 Persinggahan di Mesir Perbudakan 1730 or 1580 Mengembara Penaklukan dan Hakim-hakim Mengembara Penaklukan dan Hakim-hakim Nenek Moyang Persinggahan di Kanaan Migrasi ke Mesir 1845 Persinggahan di Mesir Perbudakan 1730? Nenek Moyang Persinggahan di Kanaan Migrasi ke Mesir 1876 Mengembara Penaklukan dan Hakim-hakim Kerajaan gabungan Kerajaan gabungan EKSODUS Nenek Moyang Persinggahan di Kanaan Migrasi ke Mesir 1660 Kerajaan gabungan EKSODUS Persinggahan di Mesir Perbudakan 1580 (tidak ada masa mengembara) Penaklukan dan Hakim-hakim Kerajaan gabungan EKSODUS Nenek Moyang Persinggahan di Kanaan ?-1650 Migrasi ke Mesir 1650 Persinggahan di Mesir (tidak ada eksodus dan masa mengembara) Migrasi, Penaklukan dan Hakim-hakim Kerajaan gabungan Nenek Moyang Migrasi ke Mesir Diambil (kolom 1 ditambahkan) dari John H. Walton, Chronological and Background Charts of the OT, 2d ed., 99 (cf. OTS, 108a-b) 430 tahun Persinggahan 215 tahun Persinggahan

41 67 Evaluasi terhadap Kronologi Persinggahan di Mesir The following views are listed in order from the best to the worst perspective, in my opinion. Pandangan 400 tahun Persinggahan 430 tahun Persinggahan 215 YEAR SO LATE EXODUS CRITICAL EksodusAwal Awal Akhir Migrasi Perlahan Persinggahan di Mesir Tahun BebasTidak disebutkan295 or Lama Perbudakan < or Tidak ada (hanya dongeng) Kel 12:40LXX & Taurat orang Samaria MTLXX & Taurat orang Samaria MTTidak signifikan Ilmuwan pemegang SedikitPaling UmumUmumSedikit kaum evangelikal dan banyak kaum liberal Banyak kaum liberal Pendukung: Kej 15:13 (persinggahan 400 tahun) Kis 13:19-20 “sekitar 450 thn" = = 447 yrs. Kel 12:40 “orang Israel" mengacu pada Kej 35:10 (1875 SM ) dimana selama 430 tahun bangsa ini dikenal sebagai bangsa “Israel” mengikuti MT dalam Kel 12:40 Alkitab sering menggunakan pembulatan angka mengikuti MT dalam Kel 12:40 Raja baru dalam Kel 1 adalah orang Mesir pengikut Hiksos Penanggalan akhir mereka untuk Perjanjian Abraham (1875 SM ) hingga Yakub masuk ke Mesir (1660 SM ) adalah 215 thn. Penemuan arkeologi yang mendukung kehancuran beberapa kota bangsa Kanaan di abad ke-13 SM Kota Raamses (Kel 1:11) pasti dibangun setelah Raamses II (1300SM) karena penamaannya. 215tahun Persinggahan EKSODUS AKHIR KRITIK Diambil (kolom 1 ditambahkan) dari John H. Walton, Chronological and Background Charts of the OT, 2d ed., 99 (cf. OTS, 108a-b)

42  Kapan terjadinya? 1446 or 1266?  Apa pentingnya? –Merupakan peristiwa sejarah terpenting dalam masa lalu Israel, yang mengawali perjalanan mereka sebagai satu bangsa –Merupakan pusat iman bangsa Israel –Penentuan penanggalan atas banyak kejadian (baik sesudah maupun sebelum) tergantung pada waktu terjadinya eksodus –Pemilihan penanggalan mencerminkan kepercayaan (atau ketidakpercayaan) terhadap keakuratan Alkitab secara historis, yang dengan demikian berdampak pada iman kita Misteri Eksodus 70g

43 Diskusi Kelompok Kecil  Bagaimana 1 Kings 6:1 menolong kita menentukan waktu terjadinya Eksodus? (Salomo mulai memerintah di 971SM.)  Bagaimana Hakim-hakim 11:26 menolong kita menentukan waktu terjadinya Eksodus? (Yefta hidup sekitar 1100SM.)

44 Pendukung  1 Raja-raja 6:1 480 tahun jarak antara eksodus dan pembangunan Bait Allah oleh Salomo (966)  Hakim-hakim 11:26 Yefta meyebutkan 300 tahun lamanya orang Israel telah tinggal di wilayah tersebut (Kanaan) Eksodus Awal (1446) 70g

45 Masa Penaklukan = RubenRuben GadGad ManasyeManasye Yefta vs bani Amon Bani Amon GileadGilead Yefta1100 SM +300 thn 1400 SM 70a, 70g

46 Perdebatan  a) 480 berarti 12 generasi. Jadi sebenarnya adalah: 12 x 25 tahun = 300  b) Kesalahan pada teks  c) Sejarahwan memiliki fakta yang tidak akurat  Merupakan generalisasi, atau tebakan tidak akurat karnea tidak adanya catatan sejarah Eksodus Awal (1446) 70g Pendukung  1 Raja-raja 6:1 480 tahun jarak antara eksodus dan pembangunan Bait Allah oleh Salomo (966)  Hakim-hakim 11:26 Yefta meyebutkan 300 tahun lamanya orang Israel telah tinggal di wilayah tersebut (Kanaan)

47 Pendukung  Jangka waktu dalam masa hakim-hakim tidak mungkin dipadatkan hingga 150 tahun, meskipun terjadi tumpang tindih secara waktu  Tutmus IV (Firaun Tutmus IV (Firaun setelah 1446 Exodus) bukan anak sulung, yang mungkin meninggal karena tulah ke- 10 Perdebatan  Dengan memperhitungka n waktu tumpang tindih dan tafsiran waktu secara simbolik, penanggalan dapat ditentukan  Ada banyak alasan mengapa bukan anak sulung yang memerintah Eksodus Awal (1446) 70g

48 Stela Mernepta Mencatat orang Israel di Kanaan sebagai salah satu kelompok pada 13 abad SM Mesir Kuno, 1208 SM Catatan pertama yang menyebut nama “Israel” di luar Alkitab Arnold/Beyer, g

49 Eksodus Awal (1446) Pendukung  Stela Mernepta mencatat Israel sebagai “kelompok orang”, bukan sebagai bangsa asing ataupun negara. (1231). Jika Israel pergi pada 1266, maka seharusnya saat itu mereka sedang berada di padang gurun Perdebatan  Ini bukan Israel yang sama dengan dalam kitab Keluaran  Israel mungkin sudah pergi sekitar 1300SM dan telah menjadi bangsa selama 20 tahun “Kanaan ditawan dan dipermalukan… Israel telah punah” Stela Mernepta, Readings from the ANE, g

50 Eksodus Akhir ( ) Pendukung  Kel 1:11 bangsa Israel membangun kota Raamses.  Pasti untuk menghormati Raamses II (1290)  Tutmus III bukan seorang pembangun yang hebat, karena itu tidak cocok dengan latar belakang sejarah Perdebatan  Nama “Raamses” telah digunakan jauh sebelum abad ke-13. Kota ini dibangung sebelum Musa lahir (sebelum Raamses II)  Dicatat memiliki proyek pembangunan di daerah delta sungai Nil 70h

51 Eksodus Akhir ( ) Pendukung  Nelson Glueck berargument bahwa tidak ada bukti arkeologis adanya peradaban seperti Edom dan Moab sebelum Karen Israel berhubungan dengan mereka (Bil 20:14) maka Eksodus terjadi lebih akhir Perdebatan  Penggalian arkeologi belakangan menunjukkan adanya permukiman sekitar SM  Pada abad 15 telah ada beberapa suku semi/nomadis 70h

52 Pendukung  Tidak ada bukti penghancuran Kanaan di awal abad ke-14. Kota- kota Kanaan tetap berdiri  Bukti arkeologis menunjukkan bahwa Betel, Lakish dan Debir di Palestina jatuh akibat serangan antara Diperkirakan karena penaklukan oleh bangsa Israel. Perdebatan  Israel tidak menyebabkan kehancuran material dalam masa penaklukan, kecuali Yerikho, Ai dan Hazor (Yos 24:13)  Kehancuran mungkin disebabkan oleh penaklukan Mesir (Firaun Mernepta) Eksodus Akhir ( ) 70h

53 70a Penanggalan Eksodus John H. Walton, Chronological and Background Charts of the OT, 2d ed., 102-3

54 110 70b Penanggalan Eksodus John H. Walton, Chronological and Background Charts of the OT, 2d ed., 102-3

55  Film Disney “Prince of Egypt” tidak akurat secara historis!  Mendukung teori Eksodus Awal Apa yang kita pikirkan? 70h

56  Menerima penanggalan yang dicatat dalam Alkitab kecuali ada catatan lain di dalamnya yang menolak penanggalan tersebut.  Sejarah dan kronologi dalam Alkitab adalah akurat dan dapat dipercaya Kesimpulan dari Penemuan 70h

57 Misteri Hakim-hakim 70h  Masa Hakim-hakim dapat diperhitungkan mulai dari Musa hingga penobatan Saul 480 (Eksodus-Bait Allah; 1 Raja-raja 6:1) - 40 (Saul memerintah; Kis 13:11) - 40 (Daud memerintah; 1 Raja-raja 2:11) = 400thn  Jika angka tahun Hakim-hakim dan musuh Israel memerintah ditambahkan, maka jumlahnya melebihi 400 tahun, bahkan lebih dari 510 tahun

58 thn Daud 40 thn Saul 40 thn 360 thn 410 thn Padang Gurn 40 thn Bagaimana kita mencocokkan Hakim-hakim?

59 Lamanya Hakim memerintah 65b

60 Solusi yang memungkinkan 1) Memasukkan masa Israel dijajah dalam masa pimpinan Hakim-hakim 2) Pemerintahan hakim-hakim memiliki waktu yang tumpang tindih 70i

61 Otniel Ehud Samgar Debora Barak Gideon Abimelekh Tola Yair Yefta Ebzan Elon Abdon Simson The Moody Atlas of Bible Lands, map 34 New Bible Atlas Lokasi para Hakim

62 Apa yang kita pikirkan? 70i  Alkitab menjelaskan periode Hakim- hakim adalah 410 tahun  Penelaahan lebih lanjut menunjukkan adanya tumpang tindih. Mis. Masa pemerintahanYefta hingga Simson tumpang tindih dengan 40 thn penjajahan Filistin terhadap Israel, dan masa pelayanan Imam Eli dan Samuel

63 Nenek Moyang PL dan Hakim-hakim Tumpang tindih! 65a

64 Tumpang tindih! Nenek Moyang PL dan Hakim-hakim

65 65a Tumpang tindih! Nenek Moyang PL dan Hakim-hakim

66 Kesimpulan dari Penemuan  Informasi Alkitab tidak cukup untuk menentukan tepatnya setiap hakim memerintah sendiri  Lamanya Israel dijajah musuh tidak selalu disebutkan  Bagaimanapun juga, Alkitab adalah akurat dalam setiap informasi historisnya 70i

67 Samson’s Weakness Kisah Simson Rambut? Apa kelemahannya? Dia? “Simson… pria sejati dengan wanita sebagai kelemahannya” -Chuck Swindoll Hati?

68  Perbedaan jumlah tahun pemerintahan Israel dan Yehuda dalam jangka waktu yang sama  Jika kronologi berjalan sesuai dengan lamanya memerintah, sikronisasi tidak berjalan (dan sebaliknya)  Kelihatannya terjadi ketidaksesuaian antara kronologi dalam PL dan sejarah Timur Dekat Kuno  Mengapa ini penting? –Menyangkut kebenaran historis dan sejauh mana Alkitab dapat dipercaya, serta akurasi dalam penyalinan Alkitab Misteri Raja-raja 70i

69 Apakah Kronologi Raja-raja Israel penting?  Apakah Daud dan Salomo pernah hidup diragukan oleh para “minimalis Alkitab” dalam BAR edisi Juli/Agt 1997

70 Lama pemerintahan raja-raja Yehuda  Rehabeam17  Abiam3  Asa41  Yosafat25  Yehoram8  Ahazia1  Atalya6  Yoas40  Amazia29  Uzia52  Yotam18  Ahaz19  Hizkia29  Manasye55  Amon2  Yosia31  Yoahas3 bln  Yoyakim11  Yoyakin3 bln  Zedekia11 Total398 Rehabeam mulai931 SM Zedekia akhir586 SM Total 345 thn Mengapa berbeda? Bagaimana kita menjelaskannya? 65c

71 Alasan yg diajukan sebagai penjelasan a)Sistem yang tidak akurat yang digunakan sejarahwan Alkitab b)Kesalahan dalam penyalinan Alkitab c)Skema yang besar dan kronologi buatan d)Pemotongan teks yang disengaja untuk menutupi fakta lainnya 70i

72 Alasan yang diajukan sebagai penjelasan 1)Perubahan editorial terhadap data kronologis (Septuaginta abad ke-3 SM) 2)Memasukkan periode kekacauan politik dimana ada masa tidak ada raja yang memerintah 3)Mengesampingkan data dalam teks Masoretik dan menentukan penanggalan berdasarkan sejarah Timur Dekat Kuno 4)Menemukan metode penanggalan lain yang orisinil 70i

73 Kalender Gezer Elul/Tishri Bul/Kislev Tebeth/Shebat Adar Abib Ziv Sivan/Tammuz Ab Elul/Tishri Bul/Kislev Tebeth/Shebat Adar Abib Ziv Sivan/Tammuz Ab Tulisan murid Ibrani abad 10 SM Bulan-bulan menuai anggur dan minyak Bulan-bulan menabur Bulan-bulan menggembalakan Bulan menuai rami Bulan memanen jelai Bulan memanen gandum Bulan-bulan memangkas Bulan buah-buahan musim panas Bulan-bulan menuai anggur dan minyak Bulan-bulan menabur Bulan-bulan menggembalakan Bulan menuai rami Bulan memanen jelai Bulan memanen gandum Bulan-bulan memangkas Bulan buah-buahan musim panas

74 Kalender Gezer Agt-Sept Okt-Nov Des-Jan Februari Mar April Mei-Juni Juli Agt-Sept Okt-Nov Des-Jan Februari Mar April Mei-Juni Juli Bulan-bulan menuai anggur dan minyak Bulan-bulan menabur Bulan-bulan menggembalakan Bulan menuai rami Bulan memanen jelai Bulan memanen gandum Bulan-bulan memangkas Bulan buah-buahan musim panas Bulan-bulan menuai anggur dan minyak Bulan-bulan menabur Bulan-bulan menggembalakan Bulan menuai rami Bulan memanen jelai Bulan memanen gandum Bulan-bulan memangkas Bulan buah-buahan musim panas Tulisan murid Ibrani abad 10 SM

75 Kalender Israel Kalender sipil mulai dengan Tishri Kalender religius Mulai dengan Nisan 180, 290

76 Apakah tahun penobatan dihitung? Yehuda mulai di bulan Tishri dan menghitung tahun penobatan 180, 290 Bagaimana jika Raja memulai pemerintahannya disini? Israel mulai dengan bulan Nisan & tidak menghitung tahun penobatan Sistem mana yang dipakai untuk menentukan pemerintahan raja? Dua Isu Kunci:

77 a) Sistem penanggalan yang berbeda antara Yehuda dan Israel Solusi Thiele YehudaIsrael Sistem tahun penobatan, mulai di bulan Tishri ( ) Bukan sistem tahun penobatan, mulai di bulan Nisan ( ) Waktu sekutu dan kawin campur dengan Israel Bukan sistem tahun penobatan, mulai di bulan Tishri untuk Yehuda dan Nisan untuk Israel ( ) Sistem tahun penobatan, mulai di bulan Tishri untuk Yehuda dan Nisan untuk Israel ( ) 70j

78 b)Ada masa tumpang tindih di Israel dan Yehuda c)Adanya 2 contoh pemerintahan tandingan di Israel d)Sinkronisasi tertentu dalam 2 Raja-raja 17&18 dimasukkan belakangan sehingga tidak harmonis dengan pola pemerintahan semula 70j Solusi Thiele

79 Daftar Raja dan Nabi PL 65c

80 Daftar Raja dan Nabi PL 65c

81 Apa yang kita pikirkan?  Premis: menerima keakuratan data Alkitab secara historis  Metode: mulai dengan penanggalan apapun untuk kemudian disejajarkan dengan catatan sejarah Timur Dekat Kuno  Hasil: Kesesuaian antara data dari Alkitab dengan sejarah Timur Dekat Kuno 70j

82  Penghargaan atas keakuratan historis dan kronologis dalam pencatatan Alkitab  Keakuratan dalam penyalinan Alkitab Kita memiliki dasar yang valid dan akurat atas iman kita Kesimpulan dari Penemuan 70j

83 70m Rentang Waktu PL

84  Allah kita adalah Allah yang bertakhta atas sejarah dan selalu menyertai dari generasi ke generasi  Kita memiliki warisan yang kaya sebagai bagian dari garis keturunan secara spiritual dari nenek moyang yang berjalan bersama Allah dengan iman mereka  Alkitab dapat diakui kebenarannya secara historis  Alkitab memiliki standar yang tinggi dalam keakuratan atas penyalinannya  Iman kita memiliki dasar yang kokoh melalui ketidakbersalahan Firman Tuhan Kesimpulan 70j

85  Memulai segala asumsi dengan keyakinan bahwa catatan sejarah dalam Alkitab adalah faktual dan akurat kecuali bukti internal menunjukkan sebaliknya  Kita dapat mencatat rentang waktu perjalanan spiritual kita –Melalui kilas balik waktu dan urutan kejadian dalam hidup kita, kita merefleksikan bagaimana kejadian-kejadian tersebut terkait satu sama lain, sehingga kita dapat melihat dan mengerti, serta menghargai tujuan dan rencana Allah dalam hidup kita masing-masing Aplikasi 70j

86 Arnold, Bill T. and Beyer, Bryan E. Encountering the Old Testament; A Christian Survey. Grand Rapids: Bright, John. A History of Israel. Philadelphia: Westminster Press, Merrill, Eugene H. An Historical Survey of the Old Testament. Grand Rapids, MI.: Baker Book House, ________. Kingdom of Priests. Grand Rapids, MI.: Baker Book House, Pfeiffer, Charles F. Old Testament History. Washington: Canon Press, Thiele, Edwin R. The Mysterious Numbers of the Hebrew Kings. Grand Rapids, MI.: Zondervan, Walton, John H. Chronological Charts of the Old Testament. Grand Rapids, MI.: Zondervan, Daftar Pustaka 70l

87 Beberapa Website penting  Artikel-artikel evangelikal yang menarik tentang Kronologi  site yang bagus tentang temuan-temuan arkeologis Alkitab dan evangelikal  terdapat banyak link ke sumber-sumber lain yang dapat dipercaya 70l

88  KONTEKS (Waktu dan Urutan) –Mengindikasikan konteks sosial, politik, dan ekonomi untuk kejadian tertentu –Menjelaskan dimana kejadian tertentu dalam sejarah suatu bangsa dan hubungannya dengan kejadian lainnya –Menghubungkan kejadian tertentu dengan kejadian lainnya ang terjadi di negeri-negeri tetangga Dengan demikian membantu kita untuk mengerti dan menginterpretasikan kejadian-kejadian dalam sejarah Mengapa Kronologi Penting? 70e

89 Black

90 OT Backgrounds link at biblestudydownloads.com Dapatkan slide ini tanpa biaya


Download ppt "PENYINGKAPAN MISTERI KRONOLOGI DALAM PERJANJIAN LAMA “Kronologi adalah tulang belakang sejarah.” - Edwin Thiele 70d Dr. Rick Griffith, Singapore Bible."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google